Comscore Tracker

Castillion dan Wander Luiz Buat Lini Depan Persib Lebih Bertaring

Wander Luiz cetak enam gol untuk Maung Bandung

Jakarta, IDN Times - Persib kembali bangkit usai menuai hasil buruk untuk pertama kalinya di Liga 1 2021/2022. Sepekan usai dihajar Persija 0-1, Maung Bandung mengamuk dengan mengandaskan Persiraja 4-0 dalam duel yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (25/11/2021).

Ini jadi kemenangan kedelapan Persib musim ini. Menariknya, musim ini mereka jadi salah satu klub paling produktif dengan mencetak 23 gol. Catatan gol mereka hanya kalah dari Persebaya yang unggul satu gol dari Persib. Sementara, di bawahnya ada Arema FC yang sudah mengoleksi 21 gol.

Ketajaman lini depan Persib di awal musim tak lepas dari produktivitas para pemain di lapangan. Namun, yang paling kentara kontribusinya adalah dua penyerang andalan mereka, yakni Wander Luiz dan Geoffrey Castillion. Walau telat panas, keduanya perlahan mulai jadi momok bagi lawan-lawan Persib.

1. Persib jadi salah satu klub tersubur di Liga 1

Castillion dan Wander Luiz Buat Lini Depan Persib Lebih BertaringPesepak bola Persib Bandung Wander Luiz (kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Abd Rahman (kiri) pada lanjutan Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/10/2021). (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Dari 23 gol yang sudah dilesakan, Wander berkontribusi untuk enam gol dan Castillion tiga gol, keduanya telah menyumbang sembilan gol untuk Persib. Mereka benar-benar berkontribusi nyata dalam tajamnya Persib hingga memasuki seri ketiga.

Keduanya secara mengejutkan tampil kompak pada setiap pertandingan Persib mulai seri dua hingga saat ini. Padahal, Castillion dan Wander sempat diragukan kemampuannya lantaran performa yang terus menurun. Para pendukung bahkan sudah berteriak untuk mengganti mereka pada babak kedua.

Sebanyak 14 gol sisanya dilesakan Persib masing-masing oleh Mohammed Rashid (lima), Ezra (dua), Febri Hariyadi (dua), Marc Anthony Klok (dua), Beckham Putra Nugraha (dua), dan Erwin Ramdani (satu).

Baca Juga: Pelatih Robert Kecewa Gol Persib ke Gawang Persija Tak Disahkan

2. Kombinasi Wander dan Castillion mulai menakutkan

Castillion dan Wander Luiz Buat Lini Depan Persib Lebih BertaringPemain Persib, Geoffrey Castillion sedang berusaha melindungi bola. (persib.co.id).

Pelatih Persib, Robert Alberts, tak menampik kontribusi keduanya. Ia merasa lini depan skuad Pangeran Biru lebih mematikan usai performa keduanya membaik. Mereka dinilai sebagai pasangan yang saling melengkapi. Hal itu bisa dinilai dari laga terakhir melawan Persiraja. 

“Saya akan katakan, mereka memberikan dampak positif, karena saat bersua Persiraja tampil begitu intens untuk menghidupkan permainan. Koneksi satu sama lain juga begitu hidup. Hal itu membuat kombinasi keduanya di lapangan sangat baik,” kata Robert kepada awak media.

Pelatih asal Belanda itu pun sangat terkesan, terutama saat Castillion mencetak gol kedua Persib. Umpan satu dua dengan Wander berhasil diakhiri eks penyerang Como itu dengan sepakan keras mendatar, yang menghujam gawang Persiraja.

3. Wander Luiz sudah mencetak enam gol usai mengalami massa paceklik

Castillion dan Wander Luiz Buat Lini Depan Persib Lebih BertaringPesepak bola Persib Bandung Wander Luiz (kiri) berebut bola atas dengan dua pesepak bola PSM Makassar Abd pada lanjutan Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/10/2021). Pertandingan babak pertama berakhir dengan skor 0-0. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww

Pemain berpaspor Belanda itu cukup senang, perlahan sudah mulai bisa menunjukkan kontribusi bagi Persib usai paceklik gol. Sebab, ia harus kembali memulihkan kondisi fisik untuk mentas di kompetisi Indonesia, usai jarang mendapatkan kesempatan bersama Como. 

Performa lebih menawan ditunjukkan rekan duetnya Wander Luiz. Pemain asal Brasil itu selalu terlibat di mayoritas gol yang telah dicetak Persib. Selain torehan enam golnya, ia juga berhasil memberikan satu assist kepada Castillion.

Kontribusi keduanya membuat Persib berhasil melakukan torehan terbaik sejak kompetisi era Indonesia Super League digelar pada 2011. Hal itu membuat perjalanan tim besutan Robert Alberts ini bakal semakin percaya diri ke depan.

4. Persib jadi klub Liga 1 yang jarang kebobolan musim ini

Castillion dan Wander Luiz Buat Lini Depan Persib Lebih Bertaringpersib.co.id

Persib saat ini tercatat sebagai tim yang paling sedikit kebobolan di Liga 1. Bersama PSIS Semarang, Persib baru kemasukan tujuh gol hingga pekan 11 kompetisi musim ini berjalan.

Tak hanya itu, mereka juga jadi tim yang paling produktif musim ini. Total, sudah ada 19 gol yang berhasil disarangkan ke gawang lawan. Rashid (lima), Wander Luiz (empat), Ezra (dua), Febri Hariyadi (dua), Geoffrey Castillion (dua), Beckham Putra Nugraha (dua), Marc Anthony Klok (satu), Erwin Ramdani (satu).

Tentu catatan menawan ini bakal mereka pertahankan pada seri ketiga Liga 1 kali ini. Maklum, mereka juga tengah mengejar perolehan poin Bhayangkara FC yang saat ini masih bertengger di posisi pertama klasemen sementara.

“Tapi, saya masih ingin menonton mereka bermain di laga big match dengan intensitas yang sama, motivasi sama, dan bagaimana mereka bisa merasakan kebangaan saat berseragam Persib,” ujar eks pelatih PSM ini.

Baca Juga: Persib Catat Kekalahan Pertama, Robert Salahkan Gol yang Tak Disahkan

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya