Daftar Lengkap 16 Tim yang Lolos ke Fase Gugur Piala Eropa 2020

Ukraina bisa lolos dengan status tim peringkat 3 terbaik

Jakarta, IDN Times - Babak penyisihan Piala Eropa 2020 sudah rampung. Sebanyak 16 tim dipastikan lolos ke fase gugur usai bertarung habis-habisan di fase grup.

Sebanyak enam tim melaju ke fase ini dengan status juara grup dan tampil moncer sejak memulai langkahnya di ajang empat tahunan ini. Selain itu, enam tim lainnya lolos dengan status runner up, dan empat sisanya diambil dari tim peringkat tiga terbaik.

Berikut adalah 16 tim yang berhasil melaju ke babak 16 besar PIala Eropa 2020.

Baca Juga: [BREAKING] Super Seru, Hujan Gol Warnai Portugal Vs Prancis

1. Italia Selalu menang dan tak pernah kebobolan di Grup A

Daftar Lengkap 16 Tim yang Lolos ke Fase Gugur Piala Eropa 2020Potret laga Italia menghadapi Wales (90min.com)

Italia jadi tim pertama yang memastikan tiket lolos sebagai juara Grup A, karena meraih tiga kemenangan dengan mengoleksi sembilan poin. Italia juga tercatat sebagai tim paling produktif di babak penyisihan ini lantaran berhasil mengoleksi sembilan gol dan punya rekor nirbobol.

Di posisi runner up Grup A, ada Wales yang bakal menemani Italia lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Mereka mampu mengoleksi empat poin hasil dari sekali menang, sekali imbang, dan sekali kalah. Gareth Bale dkk unggul selisih gol atas Swiss yang membuntuti di belakangnya dengan torehan poin yang sama.

Walau bertengger di posisi ketiga, Swiss berhak lolos ke babak selanjutnya dengan status tim peringkat tiga terbaik, lantaran punya poin empat. Jumlah tersebut lebih besar dari catatan tim peringkat tiga Grup B dan Grup C.

3. Belgia paling sempurna di Grup B Piala Eropa 2020

Daftar Lengkap 16 Tim yang Lolos ke Fase Gugur Piala Eropa 2020Denmark vs Belgia. (twitter.com/EURO2020)

Belgia menjadi wakil Grup B yang melangkah ke babak selanjutnya dengan catatan sempurna. Sama seperti Italia, mereka mampu mengumpulkan sembilan poin, hasil dari tiga kali menang, yakni melawan Rusia (3-0), Denmark (1-2), dan Finlandia (2-0). 

Sementara satu tiket lainnya diperoleh Denmark yang secara mengejutkan finis di peringkat dua Grup B. Usai kalah di laga pertama oleh Finlandia (0-1) dan Belgia (1-2), Denmark bangkit di laga terakhir dengan mencukur habis Rusia dengan skor 4-1. 

Grup B hanya diwakili dua wakil saja karena tim peringkat ketiga, yakni Finlandia hanya bisa mengumpulkan tiga poin. Jumlah itu masih kalah dari catatan tim peringkat tiga terbaik Grup A, D, E, dan F.

Baca Juga: [BREAKING] Bantai Slovakia, Spanyol Melaju ke Fase Gugur Piala Eropa 2020

3. Ukraina temani Belanda dan Austria ke fase gugur

Daftar Lengkap 16 Tim yang Lolos ke Fase Gugur Piala Eropa 2020Fakta menarik di balik duel Belanda melawan Ukraina. (telegraph.co.uk).

Belanda jadi juara Grup C usai di laga terakhir mampu mengalahkan Makedonia Utara dengan skor 3-0. Total, mereka mampu meraih kemenangan dalam semua laga yang dilakoni sepanjang babak penyisihan. Total, sembilan poin berhasil dikumpulkan De Oranje.

Belanda ditemani Austria yang menguntit di belakangnya. Mereka berada di peringkat dua dengan meraih enam poin hasil dari dua kali menang dan sekali kalah. David Alaba dan kolega hanya kalah sekali dari Belanda, 0-2, saat menjalani matchday kedua babak penyisihan.

Ukraina yang sebelumnya hampir gagal, akhirnya lolos ke fase gugur lewat tiket peringkat tiga terbaik. Meski punya poin sama dengan tim di Grup B dan Grup E, Ukraina masih unggul selisih gol. 

