Beckham Putra, Berlian Muda yang Menyeruak di Skuat Elite Persib

Jarang ada pemain muda mampu menembus skuat utama Persib

Jakarta, IDN Times - Hilir mudik pemain Timnas Indonesia dan pemain asing kelas wahid sejak kompetisi paling elite Tanah Air memasuki era profesional, jadi gambaran betapa elite-nya skuat yang dimiliki Persib. Terkadang itu bak pisau bermata dua lantaran membuat pemain muda Bandung sulit mendapatkan kesempatan.

Sebut saja, Atep, Ferdinand Sinaga, sampai Eka Ramdani, merupakan sederet nama pemain bintang yang harus mencoba peruntungan di klub luar dulu sebelum akhirnya di lirik Persib. Dapat dihitung jari, pemain binaan bisa langsung sukses mencicipi menit bermain.

1. Beckham debut di kompetisi bersama Persib pada usia 17 tahun

Beckham Putra, Berlian Muda yang Menyeruak di Skuat Elite PersibDok. PSSI/Herka Yanis P

Salah satu pemain itu adalah Beckham Putra Nugraha. Pemain yang digadang-gadang jadi bintang masa depan Maung Bandung itu berhasil menembus sulitnya menjadi pemain inti di Persib. Bahkan, dia bisa mencatatkan diri sebagai debutan termuda Persib.

Dilansir dari laman resmi Persib, Beckham melakoni debutnya bersama Pangeran Biru saat usianya menginjak 17 tahun, 7 bulan, dan 19 hari. Kala itu pemain Timnas Indonesia U-19 itu masuk ke lapangan menggantikan Frets Butuan pada menit ke-79.

Baca Juga: EKSKLUSIF: Maitimo dan "Cinta"-nya untuk Persib serta Immanuel Wanggai

2. Kakak Beckham, Gian Zola, sempat emban rekor serupa di Persib

Beckham Putra, Berlian Muda yang Menyeruak di Skuat Elite Persibinstagram.com/gianzolanasrullohnugraha

Meski tampil tak lebih dari 15 menit, pertandingan itu menjadi momen spesial dan bersejarah bagi pemain yang acap kali disapa Etam ini. Sejak saat itu pula belum ada yang bisa melewati pencapaiannya.

Catatan itu juga mematahkan rekor yang sempat dibuat sang kakak, Gian Zola yang sebelumnya juga menahbiskan diri menjadi pemain debutan termuda di Persib. Ketika melakukan debutnya bersama Persib, gelandang jebolan Diklat Persib ini genap berusia 18 tahun, 8 bulan, dan 15 hari.

3. Masih butuh banyak pembuktian yang harus ditunjukkan Beckham

Beckham Putra, Berlian Muda yang Menyeruak di Skuat Elite Persibpssi.org

Terang saja, itu bukan capaian yang mudah bagi seorang pemain yang statusnya naik tingkat dari junior ke senior. Sebab, selain mental yang harus sudah siap, pemain itu biasanya dianggap spesial dan punya potensi yang bisa dinilai oleh pelatih.

Hanya saja, Boboth  juga tak bisa memberikan ekspektasi lebih kepada Beckham Putra Nugraha. Walau pun potensinya menjadi pemain hebat masa depan Persib, bahkan Indonesia sangat besar, butuh banyak pembuktian dari pemain tersebut untuk bisa mencapai kesuksesan itu.

Baca Juga: Debut Beckham di Manahan Solo, Cetak Gol Perdana Persib Bandung

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya