[BREAKING] Tahan Imbang PSS, Persib ke Final Piala Menpora 2021

Ezra Walian jadi pahlawan

Jakarta, IDN Times - Persib berhasil lolos ke babak final Piala Menpora 2021 setelah bermain imbang 1-1 melawan PSS dalam laga semifinal leg kedua yang digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Senin (19/4/2021) malam.

PSS sempat unggul lewat sepakan Saddam Gafar pada menit ke-74. Keunggulan itu tak bertahan lama, Ezra Walian mampu menjadi pahlawan dengan mencetak gol pada menit ke-84. Sehingga laga berakhir imbang.

Hasil imbang 1-1 ini membuat skor agregat menjadi 3-1. Sebelumnya Persib meraih kemenangan di leg pertama 2-1 atas PSS. 

Persib langsung menggebrak sejak laga baru dimulai. Frets Butuan dan Ezra Walian sempat membuat peluang berbahaya saat laga baru berjalan lima menit. Namun, tak ada satupun bisa berbuah hasil.

PSS nampak kesulitan mengembangkan permainan. Rapatnya lini tengah Persib membuat penggawa Elang Jawa tak banyak menguasai bola. Hal itu membuat mereka lebih banyak berkutat di pertahanan sendiri.

Memasuki menit ke-20 Persib mulai mengendurkan ritme. Hal itu dimanfaatkan dengan baik oleh Irfan Jaya dan kolega. Mereka sesekali berhasil menembus pertahanan Maung Bandung dan membuat ancaman ke gawang yang dikawal I Made Wirawan.

Kedua tim sebetulnya berusaha mengubah kedudukan di sisa babak pertama. Beberapa peluang pun berhasil tercipta, tapi tak ada satu peluang itu yang mampu dikonversi menjadi gol. Hingga 45 menit berakhir, kedua Persib dan PSS tetap bermain imbang 0-0.

Usai turun minum, PSS mencoba tampil agresif. Mereka nampak berusaha mengejar gol, lantaran di leg pertama sudah kalah 2-1. Serangan dari sayap kana-kiri, lalu lini tengah terus dicoba demi membongkar pertahanan yang dijaga Nick Kuippers dan Victor Igbonefo.

PSS harus kehilangan Fabiano Beltrame di tengah laga babak kedua. Ia mendapatkan kartu kuning kedua usai menjegal Wander Luiz yang melakukan aksi solorun di jantung pertahanan PSS.

Walau bermain dengan sepuluh orang, PSS justru mencetak gol menit ke-73 melalui sepakan voli indah Saddam Gafar. Ia berhasil memanfaatkan umpan matang Samsul Arifin di sisi kanan pertahanan Persib. Skor pun berubah untuk kedudukan PSS 1-0.

Enam menit jelang laga berakhir, Persib menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Pemain naturalisasi, Ezra Walian mampu mencatatkan namanya di papan skor melalui sundulan, memanfaatkan umpan matang Adri Indrus.

PSS sebetulnya berusaha kembali mengubah keadaan. Hanya saja hingga wasit meniupkan peulit panjang, skor tetatp 1-1. hasil ini sekaligus mengantarkan Persib melaju ke babak final.

Baca Juga: Beckham Putra yang Mulai Mekar Bersama Persib

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya