Comscore Tracker

Daftar Topskor Sepanjang Masa di Piala AFF

Kurniawan termasuk dalam daftar pemain tersubur Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Piala AFF merupakan salah satu turnamen paling bergengsi antarnegara di kancah Asia Tenggara. Tak hanya untuk negara, banyak pemain meraih prestasi individu, termasuk para penyerang untuk membuktikan diri jadi yang tersubur.

Tercatat, ada beberapa penyerang yang berhasil menjadi topskor di Piala AFF. Setidaknya, 10 penyerang termasuk dalam buku rekor sebagai pemain dengan koleksi gol terbanyak sepanjang sejarah ajang ini berlangsung. 

Menariknya, dua pemain Indonesia termasuk di dalamnya. Mereka adalah Kurniawan Dwi Yulianto dan Bambang Pamungkas. Kurniawan berhasil mencetak 13 gol, dan Bepe 12 gol sepanjang keikutsertaanya dalam Piala AFF.

Baca Juga: Membaca Potensi Kekuatan Kamboja di Piala AFF, Lawan Pertama Timnas RI

1. Kurniawan mencetak 13 gol untuk Timnas Indonesia

Daftar Topskor Sepanjang Masa di Piala AFFinstagram.com/zonabolanesia

Kurniawan tercatat tampil dalam empat edisi Piala AFF, yakni saat ajang itu masih bernama Piala Tiger. Pada gelaran perdananya di 1996, Kurniawan berhasil mencetak empat gol. Namun, ia gagal menjadi topskor lantaran pemain Thailand, Netipong Srithong-in yang jadi pemenangnya dengan catatan tujuh gol.

Kurniawan juga gagal mengantarkan Timnas Indonesia berprestasi, karena skuad Garuda terhenti di babak semifinal. Walau punya kesempatan merebut posisi ketiga, Timnas Indonesia juga tak bisa berbuat banyak, karena ditaklukkan Vietnam dalam laga penentuan.

Setelah itu, performa Kurniawan cukup merosot, karena hanya mencetak satu gol di Piala AFF edisi 1998, sebelum akhirnya kembali produktif dengan catatan tiga gol (2000), dan lima gol (2004).

Walau termasuk dalam 10 pemain dengan torehan gol terbanyak sepanjang sejarah ajang ini, pemain yang kerap disapa Si Kurus ini belum pernah merasakan sekalipun gelar topskor selama beraksi di Piala AFF.

Baca Juga: Timnas Indonesia Langsung Alihkan Fokus ke Piala AFF

2. Bambang Pamungkas sempat jadi topskor di Piala AFF 2002

Daftar Topskor Sepanjang Masa di Piala AFFAFFSuzukicup.com

Selain Kurniawan, nama penyerang Timnas Indonesia lainnya, yakni Bambang Pamungkas juga termasuk dalam jajaran pemain tersubur di Piala AFF. Ia punya catatan minus satu gol dari Kurniawan selama beraksi bersama Timnas Indonesia dalam turnamen dua tahunan ini. 

Bepe, biasa Bambang disapa, memulai debutnya di Piala AFF saat memasuki era Milenium. Saat itu, ia mendapat banyak sorotan, karena dinilai sebagai penyerang muda paling berbakat di Asia Tenggara usai menjadi topskor Liga Indonesia edisi 1999/2000 dengan mengoleksi 24 gol. Namun, debut Bepe tak berjalan baik, karena kalah bersaing dengan Gendut Doni dan Kurniawan.

Dua tahun berselang, Bepe baru mulai menunjukkan tajinya sebagai penyerang nomor satu Indonesia. Ia berhasil mengoleksi delapan gol, sekaligus menjadikannya topskor di ajang tersebut. Sayang, ia tak bisa mengantarkan Timnas Indonesia menjadi juara usai kalah di final oleh Thailand melalui drama adu penalti.

Setelah itu, Bepe justru tak ambil bagian di Piala AFF 2004. Ia baru kembali tampil dalam ajang tersebut yang digelar pada 2007. Sayang, dirinya gagal mencetak gol. Ia baru bisa menambah pundi-pundi golnya pada Piala AFF 2008 (satu), dan edisi 2010 (dua).

3. Noh Alam Shah paling subur dengan catatan 17 gol di Piala AFF

Daftar Topskor Sepanjang Masa di Piala AFFNoh Alam Shah (affsuzukicup.com)

Di atas keduanya masih ada penyerang-penyerang dengan catatan gol terbanyak di Piala AFF. Penyerang Vietnam, Lee Hyunh Duc mampu mengoleksi 14 gol sepanjang penampilannya di medio 1996-2002. 

Selain dia, juniornya di Timnas Vietnam, yakni Le Chong Vinh mampu mendulang gol lebih banyak di Piala AFF. Ia mencatatkan 15 gol sepanjang aksinya di Piala AFF. jumlah golnya itu setara dengan penyerang Thailand yang sempat berkarier di Eropa, Terrasil Dangda.

Teerasil bahkan sempat merasakan gelar topskor sebanyak tiga kali di Piala AFF. Ia mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak di ajang itu pada edisi 2004, bersama Agu Casmir (Singapura) dan Budi Sudarsono (Indonesia) dengan sama-sama mencatatkan empat gol. Setelah itu, ia jadi topskor pada 2012 (5) dan 2016 (6).

Satu pemain yang tercatat jadi topskor sepanjang masa Piala AFF adalah Noh Alam Shah. Eks penyerang Persib dan Arema ini mampu mencetak 17 gol sepanjang perjalananya bersama Singapura di ajang tersebut.

Baca Juga: 30 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya