Comscore Tracker

Coret Empat Pemain, Ini Daftar Skuat Timnas U-22 Jelang SEA Games 2019

Timnas Indonesia tak pernah raih emas sejak 38 tahun lalu

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri mencoret empat pemain dari skuat Timnas U-22 yang akan berlaga di SEA Games yang akan digelar di Filipina mulai 30 November 2019.

Keempat pemain yang dicoret tersebut adalah Hanif Sjahbandi (Arema FC), Rifad Marasabessy (TIRA-Persikabo), dan Hambali Tolib (Persela). Keputusan tersebut diambil Indra usai Timnas U-22 menekuk Iran 2-1 dalam laga uji coba di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (18/11). 

1. Indra bakal mengurangi pemain Timnas U-22 secara bertahap

Coret Empat Pemain, Ini Daftar Skuat Timnas U-22 Jelang SEA Games 2019Instagran.com/hanifsjahbandi

Pencoretan tersebut memang sudah diperhitungkan pelatih berusia 56 tahun tersebut. Maklum, pemain yang bakal dibawa ke Manila hanya 20 orang saja. Tak pelak, pencoretan dilakukan secara bertahap guna mendapatkan skuat terbaik.

"Secara bertahap kami akan kurangi jumlahnya. Pemain yang bertahan dalam tim memang saya nilai sesuai dengan kebutuhan skema dan strategi tim yang dibutuhkan," ujar pelatih berdarah Minang, dikutip dari situs resmi PSSI.

2. Indra bakal mencoret kembali empat pemain hingga skuatnya berjumlah 20 orang

Coret Empat Pemain, Ini Daftar Skuat Timnas U-22 Jelang SEA Games 2019ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Melihat kedalaman Timnas U-22 yang masih gemuk, Indra masih harus kembali merampingkan skuatnya saat ini. Sebab, jumlah pemain yang masih dipertahankan berjumlah 24 orang. Tandanya, mantan pelatih Bali United tersebut harus mencoret empat pemain lagi hingga jumlahnya 20 orang (sesuai dengan peraturan pemain yang didaftarkan di SEA Games).

Sejauh ini Indra belum mengindikasikan bakal segera mengumumkan skuat yang diberangkatkan ke Filipina. Namun, melihat waktu yang mepet lantaran jadwal sepak mula SEA Games 2019 dimulai lebih awal, yaitu pada 26 November, Indra kemungkinan bakal segera mengumumkannya.

3. Tergabung dalam grup neraka, Timnas U-22 bakal hadapi Thailand pada bentrok perdana

Coret Empat Pemain, Ini Daftar Skuat Timnas U-22 Jelang SEA Games 2019IDN Times/Ilyas Listianto Mujib. Pemain Timnas U-22 sedang melakukan sesi latihan dalam persiapan menuju SEA Games 2019

Timnas U-22 sendiri langsung dihadapkan laga berat pada kiprah perdananya di ajang dua tahunan itu. Egy Maulana Vikry dan kolega harus menghadapi raksasa sepak bola Asia Tenggara, Thailand. Itu tentu jadi ajang pembuktian Indra yang sudah menyiapkan tim sejak awal tahun.

Pada perhelatan ini, Timnas U-22 tak cuma bakal bentrok dengan Thailand saja. Mereka tergabung di Grup B, bersama tim kuat lain semacam, Vietnam, Singapura, Laos, dan Brunei Darussalam.

4. Timnas U-22 punya modal berharga sebelum tampil di SEA Games Filipina 2019

Coret Empat Pemain, Ini Daftar Skuat Timnas U-22 Jelang SEA Games 2019Dok. PSSI/Skuat Garuda Muda merayakan keberhasilan menjadi kampiun Piala AFF U-22 2019

Walau begitu, situasi tersebut tak membuat Indra dan anak asuhnya gentar. Sebab, Timnas U-22 sudah bekerja keras melakukan latihan, uji coba, sampai mengikuti beberapa turnamen internasional guna mendapatkan medali emas di cabang olahraga sepak bola, yang terakhir diraih 38 tahun silam.

Jadi juara di Piala AFF U-22 2019, tampil pada babak kualifikasi Piala AFC U-23 2020, cari pengalaman pada CFA Team China Chong Qing Three Gorges Bank Cup International Football bersama tuan rumah China, Jordan, dan Arab Saudi, jadi segudang modal berharga yang bakal membantu Timnas U-22 bisa mengharumkan nama bangsa.

5. Inilah daftar 24 pemain Timnas U-22 yang tersisa jelang SEA Games 2019

Coret Empat Pemain, Ini Daftar Skuat Timnas U-22 Jelang SEA Games 2019ANTARA/Yulius Satria Wijaya/aww. Para pemain Timnas U-22 merayakan gol dalam laga uji coba melawan Iran pada Sabtu (17/11).

Berikut daftar pemain Timnas U-22 jelang SEA Games 2019:

1. Bagas Adi Nugroho - Bhayangkara FC

2. Nadeo Arga Winata - Borneo FC

3. Asnawi Mangkualam Bahar - PSM Makassar

4. Nurhidayat Haji Haris - Bhayangkara FC

5. Zulfiandi - Madura United

6. Irkham Zahrul Mila - PSS Sleman

7. Gian Zola Nasrullah Nugraha - Persib Bandung

8. Dodi Alekvan Djin - Persik Kediri

9. Muhammad Riyandi - Barito Putera

10. Rachmat Irianto - Persebaya

11. Feby Eka Putra - Persija

12. Witan Sulaeman - PSIM Yogyakarta

13. Egy Maulana Vikri - Lechia Gdanks

14. I Kadek Agung Widnyana Putra - Bali United

15. Sani Rizki Fauzi - Bhayangkara FC

16. Evan Dimas Darmono - Barito Putera

17. Muhammad Rafli - Arema FC

18. Muhammad Lutfi Kamal Baharsyah - Mitra Kukar

19. Syahrian Abimanyu - Madura United

20. Saddil Ramdani - Pahang FA

21. Firza Andika - PSM Makassar

22. Awan Setho Raharjo - Bhayangkara FC

23. Andy Setyo Nugroho - PS TIRA Persikabo

24. Osvaldo Ardiles Haay - Persebaya

Baca Juga: SEA Games 2019, Pencak Silat Bidik Empat Emas 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You