Comscore Tracker

[BREAKING] Gulung Shan United, PSM Raih 3 Poin Perdana di AFC Cup 2020

PSM meraih kemenangan 3-1 atas Shan United

Jakarta, IDN Times - PSM berhasil memetik kemenangan perdana pada kompetisi AFC Cup 2020 Grup H setelah menekuk Shan United dengan skor 3-1 di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (26/2).

Bojan Hodak menurunkan beberapa pelapis untuk menambal lima pemain andalannya yang absen, seperti M Arfan, Wiljan Pluim, Rasyid Bakri, sampai Serif Hasic. Nama-nama macam, Bayu Gatra, Leo Guntara, sampai Yakob Sayuri yang biasanya masuk di tengah laga, kali ini tampil sejak laga dimulai.

Hal itu ternyata tak terlalu berdampak pada kekuatan serangan skuat Juku Eja. Buktinya, tuan rumah unggul cepat lewat gol tandukan Giancarlo Rodrigues pada menit ketiga. memanfaatkan umpan Asnawi Mangkualam Bahar di sisi kana pertahanan Shan United. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan tuna rumah.

Tertinggal satu membuat tim tamu lebih berani keluar menyerang. Mereka mulai bisa menguasai jalannya pertandingan sampai pertengahan waktu babak pertama. Hanya saja, tak ada gol yang bisa diciptakan klub asal Myanmar tersebut ke gawang PSM yang dikawal Miswar Saputra.

Yakob Sayuri hampir saja membuat PSM unggul pada menit ke-29. Pemain berusia 22 tahun itu mampu melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang mengarah ke gawang Thiha Sithu. Sayang, bola tersebut hanya membentur mistar gawang saja.

Semenit berselang, Osas Saha berhasil menceploskan si kulit bundar ke jaring Shan United usai menerima umpan terobosan cantik dari Giancarlo. Namun, wasit yang memimpin jalannya laga, Yudai Yamamoto menganulir gol tersebut lantaran Osas dianggap terlebih dahulu dalam posisi offside.

Tim tamu cukup sulit untuk mengembangkan permainan hingga pngujung laga. Namun demikian, mereka beberapa kali menciptakan peluang berbahaya memanfaatkan kesalahan pemain-pemain belakang PSM. Sayang, tak satu pun bisa dikonversi jadi gol. Walhasil, babak pertama ditutup keunggulan tuan rumah 1-0.

Usai turun minum, PSM kembali memulai pertandingan dengan memperagakan permainan cepat. Hasilnya, pada menit ke-53, PSM berhasil menggandakan keunggulan melalui sepakan keras Yakob Sayuri yang menghujam deras gawang Shan United, usai menerima umpan silang mendatar Leo Guntara dari sisi kiri pertahanan lawan.

Usai unggul dua gol, PSM semakin di atas angin. Mereka tampil tenang dan sesekali berhasil membuahkan peluang berbahaya, salah satu lewat Yakob. Melalui skema yang hampir sama seperti gol kedua, mantan pemain Barito Putera itu mampu melepaskan sepakan keras. Namun, bola masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Serangan PSM kembali hidup usai Ferdinand masuk menggantikan Osas. Bahkan, pemain yang berhasil membawa Persib jadi kampiun pada Liga Indonesia 2014 itu berhasil menciptakan peluang lewat sentuhan pertamanya. Sayang, sontekannya di depan gawang Shan United masih melambung ke atas.

Keasikan menyerang, ternyata membuat lini belakang PSM lengah. Hal itu dimanfaatkan oleh pemain Shan United, untuk memperkecil kedudukan saat laga berjalan 78 menit. Pemain tersebut berhasil mencetak gol lewat sepakan yang tak bisa dibendung Miswar, sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Kerpercayaan diri Shan United meningkat usai berhasil mencetak gol ke gawang PSM. Terbukti, sang tamu tampil lebih terbuka dan menciptakan peluang berbahaya lewat sepakan Hein Phyo Min dari luar kotak penalti. Beruntung bola sepakannya masih menyamping di kanan gawang Miswar.

Kedua tim terus berusaha mengubah kedudukan pada sisa waktu babak kedua. Hal itu berbuah manis bagi tuan rumah. Ferdiand berhasil menutup laga dengan gol cantik pada injury time babak kedua, sehingga Shan United pun harus mengakui keunggulan PSM dengan skor tipis 2-1.

Walau berhasil meraih kemenangan dalam laga kali ini, PSM tetap tak beranjak dari posisi ketiga Grup H dengan raihan poin tiga, mereka masih kalah head to head dari dua pesaingnya Tampines Rovers dan Kaya FC yang berada di atasnya.

Berikut susunan pemain kedua tim

PSM Makassar (4-3-3): Miswar Saputra; Asnawi Mangkualam Bahar, Hussein El Dor, Dedy Gusmawan, Leo Guntara/Roni Beroperay; Rizky Pellu, Yakob Sayuri, Ahmad Agung; Bayu Gatra/Muhammad Rizki Pratama, Giancarlo Rodrigues, Osas Saha/Ferdinand Sinaga.

Shan United FC (4-2-3-1): Thiha Sithu; Nyein Chan, Ye Min Thu/TluangHup Thang, Hein Thiha Zaw, Nanda Kyaw; Djedje Maximin Djawa, Tagoe Daniel, Hein Phyo Min, Pyae Sone Aung/Htet Phyoe Wai, Yan Naing Oo/Sa Aung Pyae Ko; Yakubu Abubakar.

Baca Juga: AFC Cup 2020: PSM Siap Hajar Shan United Meski Pincang!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya