Comscore Tracker

[BREAKING] Semen Padang dan TIRA-Persikabo Dihukum FIFA, Ada Apa?

Keduanya melanggar kontrak pemain

Jakarta, IDN Times - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) resmi memberikan hukuman kepada dua klub Indonesia di Liga 1, yakni TIRA-Persikabo dan Semen Padang. Keduanya tak boleh melakukan aktivitas transfer pada tiga periode transfer ke depan.

Surat putusan FIFA tersebut ditujukan kepada PSSI masing-masing tanggal 21 November untuk Semen Padang dan 31 Oktober untuk Tira Persikabo.

Hukuman tersebut diberikan FIFA lantaran kedua tim melakukan pelanggaran. TIRA-Persikabo menunggak kepada Elio Bruno Martins yang sempat jadi andalan pada kompetisi Liga 1 2017 lalu.

Untuk Semen Padang, hukuman diberikan akibat pemain asal Estonia, Tristan Koskor melapor ke FIFA karena namanya mendadak dicoret dari skuat tim berjuluk kabau Sirah padahal dirinya sudah meneken kontrak. Akibatnya Semen Padang mendapatkan denda Rp300 juta lebih. Namun sampai sekarang pihak klub belum membayarnya.

Sedangkan Semen Padang tiba-tiba mencoret Tristan Koskor yang diproyeksikan untuk memperkuat skuat kabau Sirah pada Liga 1 musim lalu. Padahal, pemain berpaspor Estonia itu sudah meneken kontrak, sehingga mereka harus mendapatkan denda Rp300 juta beberapa waktu lalu.

Namun, ternyata hal itu belum digubris sehingga membuat Semen Padang harus mendapatkan hukuman tambahan.

FIFA pun sudah meminta PSSI untuk segera menjalankan putusan FIFA Dispute Resoultion Chamber (FIFA DRC). Jadi musim depan kedua tim melarang adanya perpindahan atau pendaftaran pemain baru baik tingkat nasional ataupun internasional bagi TIRA-Persikabo dan Semen Padang.

Namun, hal itu bisa selesai jika segera menyelesaikan kewajiban untuk membayar hak-hak mantan pemainnya tersebut.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb 

Baca Juga: Semen Padang Tak Mau Jemawa Meski Arema FC sedang Pincang

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You