Comscore Tracker

Debut di Usia 17 Tahun Bersama MU, Siapa Shola Shoretire?

Shoretire Calon bintang masa depan Manchester United lho

Jakarta, IDN Times - Shola Shoretire mengukir sejarah dengan memulai debut bersama Manchester United. Dia masuk lapangan menggantikan Marcus Rasford saat Setan Merah menundukkan Newcastle United 3-1 dalam laga yang digelar di Old Trafford, Senin (22/1/2021).

Baru promosi ke tim utama awal Februari, tak butuh waktu lama bagi Shoretire tampil pertama kali di kompetisi kasta tertinggi Inggris. Walau hanya bermain beberapa menit saja, pengalaman ini pastinya sangat berharga bagi pemain kelahiran Newcastle ini.

Ia jadi pemain muda kedua yang mendapatkan kesempatan tampil bersama Manchester United di laga resmi. Sebelumnya, pemain muda Amad Diallo juga diberi kesempatan tampil di ajang Liga Europa 2020/21 saat United menumbangkan Real Sociedad 4-o tengah pekan lalu.

Lalu, siapa sebetulnya Shola Shoretire hingga diberi kesempatan tampil oleh Ole Gunnar Solskjaer?

 

1. Pemain binaan Akademi Manchester United

Debut di Usia 17 Tahun Bersama MU, Siapa Shola Shoretire?Shola Shoretire pemain muda Manchester United. (Independent.co.uk).

Shola Shoretire merupakan pemain muda asli binaan Akademi Manchester United. Namanya mulai melambung pada 2018 silam. Bagaimana tidak, saat usianya masih 14 tahun, ia tampil di ajang UEFA Youth League untuk United U-19 .

Kala itu Shoretire bermain saat timnya bentrok dengan Valencia.

Ia memang bukan orang baru di Manchester. Sejak berusia 10 tahun, Shoretire sudah mulai menimba ilmu dengan akademi yang dikenal banyak melahirkan bintang dunia ini. 

Tak banyak yang tahu, sebelum bergabung dengan United, Shoretire merupakan produk binaan akademi Newcastle. Namun itu tak bertahan lama. Ia harus ikut kedua orang tuanya yang terpaksa migrasi dari Newcastle ke Manchester.

2. Selalu tampil untuk tim yang lebih senior

Debut di Usia 17 Tahun Bersama MU, Siapa Shola Shoretire?Shola Shoretire pemain muda Manchester United. (manutd.com).

Penampilan cemerlang membuatnya selalu tampil untuk tim yang lebih senior. Shola Shoretire tak canggung dan terus menunjukkan magis setiap kali diberi kepercayaan pelatih di tim junior. Hal itu dilakukannya hingga terakhir kali membela United U-23.

Hal itu membuat pelatih United U-23, Neil Wood berdecak kagum. Ia bahkan tak ingat kapan Shoretire tampil terakhir kali untuk tim seusianya. Menurut dia, Shoretire selalu tampil baik selama membela Akademi United, termasuk di level U-23.

“Dia selalu menemukan cara bermain dengan pemain yang usianya lebih tua. Padahal, dia baru berumur 17 tahun. Dia memanfaatkan kesempatan dengan baik,“ ujar Wood dikutip Manchester Evening News.

Baca Juga: Daniel James Mulai Menunjukkan Sinarnya Bersama Manchester United

3. Shola Shoretire tampil menawan bersama United U-23

Debut di Usia 17 Tahun Bersama MU, Siapa Shola Shoretire?Shola Shoretire pemain muda Manchester United. (express.co.uk).

Sebelum promosi ke tim senior, Shoretire merupakan pemain tergolong baru bergabung dengan United U-23. Awal musim ini dia mendapatkan kesempatan promosi ke tim yang secara usia melebihi umurnya.

Alih-alih sulit beradaptasi, dia malah tampil moncer. Ia bahkan menunjukkan permainan di atas rata-rata, termasuk saat melawan Blackburn. Shola Shoretire bahkan mencatatkan hattrick dalam penampilannya itu.

Walhasil, Solskjaer pun kepincut. Ia memberi kesempatan Shoretire untuk berlatih dengan tim senior. 

Tak disangka, dia diberi kesempatan lebih besar. Ia tampil untuk United saat berhadapan dengan tim yang pertama kali memperkenalkannya kepada dunia bal-balan. 

4. Diberi garansi tampil lebih banyak oleh Ole Gunnar Solskjaer

Marcus Rasford yang merupakan bintang masa depan United, tak segan memuji Shoretire. Ia mengingatkan juniornya itu untuk mengingat bagaimana memulai tampil di kompetisi yang dikenal paling ketat di dunia itu.

“Momen ini harus kau ingat sampai kapanpun. Keluarga kamu pasti sangat bangga,” kata Rashford.

Konon Solskjaer pun memberikan garansi kepada pemain muda binaanya itu untuk mendapatkan lebih banyak waktu bermain. Dengan catatan, Shola Shoretire terus menunjukkan kerja kerasnya di lapangan.

Baca Juga: Manchester United Menang Lagi, Ole Gunnar Solskjaer Senang

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya