Besok Shin Tae-yong Teken Kontrak Jadi Pelatih Timnas Indonesia?

"Saya berangkat ke Indonesia pada 26 Desember."

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dikabarkan telah menunjuk Shin Tae-yong sebagai juru racik baru Timnas Indonesia. Bahkan pelatih asal Korea Selatan itu dikabarkan bakal datang ke Indonesia pada Kamis (26/12).

"Saya akan menuntaskan urusan administrasi. Saya berangkat ke Indonesia pada 26 Desember untuk melakukan tanda tangan kontrak. Itu adalah langkah final dan tak ada pilihan untuk mencari kemungkinan lain di waktu yang singkat ini," kata Shin Tae-yong dikutip dari Donga.

1. Shin Tae-yong akan memimpin timnas di sisa laga kualifikasi Piala Dunia 2022

Besok Shin Tae-yong Teken Kontrak Jadi Pelatih Timnas Indonesia?Beto Goncalves saat membela Timnas Indonesia vs Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Jika nanti betul Sih Tae-yong jadi pelatih Timnas Indonesia, tugas pertamanya adalah membawa Febri haryadi dan kolega menyelesaikan babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Walau sudah dipastikan gagal, Timnas Indonesia masih menyisakan tiga laga sisa.

Timnas Indonesia harus bertandang ke markas Thailand pada 26 Maret 2020. Lima hari berselang, skuat Merah Putih juga bakal menjamu Uni Emirat Arab di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Terakhir, mereka bakal dijamu Vietnam 4 Juni 2020.

2. Shin Tae-yong bakal pegang Timnas U-20 di Piala Dunia U-20 2021?

Besok Shin Tae-yong Teken Kontrak Jadi Pelatih Timnas Indonesia?Pemain Timnas U-19 menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum berlaga pada babak kualifikasi Piala AFC U-19.ANTARA/Hafidz Mubarak A/wsj

Namun, tugas berat Shin Tae-yong tak hanya menakhodai Timnas  Indonesia senior saja. Ia bakal mendapatkan tugas tambahan untuk menggembleng skuat Garuda Muda menuju Piala Dunia U-20 2021 yang kebetulan dihelat di Tanah Air.

"Saya ditunjuk PSSI untuk mengembangkan sepak bola Indonesia secara keseluruhan. Saya diminta membantu pemain muda berkembang dengan baik karena Indonesia akan tampil Piala Dunia U-20 2021," ujar mantan pelatih Timnas Korsel di Piala Dunia 2020.

3. Selangkah lagi pelatih Timnas Indonesia di umumkan

Besok Shin Tae-yong Teken Kontrak Jadi Pelatih Timnas Indonesia?Shin Tae-yong dikabarkan resmi melatih Timnas Indonesia pada Senin (23/12). vocketfc.com

Kepastian datangnya Shin Tae-yong itu sejalan dengan pernyataan Ketua Umum PSSI Mochamad  Iriawan alias Iwan Bule yang menyebut penunjukkan pelatih Timnas
Indonesia hanya tinggal selangkah lagi.

"Pelatih Timnas Indonesia sedang dalam finalisasi satu minggu ke depan. Nanti kalau sudah fix akan diumumkan," ujar mantan Plt  Gubernur Jawa Barat tersebut dikutip dari Antara.

Baca Juga: Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia? Ketum PSSI: Dalam Finalisasi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Dwi Agustiar
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya