Hari Ini Deadline Pendaftaran, Klub Liga 1 Tunggu Proses Naturalisasi

Gimana nasib Fabiano Beltrame dan Otavio Dutra, ya?

Jakarta, IDN Times - Sepekan jelang dimulainya Liga 1 2019, PT. Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator kompetisi telah menentukan deadline pendaftaran pemain. Rencananya bursa transfer kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air ini akan ditutup pada Kamis, 9 Mei 2019.

"Pembukaan pendaftaran pemain dimulai 10 April sampai selambat-lambatnya 9 Mei. Pokoknya semua pendaftaran pemain baik lokal atau asing," kata Direktur Interim PT. LIB, Dirk Soplanit, beberapa waktu lalu.

1. Klub tak bisa daftarkan pemainnya lokal jika melewati deadline

Hari Ini Deadline Pendaftaran, Klub Liga 1 Tunggu Proses NaturalisasiPSMMakassar.co.id/Ahmad Alia

Sebagaimana diketahui, dilansir dari FIFA Transfer Matching System (TMS), PT. LIB memang sudah menentukan deadline pendaftaran pemainnya. Untuk pemain lokal, PT LIB memberi waktu sampai besok. Sedangkan bagi legiun asing sendiri, pendaftarannya akan ditutup pada 23 Mei mendatang, atau sepekan setelah sepak mula Liga 1 dimulai.

Setelah melewati tanggal tersebut, klub tak diperkenankan lagi untuk mendaftarkan pemain anyar. Hal itu tentu membuat beberapa tim harus berpikir keras lantaran sedang menunggu proses naturalisasi pemain asingnya. Jika melewati deadline, naturalisasi itu bisa dibilang sia-sia karena pemain tersebut tetap tak terdaftar jika merujuk peraturan FIFA.

Baca Juga: Persib Bandung Sudah Resmi Rekrut Rene Mihelic?

2. Persib Bandung masih bermasalah dengan proses naturalisasi Fabiano Beltrame

Hari Ini Deadline Pendaftaran, Klub Liga 1 Tunggu Proses NaturalisasiPersib.co.id

Persib Bandung jadi salah satu klub yang masih berurusan dengan masalah kuota pemain asingnya. Sebab, usai diresmikannya gelandang asing, Rene Mihelic, komposisi pemain asing Maung Bandung, julukan Persib, memang buncit karena mereka memiliki lima pemain dari empat kuota yang ditentukan PT. LIB.

Sejauh ini, Persib sudah mengontrak Bojan Malisic (non-Asia), Ezechiel N'Douassel (non-Asia), Arthur Gevorkyan (Asia), Rene Mihelic (non-Asia), dan Fabiano Beltrame (non-Asia). Nama terakhir diproyeksikan masuk jadi pemain lokal, hanya saja, proses naturalisasi pemain asal Argentina tersebut masih belum rampung hingga Rabu (8/5) malam.

3. Naturalisasi Otavio Dutra belum rampung, Persebaya belum bisa cari pemain asing lain

Hari Ini Deadline Pendaftaran, Klub Liga 1 Tunggu Proses Naturalisasibola.com

Setali tga uang dengan Persib, hal yang sama juga dirasakan oleh Persebaya Surabaya. Tim besutan Djadjang Nurdjaman itu juga tengah menunggu satu legiun asingnya, yakni Otavio Dutra, yang sedang melakukan proses naturalisasi hingga detik-detik berakhirnya pendaftaran pemain lokal.

Padahal, sebelumnya Djanur, sapaan akrab Djadjang, sempat mengutarakan akan mencari pemain asing lain jika Dutra berhasil didaftarkan jadi pemain lokal. Hal itu membuat manajemen Persebaya musti berpikir panjang untuk bisa menentukan komposisi untuk skuat Persabaya musim ini.

4. Beberapa klub Liga 1 masih belum penuhi kuota pemain asingnya

Hari Ini Deadline Pendaftaran, Klub Liga 1 Tunggu Proses NaturalisasiTwitter/@Persija_Jkt

Sementara itu, beberapa tim macam Madura United, Bhayangkara FC, Persija Jakarta, dan Kalteng Putra tengah berusaha untuk memenuhi satu slot pemain asingnya. Beruntung, mereka masih memiliki waktu untuk mencari pemain yang sesuai dengan keinginannya karena deadline pendaftaran pemain masih menyisakan dua pekan lagi.

Baca Juga: Liga 1 2019 Dapat Sponsor dari Perusahaan E-Commerce?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya