Comscore Tracker

China Batal Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Asian Games 2022 juga ditunda akibat pandemik COVID-19

Jakarta, IDN Times - China dipastikan tak jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Hal itu dilakukan lantaran pandemik COVID-19 yang kembali tak terkendali di Negeri Tirai Bambu dalam beberapa pekan terakhir ini.

Kepastian mundurnya China diumumkan langsung federasi sepak bola Asia (AFC) pada Sabtu (14/5/2022).

"Setelah melakukan diskusi dengan konfederasi sepak bola China (CFA), mereka memberi tahu AFC tidak dapat sanggup jadi tuan rumah Piala Asia AFC 2023,” kata AFC dalam laman resminya.

1. AFC mencabut hak tuan rumah China

China Batal Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023Kantor AFC. (the-afc.com)

AFC terpaksa mencoret China lantaran tak mau mengambil risiko kompetisi itu terganggu. 

“Atas alasan tersebut AFC memutuskan untuk mempertimbangkan keadaan darurat akibat pandemik COVID-19. Sehingga, AFC mencabut hak tuan rumah dari China,” kata AFC dalam rilis resminya.

Namun demikian, mereka tetap mengapresiasi China yang sudah berusaha dengan serius sebelumnya untuk jadi tuan rumah Piala Asia. Apalagi, CFA sebelumnya sudah meresmikan Stadion Shanghari Pudong dan logo turnamen.

Pihak AFC pun menerima kondisi ini dengan baik dan mulai menyiapkan opsi selanjutnya.

Baca Juga: [BREAKING] Resmi! Asian Games 2022 China Ditunda

2. AFC belum tentukan tuan rumah Piala Asia 2023

China Batal Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023Seorang pria membawa bendera China dari sebuah rumah di seberang Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Chengdu, Provinsi Sichuan, China, Minggu (26/7/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter)

Namun demikian, AFC belum memutuskan siapa tuan rumah yang bakal menggantikan China jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Mereka akan mengkaji lebih dulu berbagai faktor untuk menentukan host baru ajang sepak bola paling bergengsi antarnegara di Asia itu.

"Informasi lebih lanjut tentang langkah selanjutnya yang berkaitan dengan tuan rumah AFC Asian Cup 2023 akan segera diumumkan," kata AFC.

Namun, sebelum itu, AFC akan menyelesaikan masalah hak komersial dan bisnis kepada pihak sponsor. Sehingga, Piala AFC bakal tetap bisa digulirkan sesuai jadwal, yakni 16 Juni-16 Juli 2023.

3. China juga tunda Asian Games 2022

China Batal Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023Replika medali Asian Games (ANTARA FOTO/INASGOC/Widodo S Jusuf)

Sebelumnya, Asian Games 2022 yang sejatinya digelar di China, dipastikan harus ditunda. Pihak panitia terpaksa membatalkan rencana awal karena COVID-19 varian Omicron yang kembali meluas di Negeri Tirai Bambu.

Dilansir Express Sports, Asian Games XIX bakal digelar di Hangzhou pada 10-25 September 2022. Namun, Sekretariat Jenderal Dewan Eksekutif Asian Games mengumumkan penundaan ajang tersebut pada  6 Mei 2022. 

Sampai saat ini, belum ada kejelasan terkait jadwal baru Asian Games kali ini. Panitia berjanji akan mengumumkan update terbaru soal jadwal baru di kemudian hari.

Baca Juga: Timnas Indonesia Ditunggu Lawan Berat di Kualifikasi Piala Asia 2023

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya