Dapat Kucuran Dana Rp7 Miliar dari FIFA, PSSI Pastikan akan Transparan

PSSI bakal gunakan bantuan FIFA lebih tepat sasaran

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan memaksimalkan bantuan FIFA yang segera dikucurkan menyusul wabah virus corona di seluruh dunia.

"Bantuan yang diberikan nantinya akan dipergunakan secara tepat sasaran dan transparan untuk pelaksanaan program serta kelanjutan organisasi PSSI di tengah dampak pandemi COVID-19,'' kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Senin (27/4).

1. FIFA mengalokasikan dana Rp42 miliar untuk membantu asosiasi anggota di tengah krisis pandemik corona

Dapat Kucuran Dana Rp7 Miliar dari FIFA, PSSI Pastikan akan Transparanatimes.com

Sebagaimana diketahui, FIFA akan memberikan bantuan kepada 211 asosiasi sepak bola anggota yang tersebar di seluruh dunia, termasuk PSSI. Bantuan sebesar 500 ribu US dolar atau setara Rp7,7 miliar.

Secara total, FIFA mengalokasikan dana sebesar 2,7 juta US dolar atau Rp42 miliar untuk membantu asosiasi sepak bola yang terkena krisis akibat virus corona.

2. PSSI sangat mengapresiasi bantuan FIFA

Dapat Kucuran Dana Rp7 Miliar dari FIFA, PSSI Pastikan akan TransparanANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, mengatakan kucuran dana tersebut sangat membantu asosiasi untuk bisa tetap menjalankan operasional organisasi di tengah krisis akibat pandemik corona.

''Sebagai anggota asosiasi, PSSI pun memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada FIFA yang konsisten membantu dalam mengembangkan sepak bola di Indonesia," ujar Iwan.

3. PSSI bakal transparan dalam penggunaan dana bantuan FIFA

Dapat Kucuran Dana Rp7 Miliar dari FIFA, PSSI Pastikan akan TransparanSekjen PSSI, Ratu Tisha dalam acara ramah tamah dan bincang seputar persiapan Piala Dunia U20 2021 di Rumah Dinas Walikota Surabaya (10/2). IDN Times/Tarida Alif

Program FIFA Forward yang dicairkan itu sebetulnya merupakan program bantuan dana yang FIFA diberikan kepada seluruh anggota asosiasi untuk biaya operasional dan proyek khusus yang diajukan setiap tahunnya. Dalam dua tahun terakhir, PSSI biasanya memaksimalkan program FIFA Forward untuk pengembangan pelatih, wasit dan pemain muda.

Kali ini, melalui surat sirkuler FIFA tanggal 24 April 2020 disebutkan, Komite Pengembangan dan Komite Keuangan FIFA menyetujui untuk memajukan pengucuran dana program FIFA Forward 2.0 tahun 2019 dan 2020 yang semula akan diberikan pada bulan Juli menjadi dalam waktu dekat lantaran jadi respons FIFA dalam membantu anggotanya kala pandemik.

Dalam masa transisi ini, PSSI pun masih terus berusaha melaksanakan pembenahan administrasi dan finansial secara internal. Sementara komunikasi secara intens senantiasa dilakukan oleh PSSI dengan perwakilan FIFA untuk daerah Asia Tenggara terkait jumlah dan kapan bantuan dana akan dikucurkan serta penggunaan yang tepat dan terukur untuk kepentingan audit dan pelaporan keuangan nantinya seperti yang telah disebutkan di dalam sirkuler tersebut.

Baca Juga: FIFA Kucurkan Batuan, PSSI Kecipratan Rp7 Miliar

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya