Comscore Tracker

Dibantai Thailand, Timnas Futsal Indonesia Gagal Runtuhkan Dominasi

Thailand berhasil pertahankan gelar sembilan tahun beruntun

Jakarta, IDN Times - Performa gemilang Timnas Indonesia akhirnya harus terhenti pada babak final Piala AFF Futsal 2019. Mereka harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 5-0 dalam laga yang digelar di Phu Tho Indoor Stadium, Ho Chi Minh City, Vietnam, Minggu (27/10).

Sejak laga dimulai, pressing ketat dilakukan oleh Thailand. Walhasil, pola permainan Timnas Indonesia sulit berkembang karena kesulitan untuk menguasai bola hingga hanya bisa menunggu bola di daerah sendiri.

Sebaliknya, tim lawan dengan mudah mengalirkan bola ke jantung pertahanan Timnas Indonesia. Beberapa kali serangan mereka pun membuahkan ancaman ke gawang tim Garuda. Beruntung, para pemain Timnas Indonesia masih tampil tenang sehingga gawangnya masih bisa terselamatkan.

Namun, Timnas Indonesia harus tertinggal satu gol pada menit ke-10. Muhammad Osamanmusa yang mampu lepas dari kawalan dari tim besutan Kensuke Takahashi, berhasil menceploskan bola dengan tenang usai menerima umpan matang dari rekannya lewat tendangan penjuru.

Usai tertinggal satu gol, Timnas Indonesia sebetulnya langsung merespons dengan cepat. Mulai dari Bambang Bayu Saptaji, Andri Kustiawan, hingga Muhammad Iqbal Iskandar berhasil menciptakan beberapa kali kesempatan. Hanya saja, serangan mereka acap kali gagal sebelum bola berhasil dilepaskan ke gawang Thailand.

Jelang laga berakhir, tepatnya menit ke-17, Suphawut Thueanklang mampu menggandakan keunggulan lewat second penalty, usai pemain Timnas Indonesia, Ardiansyah Runtboy melakukan pelanggaran yang ketujuh. Gol tersebut pun jadi penutup babak pertama sehingga Timnas Indonesia harus tertinggal 2-0 dari tamunya.

Memasuki babak kedua, Thailand mampu menambah keunggulan menjadi 3-0. Mereka berhasil memanfaatkan serangan balik setelah Timnas Indonesia gagal melakukan serangan. Warut Wangsama mampu mengakhiri serangan cepat dengan sontekan manis ke gawang Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia sebetulnya sudah mulai bisa menekan Thailand pada babak kedua. Beberapa peluang emas pun bisa diciptakan para penggawa Garuda. Namun, mereka masih saja termakan permainan sang lawan sehingga sesekali sering terpancing dan membuat gawang sendiri terancam.

Di sisa waktu babak kedua, Timnas Indonesia sebetulnya sudah berusaha mengejar ketertinggalan. Mereka melakukan power play, namun hal itu membuat pertahanan jadi menganga sehingga kebobolan dua gol lagi. Walhasil, skor 5-0 untuk keunggulan Thailand pun jadi hasil akhir laga pamungkas tersebut.

Hasil ini juga membuat Timnas Indonesia kembali gagal merusak dominasi Thailand yang sudah sejak tahun 2011 lalu selalu menjadi kampiun di ajang serupa. Terakhir, Thailand gagal adalah ketika kalah dari tangan Timnas Indonesia pada Piala AFF Futsal edisi 2010.

Baca Juga: Mengenal Kensuke Takahashi, Pelatih Pengukir Sejarah Timnas Futsal

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You