Comscore Tracker

Beto Goncalves Borong Empat Gol, Indonesia Bantai Vanuatu 6-0

Indonesia akhirnya bisa menang dengan skor besar!

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia berhasil melakukan pesta gol ke gawang Vanuatu dengan skor 6-0 pada laga uji coba yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6).

Dalam laga kali ini, pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy kembali membuat perubahan dengan menerapkan formasi 4-2-3-1. Namun, ia masih mengandalkan pemain-pemain terbaiknya macam Evan Dimas, Zulfiandi, Andik Vermansah, dan ujung tombak gaek, Alberto 'Beto' Goncalves.

Modifikasi Simon ternyata membawa perubahan, skuat Garuda tampil cukup agresif sejak laga baru dimulai. Alhasil, Indonesia berhasil unggul cepat lewat gol yang diciptakan oleh Beto saat laga baru berjalan satu menit.

Usai unggul 1-0, Yanto Basna dan kolega tak mengendurkan intensitas serangan. Beberapa kali mereka berhasil memberikan ancaman kepada lini belakang Vanuatu. Sayang, hingga pertandingan memasuki menit ke-15 timnas Indonesia gagal mencetak gol tambahan.

Tiga menit berselang, Indonesia berhasil memperlebar jarak menjadi 2-0. Berawal dari umpan silang Irfan Bachdim yang berhasil ditahan oleh Riko Simanjuntak dengan dadanya, bola yang mengarah ke Evan Dimas langsung diselesaikan dengan tendangan keras yang menghujam gawang Vanuatu yang dikawal Dick Taiwia.

Vanuatu sesekali berhasil melakukan serangan ke jantung pertahanan Timnas Indonesia. Namun, kuartet lini belakang, Yustinus Pae, Yanto Basna, Hansamu Yama Pranata, dan Ricky Fajrin masih tampil disiplin dan berhasil menjaga gawang timnas Indonesia tetap perawan.

Walau kedua tim terus mencoba mengubah keadaan, hingga turun minum kedudukan belum berubah. Skor 2-0 untuk keunggulan Indonesia pun tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Indonesia semakin menunjukkan kedigdayaanya. Saat laga baru memasuki menit ke-47, Beto berhasil membuat brace setelah berhasil mecetak gol dengan kepalanya memanfaatkan umpan matang Andik dari sisi kanan pertahanan lawan. Skor pun berubah menjadi 3-0 untuk Indonesia.

Beto kembali menunjukkan kualitasnya dengan mencetak hattrick dalam laga ini sekaligus mengubah keadaan menjadi 4-0 pada menit ke-60. Pemain kelahiran Brasil tersebut mampu mengelabui dua pemain belakang Vanuatu sebelum akhirnya bisa mengecoh penjaga gawang Vanuatu.

Beto terus unjuk gigi dan membuat skuat Garuda memimpin jauh menjadi 5-0 saat laga berjalan 64 menit. Ia mencetak gol keempatnya melalui proses yang sama, yakni lewat sundulan menerima umpan dari Andik di sisi kanan.

Unggul jauh, tak sedikit pun membuat tim besutan Simon ini mengendurkan serangannya. Timnas Indonesia tak kenal ampun karena kembali membobol gawang Dick Taiwia dan membuat mereka unggul 6-0 lewat kaki Evan Dimas pada menit ke- 73 memanfaatkan umpan Dedik Setiawan.

Timnas Indonesia sebetulnya berpeluang menambah keunggulan menjadi lebih besar. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga, skor tak berubah. Timnas Indonesia mengakhiri laga dengan skor telak, 6-0.

Baca Juga: Vanuatu Pernah Menang 46-0, Nyali Kapten Timnas Indonesia Tak Ciut

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You