Comscore Tracker

Debut di Kompetisi Resmi Eropa, Witan Sulaiman Gagal Menangkan Timnya

Witan bermain selama 25 menit untuk FK Radnik Surdulica

Jakarta, IDN Times - Pemain muda potensial asal Indonesia, Witan Sulaiman, menandai kiprahnya di Eropa dengan melakukan debut bersama Liga Serbia, FK Radnik Surdulica, Minggu (14/6). Sayang, kontribusinya belum bisa membawa timnya meraih kemenangan.

Radnik Surdulica harus mengakui keunggulan tim papan atas Radnicki 2-4 dalam sekota tersebut. Hasil tersebut, membuat mereka tertahan di posisi 12 klasemen sementara dari 16 tim yang tampil di Liga Serbia dengan koleksi 30 poin.

Pada laga tersebut, pemain berusia 18 tahun itu masuk pada babak kedua, tepatnya menit ke-65. Dia masuk menggantikan Bogdan Stamenkovic yang menempati posisi sayap kanan. Hanya saja, tampil dalam waktu yang terbatas belum bisa membuat Witan memberikan kontribusi maksimal bagi klubnya itu.

1. Bisa jalani debut bersama Radnik Surdulica, Witan unggah perasaan bahagianya di Instagram

Rasa bahagia terpancar dari Witan walau bermain 25 menit saja. Dia tetap merasa kesempatan besar itu merupakan peluang baginya untuk terus berkembang. Hal itu diungkapkan melalui unggahan di akun Instagram pribadinya usai laga berlangsung.

"Debut in Superliga Serbia. Keep learning and work hard," tulis pemain kelahiran Palu, Sulawesi Tengah itu dalam akun media sosialnya itu, yang diserati dengan potongan video saat ia masuk ke lapangan.

Baca Juga: Jadi Juara Timnas U-22, 11 Potret Witan Sulaeman yang Curi Perhatian

2. Debut Witan sempat tertunda dua bulan akibat pandemik COVID-19

Debut di Kompetisi Resmi Eropa, Witan Sulaiman Gagal Menangkan TimnyaWItan Sulaiman. (Instagram/@witansulaiman_).

Wajar jika Witan sangat gembira, sebab sejak Februari didatangkan Radnik Surdulica, ia belum pernah sekalipun mencicipi menit bermain di Liga Serbia. Bahkan, dia harus menunggu lama lantaran kompetisi di sana sempat ditangguhkan akibat pandemik COVID-19.

Witan sendiri baru kembali memulai latian dengan timnya usai pemerintah setempat memberikan keleluasaan kepada klub, untuk menyiapkan tim pada 10 Juni lalu. Sebab, tim sempat dibubarkan dan pemain harus menjalani latihan sendiri.

3. Witan sempat ikuti TC Timnas U-19 secara virtual

Debut di Kompetisi Resmi Eropa, Witan Sulaiman Gagal Menangkan TimnyaWItan Sulaiman. (Instagram/@witansulaiman_).

Witan juga sebelummya sempat pulang ke Indonesia saat COVID-19 meluas di Eropa. Dia juga masuk dalam pemusatan latihan (TC) Timnas U-19 di bawah komando Shin Tae-yong, dalam rangka persiapan menuju Piala AFC U-19 dan Piala Dunia U-20 tahun depan.

Debut Witan di Eropa menorehkan catatan anyar kedua pemain Indonesia, yang berhasil tampil di kompetisi resmi Eropa itu. Sebelumnya, kolega Witan di Timnas U-19 Egy Maulana Vikry yang memperkuat Lechia Gdanks juga sempat tampil di kompetisi resmi Polandia.

4. Witan diproyeksikan jadi tumpuan Timnas Indonesia pada Piala Dunia U-20

Debut di Kompetisi Resmi Eropa, Witan Sulaiman Gagal Menangkan Timnyahttps://www.pssi.org

Witan merupakan pemain muda berbakat yang diorbitkan SKO Ragunan Jakarta. Namanya mulai mencuat usai membela Timnas U-19 di berbagai ajang beberapa tahun lalu.

Pengalaman Witan Sulaiman tampil bersama klub Liga Serbia, FK Radnik Surdulica diharapkan bisa memberikan banyak pengalaman untuk mengembangkan diri. Maklum, dia diproyeksikan jadi tumpuan Timnas Indonesia yang bakal tampil di Piala Dunia U-20 pada 2021.

Baca Juga: Tolak Dua Klub Besar Liga 1, Witan Sulaiman Fokus ke Eropa

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya