[BREAKING] Mengenang Glenn Fredly Kala Jadi Produser Film Sepak Bola

Film berjudul Cahaya dari Timur itu sempat curi atensi

Jakarta, IDN Times - Kabar duka menggelayuti industri hiburan Tanah Air. Musisi kenamaan Glenn Fredly mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Setia Mitra, Jakarta Selatan pada Rabu (8/4). Ia meninggal dunia pada usia ke-44 dan dikabarkan sebelumnya sempat menderita meningitis atau radang selaput otak.

Siapa sangka pria asal Ambon ini ternyata tak hanya berbakat dalam urusan bernyanyi saja. Ia juga tercatat pernah menjadi produser untuk sebuah film layar lebar dengan judul Cahaya dari Timur, yakni film yang menyampaikan pesan perdamaian melalui sepak bola.

Dalam proyeknya tersebut, Glenn tak hanya bertindak sebagai produser, namun dia juga menggarap musik dalam film tersebut. Selain itu, dia juga berkolaborasi dengan sineas Angga Sasongko dan penulis cerita Andy Bachtiar, yang dikenal juga punya kecintaan terhadap dunia bal-balan.

Menariknya, film Cahaya dari Timur ini kental akan budaya lokal. Bukan hanya cerita, hampir 70 persen pemain dalam film tersebut diambil dari warga Maluku. Film yang diambil dari kisah nyata tersebut sempat mencuri perhatian pencinta film Indonesia. Maklum, Glenn dkk. menggarapnya dengan cerita menarik karena mengangkat kisah perjuangan anak-anak dari Timur, khususnya Maluku, untuk mentas dalam babak nasional kejuaraan sepak bola di Jakarta.

Tak hanya itu, film ini juga mengangkat makna perdamaian yang bisa diwujudkan melalui sepak bola. Film yang juga mengambil setting waktu kerusuhan yang terjadi di Ambon itu menceritakan kerusuhan yang reda karena semua orang di sana berhenti bertikai dan balik mendukung bersama-sama tim daerahnya yang tengah mentas di ibu kota.

Kini, Glenn Fredly memang telah tutup usia, tapi jasanya dalam karya film untuk menyampaikan misi perdamaian melalui sepak bola akan tetap melekat di hati para pencintanya.

Baca Juga: [BREAKING] Sebelum Wafat, Glenn Fredly Ajak Galang Dana untuk Atasi COVID-19

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya