Comscore Tracker

Buka Piala AFF, Presiden FIFA: Momentum Sepak Bola ASEAN Mendunia

FIFA puji antusiasme penonton di Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengungkapkan Piala AFF 2020 merupakan momentum sepak bola Asia Tenggara untuk tumbuh. Ia melihat potensi sepak bola di negara ASEAN bisa terus berkembang dan bersaing di dunia.

Hal itu diungkapkan Infantino saat menyaksikan langsung, sekaligus membuka Piala AFF 2020 pada Minggu (5/12/2021).

“Wilayah ASEAN merupakan pusat ekonomi terbesar kelima dunia. Oleh sebab itu, kita perlu bekerja sama untuk membuat kompetisi ini dan sepak bola Asia Tenggara tumbuh. Sehingga, menjadikannya yang teratas di dunia,” kata Infantino dikutip laman resmi FIFA, Senin (6/12/2021).

1. Apresiasi penyelenggaraan AFF di tengah pandemik COVID-19

Buka Piala AFF, Presiden FIFA: Momentum Sepak Bola ASEAN MenduniaThailand saat berhadapan dengan Timor leste dalam laga pembuka Piala AFF. (affsuzukicup .com).

Kedatangan Ifantino di ajang Piala AFF menunjukkan jika FIFA benar-benar mendukung sepak bola di Asia Tenggara untuk terus berkembang. Ia tercatat sebagai orang nomor satu FIFA pertama yang hadir langsung dalam ajang dua tahunan itu. 

Infantino pun memberikan apresiasi tinggi kepada penyelenggara yang sudah berusaha menggelar ajang ini di tengah pandemik. Ia memuji langkah-langkah yang diambil untuk pengembangan fondasi sepak bola di kawasan tersebut dan menjanjikan komitmen untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. 

“Kami mengakui pekerjaan yang telah dilakukan (AFF). Kami berterima kasih kepada mereka dan kami juga perlu bekerja untuk mereka, karena tanggung jawab kami dan tanggung jawab federasi di kawasan ASEAN berpenduduk 650 juta orang, mengembalikan harapan, optimisme, dan kegembiraan melalui sepak bola,” bebernya.

Baca Juga: Piala AFF 2020 di Singapura Sudah Dihadiri 10 Ribu Penonton

2. Jumlah kehadiran penonton di Piala AFF sangat besar

Buka Piala AFF, Presiden FIFA: Momentum Sepak Bola ASEAN MenduniaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Infantino menilai Piala AFF merupakan kompetisi yang menyatukan wilayah. Terlebih, ajang ini selalu ditunggu-tunggu para pencinta sepak bola di Asia Tenggara yang dikenal gila bola. Hal itu terbukti dari catatan jumlah kehadiran penonton dalam ajang tersebut.

Berdasarkan data yang mereka dapatkan, total kehadiran penonton pada Piala AFF lebih dari 750 ribu orang. Selain itu, ajang ini juga menyedot perhatian warganet di media sosial dengan total tayangan mencapai 567 juta. 

“Kami telah mendengar angka-angka dari Presiden AFF bahwa ada lebih dari 200 juta penonton di AFF Suzuki Cup hingga edisi terakhir”, ujar Pria asal Swiss yang mengagumi kecintaan masyarakat di Asia Tenggara terhadap sepak bola.

3. Presiden AFF berterima kasih kepada FIFA

Buka Piala AFF, Presiden FIFA: Momentum Sepak Bola ASEAN MenduniaLogo organisasi induk sepak bola dunia FIFA. (FIFA.com)

Presiden AFF, Khiev Sameth, mengungkapkan terima kasih kepada FIFA yang berkomitmen memajukan sepak bola di kawasan Asia Tenggara. Terlebih, FIFA bisa melindungi sepak bola saat AFF menjalani masa krisis selama pandemik.

“Saya ingin menyampaikan penghargaan kami yang terdalam kepada Anda (Infantino) atas pekerjaan besar yang dilakukan FIFA untuk mengurangi dampak COVID-19. Kita tahu sebelumnya jika pandemik sudah merenggut dan memporak-porandakan kami dengan cara yang belum pernah kami alami”, kata Sameth.

Piala AFF sendiri sudah bergulir dua hari. Pada hari pertama dua laga Grup A rampung digelar. Thailand berhasil menang atas Timor Leste (2-0) dan Singapura mengalahkan Myanmar (3-0).

Sedangkan, pada hari ini dua laga Grup B menyuguhkan duel Malaysia vs Kamboja (3-1) dan Vietnam vs Laos (2-0).

Baca Juga: Ban Kapten Pelangi Guncangkan Piala AFF 2020

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya