Comscore Tracker

Betah di Shanghai, Oscar Ingin Dinaturalisasi Timnas Tiongkok

Oscar sempat jadi bintang di Chelsea selama lima musim

Jakarta, IDN Times - Kabar mengejutkan datang dari gelandang Shanghai SIPG, Oscar dos Santos Emboaba Júnior, atau yang kerap disapa Oscar. Pemain asal Brasil tersebut dikabarkan siap mengubah kewarganegaraannya demi bisa membela Timnas Tiongkok.

Eks pemain Chelsea itu mengungkapkan jika dirinya mulai kerasan berada di Negeri Tirai Bambu. Hal itu yang membuatnya siap melakukan naturalisasi demi bisa tampil untuk timnas negara tersebut. Maklum, dirinya kesulitan kembali dipanggil Timnas Brasil.

"Sejauh yang saya memang memikirkannya (bergabung Timnas Tiongkok). Sulit untuk kembali masuk tim nasional Brasil sekarang, karena saya ada di Tiongkok. Di sini semua orang tahu bagaimana penampilan saya," kata Oscar kepada CGTN.

1. Oscar siap bela Timnas Tiongkok asal FIFA mengubah aturan

Betah di Shanghai, Oscar Ingin Dinaturalisasi Timnas Tiongkoken.as.com

Namun demikian, keinginan Oscar untuk membela Timnas Tiongkok di ajang internasional yang masuk dalam kalender resmi FIFA sulit diwujudkan. Dirinya masih terganjal regulasi dari federasi sepak bola tertinggi dunia tersebut, karena dia pernah membela Timnas Brasil senior di ajang kompetitif sejak 2011.

Bahkan, Oscar sempat memberikan prestasi mengilap untuk Negeri Samba setahun sebelum Piala Dunia 2014 digelar. Oscar berhasil mempersembahkan gelar juara Piala Konfederasi FIFA 2013 yang digelar di negaranya kala itu.

"Jika Timnas Tiongkok menginginkan satu gelandang berkualitas, maka saya dapat membantu mereka, tapi itu pun jika FIFA bisa mengubah aturan," lanjut dia.

Baca Juga: Oscar dos Santos Jadi Biang Keladi Perkelahian di Liga Super Tiongkok

2. Oscar pernah membela Timnas Brasil di ajang resmi

Betah di Shanghai, Oscar Ingin Dinaturalisasi Timnas TiongkokPemain Brasil, Oscar. (standard.co.uk).

Oscar sendiri mengakui jika dirinya sangat menyukai Tiongkok. Dia pun berpikir jika beberapa pemain yang datang ke Tiongkok untuk tampil di dalam kompetisi berpikiran sama dengannya, yakni siap mengubah kewarganegaraan. Bahkan, Oscar menilai para pemain tersebut bisa melakukan hal lebih baik darinya.

Keinginan Oscar itu memang cukup realistis. Sebab, sejak dirinya datang ke Tiongkok pada 2017 silam, tak pernah lagi Brasil sudi memanggilnya untuk tampil di ajang internasional. Padahal, pemain berusia 28 tahun itu menunjukkan performa yang lumayan dalam tiga musim terakhirnya dengan mencetak 24 gol.

3. Oscar sempat tampil mengilap dengan Chelsea

Betah di Shanghai, Oscar Ingin Dinaturalisasi Timnas TiongkokMantan pemain Chelsea, Oscar. (westlondonsport.com).

Sebelum ke Tiongkok, Oscar dinilai jadi salah satu pemain Chelsea yang potensial. Sepanjang memperkuat The Blues selama lima musim, dirinya berhasil mengukirkan 39 gol dan 66 asis dalam 124 penampilannya di pelbagai ajang.

Walhasil, Oscar selalu menjadi andalan lini tengah Chelsea saat itu. Namun, secara mengejutkan dirinya memilih hengkang dari klub raksasa Premier League ke Liga Tiongkok. Padahal, saat itu usianya baru menginjak 25 tahun dan masih sangat berpotensi dipanggil masuk skuat Brasil.

Baca Juga: Anak Legenda Tiongkok Dipecat Klub Serbia karena Kasus Sang Ayah

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya