Comscore Tracker

David Maulana Tampil Gemilang, Timnas U-19 Cukur Hong Kong 4-0

David Maulana mencetak satu gol dan dua asis

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 kembali meraih hasil positif setelah kembali meraih tripoin dalam laga keduanya pada babak Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 Grup K.

Kali ini, giliran Hong Kong yang harus menerima pelajaran dari skuat Garuda Muda lantaran kalah telak 4-0 dalam laga yang digelar di Stadion Madya, Jakarta pada Jumat (8/11).

Fakhri Husaini melakukan perubahan minor dengan menurunkan Brylian Aldama menggantikan Theo Fillo di lini tengah dan Mochammad Supriadi yang jadi suksesor Sutan Zico. Walhasil, skuat Garuda Muda tampil lebih agresif. Bahkan, sejak pertandingan baru dimulai mereka mampu mengancam lewat sundulan Bagus Kahfi.

Hong Kong mulai bisa keluar dari tekanan pada menit ke-7. Dua menit berselang mereka langsung membuat suporter Timnas U-19 terenyak lantaran Hong Kong hampir mencuri gol lewat kepala Wong Chun. Beruntung bola masih bergulir di sisi kanan gawang yang dikawal Ernando.

Tak lama berselang jual-beli serangan terjadi. Timnas U-19 kembali membuat peluang emas lewat aksi individu Muhammad Fajar yang menusuk ke jantung pertahanan lawan dari sisi kiri pertahanan lawan. Hanya saja, umpan terukurnya gagal dimanfaatkan oleh Bagus karena masih bisa ditahan kipernya, Lo Siu Kei.

Brylian Aldama dan kolega mulai bisa menguasai jalannya pertandingan saat laga sudah berjalan 20 menit. Mereka terus memberondong pertahanan Hong Kong hingga akhirnya gol yang ditunggu-tunggu pun tiba.

Bek kanan, Bagas Kaffa mampu menceploskan si kulit bundar pada menit ke-25 setelah lolos dari kawalan dua bek Hong Kong. Sebelumnya, ia mampu menerima umpan ciamik dari kapten tim yang juga jadi jenderal pengatur serangan, David Maulana. Skor pun berubah untuk keunggulan Timnas U-19 1-0.

Unggul satu gol membuat Timnas U-19 semakin bersemangat. Agresivitas serangan yang dilakukan pun semakin meningkat. Hasilnya, mereka mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-30 melalui Muhammad Fajar yang dengan mulus mampu mengonversi umpan silang mendatar dari Mochammad Supriadi.

Timnas U-19 mulai menurunkan tempo usai unggul dua gol. Mereka tampil lebih santai dengan penguasaan bola yang cukup baik. Peran David Maulana sebagai metronom yang mampu membagi bola membuat lawan kesulitan untuk mengambil alih permainan.

Di sisa waktu babak pertama, Timnas U-19 pun tak banyak menciptakan banyak peluang. Hanya sesekali para penggawa Merah-Putih mengancam gawang Hong Kong. Sehingga, skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah menutup jeda pertama.

Memasuki babak kedua, Timnas U-19 kembali menggebrak. Bagus, David, Supriadi bergiliran menciptakan peluang emas ke gawang Hong Kong. Sayang, belum satu pun berhasik menjadi gol dan mengubah keadaan. Skor masih tetap sama 2-0 untuk keunggulan Timnas U-19.

Fajar sempat menceploskan bola untuk kedua kalinya malam ini. Akan tetapi, gol tersebut dianulir lantaran wasit yang memimpin jalannya pertandingan menganggap pemain kelahiran Manokwari 17 tahun silam itu dianggap off side terlebih dahulu.

David Maulana benar-benar menjadi bintang pada malam ini. Kali ini, giliran dirinya yang menambah pundi-pundi gol Timnas U-19 pada menit ke-62. Ia berhasil melepaskan sepakan keras melalui tendangan bebas yang tak bisa dijangkau oleh Lo Siu Kei sehingga skor berubah 3-0 untuk tuan rumah.

Tuan rumah mulai mendapatkan tekanan dari Hong Kong pada menit ke-70, tapi belum ada peluang emas yang mampu diciptakan tim besutan Thorlakur Mararnason. Serangan mereka acap kali gagal di sepertiga lapangan lantaran mampu dihentikan para pemain belakang Timnas U-19.

Sebaliknya, Timnas U-19 memilih tampil sabar dan kembali mengandalkan penguasaan bola untuk menjaga stamina. Mereka dapat mencuri peluang usai Bagas dijatuhkan di dalam kotak berbahaya. Pemain asal Magelang itu sendiri yang juga didapuk menjadi eksekutor mampu menutup laga dengan gol sehingga membuat Timnas U-19 menang telak 4-0 atas Hong Kong.

 

Susunan pemain:

Indonesia (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi; Muhammad Salman Alfarid, Alfeandra Dewangga, Rizki Ridho Ramadhani, Bagas Kaffa; David Maulana, Beckham Putra/Braif Fatari, Brylian Aldama; Muhammad Fajar Fathur/Sutan Zico, Bagus Kahfi, Mochammad Supriadi/Khairul Imam Zakiri.

Hong Kong (4-4-2): Lo Sieu Kei; Chan Yun Tung, Leung Yau Wai, Chieu Wan Chun, Wong Chun; Lai Pui Kei/ Cheng Chun Wang, Yu Jesse Joy Yin, Chan Shinichi; So Dick On, Tong Hew Fung Connor/Chang Kwong Yin.

Baca Juga: Piala AFC U-19: Pelatih Hong Kong Waspadai Serangan Cepat Timnas U-19

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You