4. Inggris ditemani Kroasia jadi wakil Grup D

Daftar Lengkap 16 Tim yang Lolos ke Fase Gugur Piala Eropa 2020Inggris saat berhadapan dengan Kroasia di Piala Dunia 2018. (nst.com.my)

Perebutan tiket ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 berjalan sangat sengit di Grup D. Inggris akhirnya berhasil meraih tempat pertama usai meraih dua kemenangan dan sekali imbang. Mereka meraih tujuh poin, unggul jauh dari para pesaing lainnya, yakni Kroasia, Republik Ceko, hingga Skotlandia.

Satu tiket runner up berhasil direbut Kroasia. Mereka memastikan lolos ke fase selanjutnya dalam laga terakhir. Setelah kalah dari Inggris di laga pertama dan diimbangi Republik Ceko, Kroasia mengamuk dan meraih kemenangan telak 4-1 atas tuan rumah, Skotlandia, dalam laga penentu.

Pada waktu bersamaan, Republik Ceko yang sebelumnya berada di peringkat dua, kalah dari Inggris di laga terakhir. Walhasil, posisi mereka melorot ke peringkat tiga. Namun, mereka tetap dinyatakan lolos ke fase selanjutnya lantaran berhasil menjadi tim peringkat tiga terbaik.

5. Kejutan Swedia yang berhasil menjadi juara Grup E

Daftar Lengkap 16 Tim yang Lolos ke Fase Gugur Piala Eropa 2020Swedia vs Slovakia. (twitter.com/EURO2020)

Swedia lolos sebagai juara Grup E Piala Eropa 2020. Total, mereka mengumpulkan tujuh poin, hasil dari dua kali menang dan sekali imbang, termasuk saat mengalahkan Polandia 3-2 di laga terakhir babak penyisihan. Poin mereka tak bisa bisa dikejar pesaing terdekatnya, Spanyol.

Walau sempat diragukan, Spanyol akhirnya berhasil menemani Swedia lolos ke babak 16 besar. Pada laga terakhir, La Furia Roja mengamuk dengan membantai Slovakia 5-0. Kemenangan itu membuat mereka mengumpulkan lima poin, hasil dari dua kali imbang dan sekali menang.

6. Grup Neraka panas

Daftar Lengkap 16 Tim yang Lolos ke Fase Gugur Piala Eropa 2020Jerman vs Prancis. (twitter.com/DFB_Team_EN)

Pertarungan sengit di grup neraka akhirnya dimenangkan Prancis. Tergabung dalam Grup F, Les Blues kokoh di puncak klasemen dengan catatan lima poin, melewati Jerman dan Portugal. Usai meraih kemenangan atas Jerman (1-0), mereka dua kali bermain imbang melawan Hungaria (1-1) dan Portugal (2-2).

Prancis lolos ke fase gugur bersama dengan Jerman yang nongkrong di posisi runner up. Mereka hanya bisa mengumpulkan empat poin sepanjang babak penyisihan ini. Jerman hampir saja gagal lolos, usai direpotkan Hungaria.

Portugal yang memaksa Prancis bermain imbang di laga terakhir, akhirnya bisa melangkah ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Mereka mengumpulkan poin yang sama dengan Jerman dan hanya kalah selisih gol saja. Walhasil, mereka pun lolos dengan status tim peringkat tiga terbaik.

7. Daftar tim yang lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020

Daftar Lengkap 16 Tim yang Lolos ke Fase Gugur Piala Eropa 2020Belanda berhasil meraih kemenangan atas Makedonia Utara dalam laga terakhirnya di Grup C Piala Eropa 2020. (Twitter/@EURO2020).

Berikut 16 tim yang lolos ke fase gugur Piala Eropa 2020:

  1. Italia (juara Grup A)
  2. Wales (Runner up Grup A)
  3. Swiss (peringkat tiga terbaik Grup A)
  4. Belgia (juara Grup B)
  5. Denmark (Runner up Grup B)
  6. Belanda (juara Grup C)
  7. Austria (Runner up Grup C)
  8. Ukraina (peringkat tiga terbaik Grup C)
  9. Inggris (juara Grup D)
  10. Kroasia (Runner up Grup D)
  11. Republik Ceko (peringkat tiga terbaik Grup D)
  12. Swedia (juara Grup E)
  13. Spanyol (Runner up Grup E)
  14. Prancis (juara Grup F)
  15. Jerman (Runner up Grup F)
  16. Portugal (Peringkat tiga terbaik Grup F)

Baca Juga: [BREAKING] Jerman Susah Payah Lolos ke Fase Gugur Piala Eropa 2020

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya