Daftar Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia U-20 2023

Argentina dan Amerika Serikat masih digdaya

Jakarta, IDN Times - Babak penyisihan Piala Dunia U-20 2023 Argentina sudah rampung. Sebanyak 16 tim dipastikan melaju ke babak gugur.

Tuan rumah Argentina hingga tim favorit seperti Inggris dan Brasil dipastikan mengambil tempat di babak 16 besar nanti. Sementara, wakil Asia tinggal tersisa dua lagi di ajang ini. Mereka adalah Uzbeksistan dan Korea Selatan.

Berikut adalah negara-negara yang melaju ke babak gugur Piala Dunia U-20 2023.

1. Argentina dan Amerika Serikat meraup hasil sempurna di babak penyisihan

Tua rumah Argentina masih sangat perkasa tampil di babak penyisihan Piala Dunia U-20 2023. Mereka lolos sebagai juara grup dengan mengumpulkan sembilan poin dengan menciptakan 10 gol dalam tiga laga yang sudah dijalani.

Usai susah payah mengatasi Uzbeksitan 2-1, Tim Tango Muda ini tampil kesetanan dengan mengalahka Guatemala 3-0 dan Selandia Baru lima gol tanpa balas.

Satu negara yang mengikuti jejak Argentina dengan meraih hasil sempurna di babak penyisihan adalah Amerika Serikat. Walau punya produktivitas gol lebih sedikit dibanding tuan rumah, mereka jadi satu-satunya kontestan yang mampu melakukan clean sheet.

Baca Juga: Glorious Milik Weird Genius Jadi Lagu Resmi Piala Dunia U-20 2023

2. Persaingan ketat di Grup D untuk lolos ke babak 16 besar

Persaingan dalam perebutan tiket ke babak gugur Piala Dunia U-20 2023 paling panas terjadi di Grup D. Bagaimana tidak, tiga tim dipastikan melaju ke fase selanjutnya. Brasil, Italia, dan Nigeria bergantian saling mengalahkan di babak grup.

Brasil yang sempat kalah dari Italia (2-3), mampu meraup kemenangan atas Nigeria (2-0) dan Republik Dominika (6-0). Sementara, Italia sempat tersendat usai kalah dari Nigeria (0-2). Sementara, Nigeria bisa bangkit meraup kemenangan usai kalah dari Brasil. 

Ketiganya sama-sama meraih enam poin di babak penyisihan ini. Hanya saja, Brasil pada akhirnya memimpin klasemen grup karena unggul selisih gol. Mereka diikuti Italia yang lolos sebagai runner-up, dan Nigeria di tempat ketiga sebagai runner-up terbaik.

3. Daftar lengkap yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-20 2023

Satu negara yang menjadi kejutan di Piala Dunia U-20 2023 adalah Gambia. Kontestan dari Afrika itu lolos ke fase gugur sebagai juara grup dengan meraup tujuh poin. Mereka bahkan sempat mengalahkan Prancis dengan skor tipis 2-1 di laga kedua.

Gambia lolos dari Grup F ditemani Korea Selatan. Mereka mengumpulkan lima poin, hasil dari sekali menang atas Prancis dan dua kali imbang, yakni saat bersua Honduras (2-2) dan Gambia (0-0).

Berikut tim-tim yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-20 2023.

1. Argentina
2. Amerika Serikat
3. Kolombia
4. Nigeria
5. Inggris
6. Gambia
7. Uzbekistan
8. Ekuador
9. Italia
10. Selandia Baru
11. Brasil
12. Israel
13. Uruguay
14. Tunisia
15. Slovakia
16. Korea Selatan

Baca Juga: 3 Pemain Asia yang Ciamik pada Fase Grup Piala Dunia U-20 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya