Comscore Tracker

Dampak Virus Corona, Pemain Persib Hanya Terima 25 Persen Gaji

Persib gaji pemain 25 persen saja dari April-Mei 2020

Jakarta, IDN Times - Tim yang dianggap paling stabil neraca keuangannya, Persib, segera memberlakukan perubahan kontrak kerja mengenai gaji yang maksimal bisa dibayarkan 25 persen kepada pelatih, pemain, dan ofisial selama Maret-Juni 2020. Hal itu ditegaskan langsung oleh salah satu Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar.

"Persib siap terapkan hal itu. Ini kan kebijakan dari PT LIB mengambil keputusan karena sesuai anjuran PSSI. Kalau Persib dibedakan dengan yang lain, pasti nanti jadi kecemburuan dan jadi permasalahan. Makannya ikuti dulu saja aturan," kata Umuh dikutip dari laman resmi PT LIB.

1. Komisaris Persib sebut pemain sudah terima dengan kebijakan pemotongan gaji

Dampak Virus Corona, Pemain Persib Hanya Terima 25 Persen GajiUmuh Muchtar (IDN Times/Galih Pesiana)

Terkait kondisi ini, Umum memastikan jika para penggawa Maung Bandung memahaminya. Apalagi, kondisi seperti ini tak hanya terjadi di Indonesia saja. Kompetisi-kompetisi terbaik di Eropa seperti LaLiga, Premer League, Serie A, sampai Bundesliga harus melakukan penyesuaian di tengah dampak virus corona ini.

"Pemain sudah dijelaskan, mereka menerima dan tahu kondisi ini. Apa boleh buat, kalau mereka tidak terima bagaimana lagi ya," ujar mantan Manajer Persib ini.

3. Persib masih gunakan dana cadangan

Dampak Virus Corona, Pemain Persib Hanya Terima 25 Persen GajiIDN Times/Bagus F

Di sisi lain, sampai saat ini, Persib berusaha untuk tetap membayar gaji dengan lancar. Mereka tak mau sampai kejadian ada tunggakan yang membuat pemain kabur dan citra Persib tercoreng. Tak pelak, Bos Persib Glenn Sugita disebutkan Umuh terus berusaha menyeimbangkan neraca keuangan dengan berbagai cara.

"Sementara dari pribadi Pak Glenn, mungkin seperti itu. Dan mungkin juga ada cadangan keuangan PT (PBB) yang dikeluarkan. Tapi enggak tahu berapa cadangannya," katanya.

Rencananya manajemen Persib bakal membayar Gaji hanya 25 persen saja kepada pemain pada April dan Mei saja. Sementara, untuk bulan berikutnya mereka akan meninjau ulang, tergantung dari situasi dan kondisi yang ada nanti seperti apa.

3. Persita hanya bayar 10 persen dari gaji pemainnya

Dampak Virus Corona, Pemain Persib Hanya Terima 25 Persen GajiPemain Timnas Indonesia, Irfan Bachdim saat tampil dalam laga uji coba melawan Persita, Jumat (21/2). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib).

Sebelumnya, klub lain di Liga 1, yakni Persita juga secara terang-terangan bakal memangkas gaji pemain sampai 90 persen. Hal itu terpaksa dilakukan karena tim tak dapat pemasukan di tengah terhentinya kompetisi lantaran virus corona yang meluas di Tanah Air.

Keputusan yang dirilis oleh pihak manajemen klub dan ditandatangani oleh Presiden Klub Persita, Ahmed Rully Zulfikar, pelatih, pemain, dan official mendapatkan gaji penuh hingga Maret 2020, namun setelahnya mereka hanya mengantongi 10 persen dari total gaji normal sampai Juni mendatang.

Manajer Tim Persita, I Nyoman Suryanthara, menyebut keputusan berat ini memang harus diambil. Menurut dia, pemangkasan gaji dilakukan semata-mata demi memastikan kelangsungan operasional klub ke depannya.

Baca Juga: Imbas Wabah Virus Corona, Persita Hanya Bayar 10 Persen Gaji Pemain

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya