Comscore Tracker

Borneo Kalah, Tavares: Persija Tampil di Kandang, tapi Main Bertahan

Persija hanya lebih baik dalam penyelesaian akhir saja

Jakarta, IDN Times - Borneo FC harus mengakui keunggulan Persija 3-2 dalam kiprah perdananya kompetisi Shopee Liga 1 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (1/3). Namun, pelatih Borneo FC, Edson Tavares menilai hal itu bukan karena sang lawan punya materi pemain mentereng, sebab menurutnya para pemain anyar Persija tak memberikan perbedaan dalam duel tersebut.

"Saya tak berpikir pemain baru Persija membuat perbedaan. Saya pikir Riko Simanjuntak, yang sekali lagi yang buat perbedaan dalam pertandingan ini. Apa yang mengejutkan saya, Persija menginvestasikan banyak dana tahun ini dan mereka bermain di kandang, justru bermain mengandalkan serangan balik," kata pelatih asal Brasil tersebut dalam sesi konferensi pers.

1. Tavares menyayangkan Persija yang diisi bintang dan main di kandang malah main bertahan

Borneo Kalah, Tavares: Persija Tampil di Kandang, tapi Main BertahanDuel antara Persija melawan Borneo FC yang berakhir untuk kemenangan tuan rumah 3-2 di Stadion SUGBK, Minggu (1/3). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj).

Tavares mengelak jika dirinya diuntungkan lantaran sudah tahu permainan mantan timnya Persija karena sudah mengenal para pemainnya. Dia merasa tak tahu bagaimana cara bermain, Osvaldo Haay, Marc Klok, Marco Motta, sampai Evan Dimas, kecuali Riko Simanjuntak yang memang menurut dia tampil bagus, lalu Ryuji Utomo juga, tapi itu bukan alasan utama.

"Kami bisa melakukan ini karena perkembangan tim. Mereka (para pemain) sudah bekerja keras dan latihan berat, mulai dari pagi sampai sore saat melakukan persiapan sebelum musim ini dimulai. Diego Michiels tahu itu," ujar dia.

"Kami datang ke Jakarta dengan permainan terbuka. Perjuangan kami masih panjang," lanjut dia.

Baca Juga: Disingkirkan Persija, Edson Tavares Direkrut oleh Borneo FC

2. Persija hanya lebih baik dalam urusan penyelesaian akhir dibandingkan Borneo FC

Borneo Kalah, Tavares: Persija Tampil di Kandang, tapi Main BertahanDuel antara Persija melawan Borneo FC yang berakhir untuk kemenangan tuan rumah 3-2 di Stadion SUGBK, Minggu (1/3). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj).

Secara keseluruhan, pelatih berusia 63 tahun itu menilai, kedua tim sebetulnya tampil cukup seimbang, hanya saja anak asuhnya masih lemah dalam urusan mengonversi peluang untuk menjadi gol.

Sebaliknya, Persija bermain efektif dengan memanfaatkan setiap peluang dengan baik lantaran punya penyelesaian bola cukup baik.

Bahkan, dia menyebut jika Borneo FC mampu membuat peluang lebih banyak ketimbang tuan rumah. Babak kedua pun sebetulnya tak bayak perubahan, hanya saja skuat Macan Kemayoran bisa mencuri dua gol lewat serangan balik yang dilancarkan. Sehingga, mereka pun harus puas melewati laga pertama musim ini dengan nirpoin.

3. Bornoe FC selanjutnya bakal menjamu Persipura pada pekan kedua Liga 1 2020

Borneo Kalah, Tavares: Persija Tampil di Kandang, tapi Main BertahanLiga-Indonesia.id

Lebih jauh, kekalahan ini bukanlah patokan jika Borneo FC gagal memulai kompetisi musim ini. Sebab, dia merasa permainan skuat Pesut Etam sudah berada di jalur yang benar dan itu harus ditingkatkan dari laga ke laga.

Hasil ini membuat Borneo FC harus melewati pekan pertama dengan nol poin. Sebaliknya, Persija yang kali ini meraih kemenangan mampu mengumpulkan tiga poin.

Selanjutnya, Borneo FC bakal kembali tampil pada pekan kedua yang digelar Sabtu 7 Maret 2020. Mereka akan kedatangan tamu kuat Persipura dalam laga yang bakal dilangsungkan di Stadion Segiri, Samarinda.

Baca Juga: Marco Motta Gemilang, Persija Pecundangi Borneo FC di GBK!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya