Comscore Tracker

BJ Habibie Wafat, Sejumlah Klub Liga 1 Sampaikan Duka Cita Mendalam

Persib, Persebaya, dll. ucapkan belasungkawa untuk Habibie

Jakarta, IDN Times - Duka mendalam tengah dirasakan masyarakat Indonesia. Presiden Republik Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, yang merupakan salah satu putra terbaik bangsa, mengembuskan napas terakhir pada usia ke-83 tahun.

Insan sepakbola Tanah Air pun turut larut dalam kesedihan. Maklum, pria yang lahir di Parepare, Sulawesi Selatan ini memiliki kesan tersendiri dalam pasang-surut kondisi bal-balan Indonesia.

Tak pelak, sejumlah klub di Liga 1 pun mengungkapkan rasa belasungkawa melalui akun media sosial resmi. BJ Habibie dianggap mampu memberikan kontribusi besar lewat ilmu sains bagi dunia. Hal itulah yang melandasi klub-klub untuk memberikan penghargaan terakhir bagi Bapak Teknologi Indonesia tersebut.

Klub legendaris Indonesia dengan pengikut terbanyak di Instagram, yakni Persib Bandung, menjadi salah satunya. Mereka mengungkapkan selamat tinggal dalam Bahasa Sunda bagi pria kelahiran Parepare tersebut.

"Pileleuyan BJ Habibie. Selamat jalan bapak bangsa. Kecerdasan, kecemerlangan berpikir dengan tetap setia dalam satu cinta adalah ajaranmu yang akan kami kenang dan jadikan pedoman," tulis akun @persib_official tersebut.

Selain itu, ada juga PSM Makassar, yang notabene sempat dipimpin Rully Habibie (keponakan mendiang BJ Habibie). Mereka menuliskan duka mendalam yang menyelimuti segenap bangsa Indonesia lantaran telah kehilangan putra terbaik bangsa.

"Beliau merupakan salah satu putra terbaik bangsa, putra Sulawesi Selatan, Parepare yang lahir pada 25 Juni 1936 silam, di mana beliau merupakan seorang yang ahli dalam bidang sains khususnya pesawat terbang dan tentunya beliau adalah Presiden Indonesia yang ke 3 yang menjadi pembuka pintu gerbang reformasi," katanya dalam akun PSM.

"Terima kasih atas jasa-jasamu Pak Habibie, Bapak Teknologi, Bapak Reformasi," lanjut tulisan tersebut.

Tak ketinggalan, Persebaya Surabaya dengan akun Instagram @Officialpersebaya pun mengikuti langkah serupa.

"Innailaihi Rojiun. Keluarga besar Persebaya mengucapkan belasungkawa yang sebesar-besarnya atas berpulangnya Presiden Ke-3 RI B.J. Habibie. Eyang, demikian almarhum minta dipanggil semasa hidup, adalah sosok yang selalu menginspirasi keluarga besar Persebaya. Almarhum mengajarkan tentang ketekunan, kerja keras, ketulusan, semangat pengabdian, dan kesetiaan. Semoga Eyang diterima di sisi Allah SWT. Diterima semua amal baik, diampuni segala dosa. Selamat jalan Eyang" tulisnya.

Dan, masih banyak lagi klub-klub di Liga 1 serta operator liga, sampai federasi sepakbola tertinggi Tanah Air, PSSI, yang mengucapkan belasungkawa karena merasa kehilangan sosok cerdas yang membawa nama harum negara di kancah dunia tersebut.

Baca Juga: Kedekatan Keluarga Besar BJ Habibie dan Sepakbola Indonesia

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You