Daftar Lengkap Negara yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Ada tiga wakil Asia yang lolos ke fase gugur

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 16 tim dipastikan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Berikut adalah daftar negara yang lolos ke babak 16 besar ajang empat tahunan itu.

Beberapa negara unggulan yang diprediksi melaju mulus ke fase ini, sedikit terseok langkahnya. Bagaimana tidak, negara sekalas Spanyol, Prancis, hingga Brasil saja, tak bisa dengan mulus melaju ke babak 16 besar.

Ketiganya kalah dari lawan masing-masing saat menjalani laga terakhir. Sapnyol bahkan hampir gugur usai kalah dari Jepang dalam laga penentu. Beruntung, mereka menang selisih gol dari Jerman yang menang 4-2 dalam duel melawan Kosta Rika dalam laga pamungkasnya.

1. Argentina terseok, Jepang tampil mengejutkan di penyisihan Piala Dunia 2022

Daftar Lengkap Negara yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022Gol kontroversial Jepang atas Spanyol. (skysports.com)

Piala Dunia 2022 Qatar menang melahirkan beberapa kejutan. Negara-negara peserta tampil saling mengalahkan sejak fase penyisihan dimulai. Tak sedikit kontestan yang membuat kejutan dengan mengalahkan negara raksasa sepak bola Eropa hingga Amerika Latin.

Argentina pernah merasakan panasnya persaingan sejak tampil pertama di Grup C. Bersua Arab Saudi, Lionel Messi dan kolega harus menyerah 2-1. Beruntung mereka bisa bangkit dengan meraih dua kemenangan di sisa laga.

Jepang bahkan membuat catatan paling mentereng. Tergabung di grup maut, tim Samurai Biru bisa mengatasi Jerman dan Spanyol dengan skor serupa 2-1. Alhasil, mereka melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 di posisi pertama Grup E.

Baca Juga: Stres Berat Bayangi Para Bintang Dunia Usai Piala Dunia 2022

2. Tumbangnya negara unggulan yang punya tradisi bagus di Piala Dunia

Daftar Lengkap Negara yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022Timnas Jerman. (irishmirror.ie)

Kejutan di Piala Dunia 2022 Qatar tak berhenti di situ. Sebanyak tiga negara unggulan harus tersingkir lebih awal. Mereka seolah tak berdaya melawan tim yang notabene punya skuad di bawahnya.

Jerman yang dijagokan di Grup E, langsung terjungkal oleh Jepang di laga pertama. Sempat membuka kans lolos usai menahan imbang Spanyol dan mengalahkan Kosta Rika, der Panzer akhirnya tersingkir karena kalah produktivitas gol.

Belgia jadi unggulan lainnya yang langsung angkat koper di babak penyisihan. Datang dengan generasi emasnya, Kevin de Bruyne tak bisa berbuat banyak. Mereka finis di peringkat tiga klasemen Grup F di bawag Maroko dan Kroasia.

Sementara, Uruguay yang jadi unggulan dari Amerika Latin, juga mengalami hal serupa. Bermodalkan pemain-pemain bintang, seperti Federico Valverde, Darwin Nunez, Edinson Cavani, hingga Luis Suarez, mereka tak bisa menunjukkan penampilan terbaiknya.

Usai babak penyisihan rampung, Uruguay hanya bisa finis di posisi tiga klasemen. Mereka harus menerima jika Portugal dan Korea Selatan yang jadi wakil Grup H lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

3. Daftar 16 negara yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Daftar Lengkap Negara yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022Richarlison mencetak gol spektakuler ke gawang Serbia, Jumat (25/11/2022). (Twitter/@FIFAWorldCup).
  1. Belanda (juara Grup A)
  2. Senegal (runner up Grup A)
  3. Inggris (juara Grup B)
  4. Amerika Serikat (runner up Grup B)
  5. Argentina (juara Grup C)
  6. Polandia (runner up Grup C)
  7. Prancis (juara Grup D)
  8. Australia (runner up Grup D)
  9. Jepang (juara Grup E)
  10. Spanyol (runner up Grup E)
  11. Maroko (juara Grup F)
  12. Kroasia (runner up Grup F)
  13. Brasil (juara Grup G)
  14. Swiss (runner up Grup G)
  15. Portugal (juara Grup H)
  16. Korea Selatan (runner up Grup H)

Baca Juga: Menilik Gol Kontroversial Jepang vs Spanyol, Sahkah Itu?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya