Comscore Tracker

Chelsea Pincang di Laga Pamungkas Fase Gugur Liga Champions

Tuchel keluhkan masalah jadwal padat

Jakarta, IDN Times - Chelsea dipastikan pincang dalam laga terakhirnya di fase gugur Liga Champions 2021/22. Lima pemain andalan harus absen saat The Blues menghadapi Zenit St Petersburg pada pertandingan terakhir di Grup H yang digelar di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Rusia (9/12/2021). 

Manajer Chelsea, Thomas Tuchel, mengungkapkan mereka yang tak bisa berlaga di laga lawan Zenit adalah Mateo Kovacic, Jorginho, N’Golo Kante, Ben Chilwell, dan Trevoh Chalobah.

"Kami dipastikan kehilangan mereka. Kelimanya harus absen (karena berbagai alasan)," kata Tuchel dikutip situs resmi Chelsea.

1. Akibat jadwal padat

Chelsea Pincang di Laga Pamungkas Fase Gugur Liga Championsskysports.com

Tuchel merasa badai cedera yang dialami Chelsea disebabkan oleh jadwal padat yang dihadapi. Mereka memang tak punya jeda waktu yang cukup buat beristirahat demi menjalani laga di kompetisi domestik dan Eropa.

Jarak antara duel kontra Wolverhampton Wanderers, West Ham, dan Zenit, cuma delapan hari. Artinya, paling lama, Chelsea beristirahat tiga hari saja.

Namun, hal itu tak dijadikan Tuchel alasan untuk Chelsea kehilangan poin. Dia tetap memanfaatkan waktu yang ada untuk memberikan waktu kepada pemainnya untuk memulihkan diri.

Yang dipikirkan Tuchel selanjutnya adalah bagaimana Chelsea harus bertahan ketika menghadapi jadwal padat jelang periode natal nanti.

Baca Juga: Chelsea Segera Rekrut Bintang Dadakan Piala Eropa 2020

2. Belum menentukan pengganti

Chelsea Pincang di Laga Pamungkas Fase Gugur Liga ChampionsChelsea berhasil meraih kemenangan atas Crystal Palace. (Twitter/@ChelseaFC).

Melewati pekan padat, pria asal Jerman itu pun belum mau mengumbar pemain-pemain yang akan tampil demi menghadapi partai kontra Zenit. Sampai sekarang, dia masih memikirkan siapa pemain yang paling pas buat menutupi lubang tersebut.

"Kami belum putuskan sekarang, karena baru menyelesaikan latihan terakhir sebelum pergi (ke Rusia). Dipastikan akan ada beberapa perubahan untuk melakukan penyesuaian melawan Leeds United akhir pekan nanti," ujar eks pelatih Paris Saint-Germain tersebut.

3. Beban The Blues kian berat

Chelsea Pincang di Laga Pamungkas Fase Gugur Liga ChampionsChelsea berhasil meraih kemenangan atas Crystal Palace. (Twitter/@ChelseaFC).

Tuchel kembali menganalisis jadwal yang membuat anak-anak asuhnya memikul beban berat. Hal itu terjadi lantaran Chelsea hanya mendapatkan sedikit waktu untuk istirahat, karena baru kembali ke Inggris pada Kamis pagi setelah duel melawan Zenit.

"Cedera pemain juga ada di beberapa posisi, mulai dari gelandang. Itu menyulitkan. Hanya saja, laga besok tak menjadi masalah seperti laga selanjutnya di Premier League," ujarnya.

Baca Juga: Flopkaku dan Kutukan Nomor Punggung 9 Chelsea

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya