Comscore Tracker

Christian Eriksen Terancam Tak Bisa Tampil di Serie A

Eriksen kolaps saat membela Denmark di Piala Eropa 2020

Jakarta, IDN Times - Christian Eriksen diragukan bisa tampil kembali di lapangan hijau, khususnya bersama Inter Milan. Federasi sepak bola Italia (FIGC) memang masih memberikan peluang buatnya tampil di Serie A bersama Inter,  ada syarat yang diajukan agar Eriksen bisa main lagi

Eriksen sebelumnya sempat kolaps di lapangan. Peristiwa itu terjadi ketika Denmark mengawali kiprahnya di fase grup Piala Eropa 2020 melawan Finlandia. Kembali siuman usai diberi pertolongan pertama, Eriksen dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan khusus dan pemasangan ICD.

Implan defibrilator atau ICD, merupakan alat elektronik yang berfungsi sebagai pengukur detak jantung. Alat ini merupakan pencegah agar jantung tidak mengalami gagal detak. Saat ritme detak jantung seseorang tidak teratur, implan ICD akan mengeluarkan efek kejut, sehingga detak jantung kembali normal. 

Baca Juga: Kado Spesial Wales Demi Hormati Christian Eriksen

1. Eriksen harus lakukan ini agar bisa main

Christian Eriksen Terancam Tak Bisa Tampil di Serie AERIKSEN. Christian Eriksen bakal dipercaya menjadi jenderal lapangan tengah Denmark dalam membongkar pertahanan Kroasia. Foto instagram @chriseriksen8

Anggota Komite Sains Teknik FIGC, Francesco Braconaro, memastikan pihaknya tak akan memberikan lampu hijau kepada Eriksen jika implan defibrilator itu masih terpasang di tubuhnya. Sebab, pemain dilarang menggunakan alat tersebut saat mentas di Serie A.

"Eriksen tak bisa diizinkan bermain, kecuali defibrilator dilepas. Artinya, ilmu yang mempelajari penyebab dan cara mencegah penyakit itu (patologi) rampung, dia boleh kembali tampil untuk Inter Milan," kata Braconaro dikutip Football Italia.

Italia hampir mirip dengan Inggris yang punya aturan ketat terkait kesehatan pemain. Tes medis para pemain bahkan dilakukan federasi agar bisa dilihat apakah kondisi kesehatannya mumpuni atau tidak sebelum disahkan bisa tampil dalam kompetisi.

2. Pergi dari Inter agar bisa bermain atau pensiun?

Christian Eriksen Terancam Tak Bisa Tampil di Serie AChristian Eriksen acungkan jempol dan ucapkan terima kasih. (Twitter.com/@dbulandshold)

Kini, Eriksen pun berada di persimpangan jalan. Dia bisa kembali memperkuat Inter andai melepas ICD. Hal itu tentu bisa mengancam kesehatan dan keselamatan jiwanya. Sebab, alat ini memang direkomendasikan spesialis jantung, untuk mencegah seseorang mengalami gagal jantung di kemudian hari.

Jika tak mau mengorbankan hal itu, pemain berusia 29 tahun tersebut bisa saja keluar dari skuat I Nerazzurri. Namun, kompetisi mana yang mau menerima pemain dengan riwayat serangan jantung di lapangan, plus sudah menggunakan ICD.

3. Bisa ikuti jejak Daley Blind

Christian Eriksen Terancam Tak Bisa Tampil di Serie Apotret Daley Blind bersama Timnas Belanda(skysports.com)

Sebetulnya, kondisi Eriksen pernah dialami pemain asal Belanda, Daley Blind. Dia juga diketahui menggunakan ICD di tubuhnya. Namun demikian, Blind masih bisa tampil untuk klubnya, Ajax Amsterdam, di Eredivise dan Timnas Belanda. Hal ini menimbulkan pertanyaan dari banyak orang.

Berbeda dengan kompetisi di Italia atau Inggris, Eredivisie punya peraturan lebih ringan terkait kondisi pemain. Hal itu memberikan Blind kesempatan kembali ke lapangan. Padahal, sebelumnya dia juga diprediksi bakal pensiun dini lantaran serangan jantung yang pernah menimpanya.

Terlepas dari hal itu, beberapa pakar spesialis kardiologi memberikan opini jika sang pemain bakal sulit kembali ke lapangan. Namun, hal itu masih jadi opini saja. Keputusan kembali atau tidaknya ke lapangan semua berada di tangan Eriksen. 

Baca Juga: Joakim Maehle: Dinamit Denmark Bangkit dari Trauma Eriksen

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya