Belanda Berlubang di Belakang Jelang Piala Eropa 2020

Jasper Cillessen terpaksa diganti Marco Bizot

Jakarta, IDN Times - Timnas Belanda mengalami masalah pelik sepekan jelang kickoff Piala Eropa 2020. Penjaga gawang utamanya, Jasper Cillessen, dipastikan tak bisa berlaga di ajang tersebut lantaran terjangkit COVID-19.

Sebelumnya, dalam daftar pemain Belanda yang diumumkan, Cillessen masuk dalam daftar pemain yang bakal diboyong pelatih Frank de Boer. Dia bahkan diproyeksikan jadi kiper utama De Oranje di ajang empat tahunan ini.

Kiper Valencia itu pun harus menerima kenyataan gagal tampil di Piala Eropa 2020. Usai menjalani tes usap (swab) sebelum berkumpul dengan skuat Belanda, dia harus menjalani karantina mandiri dan tak bisa bergabung dengan koleganya.

1. Jaga kestabilan Belanda

Belanda Berlubang di Belakang Jelang Piala Eropa 2020espnfc.com

De Boer memilih realistis dalam melihat peluang sang pemain tampil. Walhasil, dia memilih untuk mencoret Cillessen, meski berat. Hal itu dilakukan agar dia bisa memilih kiper pengganti yang siap ditampilkan dan punya kondisi yang lebih fit dan membuat kondisi tim lebih stabil.

"Saya berbicara dengan Jasper (Cillessen) terkait pencoretannya pagi hari. Saya mengumumkan langsung kepadanya. Ini memang bukan hal yang menyenangkan untuknya," ujar De Boer dikutip Daily Mail.

Ini merupakan risiko yang harus diambil. De Boer merasa kiper berusia 32 tahun itu lebih baik fokus pada proses penyembuhan akibat COVID-19. Dia tak tahu kapan Cillessen bisa sembuh dan fit 100 persen.

Baca Juga: Misi Belanda Pulihkan Gengsi Raksasa di Piala Eropa

2. Sudah ada penggantinya

Belanda Berlubang di Belakang Jelang Piala Eropa 2020Jasper Cillessen dicoret dari timnas Belanda, Marco Bizot jadi penggantinya (tellerreport.com).

Untuk menggenapi 26 pemain yang bakal mentas di Piala Eropa 2020, De Boer pun mengganti posisi Cillessen dengan kiper AZ Alkmaar, Marco Bizot. Berbeda dengan penampilannya di klub, dia merupakan kiper yang tak banyak mendapatkan pengalaman tampil bersama Belanda.

Pemain berusia 30 tahun tersebut sepanjang musim ini selalu jadi pilihan utama AZ Alkmaar dengan 33 penampilan. Dia berhasil membawa timnya finis di peringkat tiga Eredivisie musim ini, di bawah PSV (runner-up), dan Ajax Amsterdam yang jadi juara.

Walau datang sebagai pemain pengganti, kans Bizot tampil sebagai kiper utama masih cukup besar. Dia dinilai bisa bersaing dengan dua kiper lain yang cukup senior, yakni Maarten Stekelenburg (Ajax Amsterdam), Tim Krul (Norwich City).

3. Daftar lengkap pemain Timnas Belanda yang tampil di Piala Eropa 2020

Kiper: Marco Bizot (AZ Alkmaar), Maarten Stekelenburg (Ajax Amsterdam), Tim Krul (Norwich City).

Bek: Matthijs de Ligt (Juventus), Daley Blind (Ajax Amsterdam), Stefan de Vrij (Inter Milan), Nathan Aké (Manchester City), Denzel Dumfries (PSV), Jurriën Timber (Ajax Amsterdam), Patrick van Aanholt (Crystal Palace), Joël Veltman (Brighton), Owen Wijndal (AZ Alkmaar).

Gelandang: Donny van de Beek (Manchester United), Georginio Wijnaldum (Liverpool), Frenkie de Jong (Barcelona), Ryan Gravenberch (Ajax Amsterdam), Davy Klaassen (Ajax Amsterdam), Marten de Roon (Atalanta), Teun Koopmeiners (AZ Alkmaar).

Striker: Memphis Depay (Lyon), Luuk de Jong (Sevilla), Wout Weghorst (Wolfsburg), Quincy Promes (Spartak Moskva), Steven Berghuis (Feyenoord),Donyell Malen (PSV Eindhoven), Cody Gakpo (PSV Eindhoven).

Baca Juga: 7 Pemain Belanda Tertajam di Liga Top Eropa pada Era Modern

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya