Cetak Gol Buat MU, Solskjaer Minta Mason Greenwood Belajar Nyundul

"Dia bisa bermain sebagai penyerang tengah."

Jakarta, IDN Times - Permainan gemilang pemain muda Mason Greenwood dalam pertandingan babak III Piala Liga Inggris atau Carabou Cup 2020/2021 mengundang decak kagum pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. Hal itu seakan jadi pembuktian baginya jika dia punya potensi diberi peran sebagai penyerang tengah.

Mason Greenwood berhasil menyumbangkan satu gol dan satu assist bagi Setan Merah saat menekuk Luton Twon dengan skor 0-3 pada Rabu (23/9/2020) dini hari. Dia mampu mencetak gol penutup sebelum laga berakhir, setelah sebelumnya berhasil memberikan umpan manis untuk Marcus Rashford.

"Dia punya musim yang fantastis musim lalu. Gol pertama yang berhasil dicetak musim ini tentu penting baginya, termasuk Marcus [Rashford]. Bagi penyerang gol bisa meningkatkan kepercayaan diri dan itu sangat menyenangkan jika terjadi. Hal itu membuat kita bisa lapar," kata Solskjaer dikutip Sportsmole.

1. Mason Greenwood mencetak satu gol satu assist untuk Manchester United

Cetak Gol Buat MU, Solskjaer Minta Mason Greenwood Belajar Nyundultwitter.com/premierleague

Pemain berusia 18 tahun itu berhasil tampil meyakinkan walau masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti. Dia langsung bisa nyetel dengan permainan saat masuk pada menit ke-78. Bahkan, permainan Manchester United bisa lebih hidup dengan kedatangannya.

Melihat potensi tersebut, Solskjaer percaya jika Mason Greenwood bisa terus berkembang pesat kemampuannya musim ini. Dia juga menilai jika ke depan, pemain jebolan akademi MU ini bisa tampil sebagai penyerang murni. Maklum, sejauh ini dia acap kali ditampilkan sebagai penyerang sayap.

"Dia bisa bermain sebagai penyerang tengah. Saya merasa, dia belum tumbuh secara fisik. Terkadang, menatap ke depan akan lebih bagus dari pada hanya sebagai pendukung saja," ujar pelatih asal Norwegia tersebut.

Baca Juga: 10 Pemain Manchester United yang Memecahkan Rekor Transfer Inggris

1. Jika Mason Greenwood ingin jadi penyerang tengah, ini syaratnya

Cetak Gol Buat MU, Solskjaer Minta Mason Greenwood Belajar Nyundultheathletic.co.uk

Namun demikian, banyak hal yang harus dikembangkan oleh Mason Greenwood selain mempersiapkan fisik. Yang paling penting, Solskjaer menyebut jika sang wonderkid juga mau belajar menyundul bola. Sebab, itu menjadi modal penting bagi penyerang tengah untuk bisa mencetak gol selain melalui kedua kakinya.

"Supaya dia fasih bermain sebagai nomor sembilan, dia harus belajar cara untuk menyundul bola. Saya selalu mengingatkannya mengenai itu. Jika hal itu ingin dilakukan, silakan datang dan melakukannya [latihan] dengan saya," katanya.

3. Penampilan apik Greenwood musim lalu sempat membuatnya dipanggil Timnas Inggris

Cetak Gol Buat MU, Solskjaer Minta Mason Greenwood Belajar NyundulTwitter.com/EURO2020

Pemain kelahiran Wibsey, Bradford, ini memang jadi salah satu pemain muda yang jadi sorotan lantaran bisa menunjukkan potensi luar biasa musim lalu. Dia berhasil masuk dalam skuat Gareth Southgate setelah menjalani musim yang impresif di Manchester United, dengan mencetak 17 gol di semua kompetisi.

Namun, keinginannya untuk debut bersama Timnas Inggris sedikit tercoreng lantaran tindakan buruknya saat kedapatan membawa perempuan ke hotel.

Padahal, sebelumnya dia mengaku siap bersaing dengan siapa pun di skuat Negeri Tiga Singa, sebab semua orang berhak memperjuangkan tempatnya. Justru itu dinilai Greenwood jadi memudahkan pelatih, karena punya banyak pilihan untuk menurunkan pemain yang bagus.

"Senang melihat semua pemain muda datang dan memperjuangkan tempat. Saya merasa siap bersaing dengan siapa pun. Seperti di liga, saya akan pergi ke sana dengan senyuman di wajah saya dan hanya bermain sepak bola," katanya.

Baca Juga: Tersisih di Real Madrid, Gareth Bale Merapat ke Manchester United?

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya