[BREAKING] Bekuk Barito 1-0, Persija ke Semifinal Piala Menpora 2021

Marko Simic mencetak gol semata wayang ke gawang Barito

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta berhasil melaju ke semifinal Piala Menpora 2021. Bentrok dengan Barito Putera, mereka berhasil menang tipis 1-0 dalam laga yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (10/4/2021).

Gol semata wayang Persija yang berhasil membawa Persija menang diciptakan Marco Simic. Mesin gol asal Kroasia itu mampu memanfaatkan umpan matang dari Riko Simanjuntak menit ke-61.

Sejak laga dimulai, Persija dan Barito Putera tampil hati-hato. Mereka lebih banyak menunggu dan tak agresif melakukan serangan. Walhasil, selama 10 menit awal, laga berjalan monoton.

Persija memang unggul dalam penguasaan bola. Namun efektivitas serangan yang dibangun masih acap kali gagal. Gelandang seperti Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, masih belum bisa memberikan umpan akurat untuk pemain depan.

Barito yang tampil lebih ke dalam hanya sesekali saja memanfaatkan serangan balik. Walau beberapa kali berhasil menggapai kotak berbahaya, belum ada ancaman berarti dihasilkan tim besutan Djadjang Nurdjaman ini.

Tensi panas baru terjadi jelang babak pertama selesai. Persija mampu menciptakan peluang berbahaya, sebaliknya Barito pun mampu membalasanya dengan ancaman. Namun, hingga jeda skor tak berubah. Kedia tim masih tampil dengan skor kaca mata.

Usai turun minum, Persija tampil lebih agresif. Mereka mulai berani melakukan serangan ke jantung pertahanan Barito. Beberapa peluang pun bisa diciptakan, walau masih belum berbuah gol.

Persija akhirnya bisa unggul pada menit ke-61. Berawal dari aksi individu Riko Simanjuntak yang mampu menusuk di sisi kanan pertahanan lawan. Ia kemudian melepas umpan matang yang bisa dieksekusi Marko Simic menjadi gol.

Unggul 1-0 membuat Persija tampil lebih tenang. Skuat Macan Kemayoran nyaman memainkan bola dari kaki ke kaki. Sesekali ancaman ke gawang Muhammad Riyandi pun dilakukan.

Barito Putera mulai bisa keluar dari tekanan usai Persija menurunkan tempo pertandingan. Mereka pun beberapa kali berusaha menyamakan kedudukan. Hanya saja, kedisiplinan para pemain Persija, membuat gawang mereka tetap perawan.

Persija sempat menggandakan keunggulan lewat sepak pojok Marc Klok di pengujung laga. Namun, wasit menganulir gol tersebut, ia menilai terjadi pelanggaran sebelum bola masuk gawang.

Di sisa laga Barito Putera memombardir lini pertahan Persija. Peluang emas sempat lahir dari kaki Beni Oktovianto, tapi lagi-lagi mereka masih belum dinaungi keberuntungan. Hingga laga usai, skor untuk keunggul Persija 1-0 tetap bertahan.

Baca Juga: Sempat Panik Saat Gempa Malang, Pemain Persija dan PSM Aman

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya