Comscore Tracker

Dibantai Uni Emirat Arab, Timnas Indonesia Masih Nirpoin

Timnas Indonesia terus ditekan sepanjang laga

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonsia harus menderita kekalahan untuk ketiga kalinya dalam kiprah mereka di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 usai ditumbangkan tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 5-0 di Stadion Al Maktoum, Dubai, Kamis (10/10).

Tampil di kandang lawan, Timnas Indonesia tampil lebih bertahan. Walhasil, sejak laga dimulai skuat Garuda terus ditekan oleh para pemain UEA. Beruntung, kuartet lini pertahanan Timnas Indonesia, yakni Gavin Kwan, Yanto Basna, Hansamu Yama, dan Ricky Fajrin masih tampil disiplin hingga laga berjalan 10 menit.

Tuan rumah tampil begitu agresif. Sebaliknya, Timnas Indonesia tetap bermain sabar dan menuggu momentum yang tepat untuk bisa melakukan serangan balik cepat.

Waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba. Alberto 'Beto' Goncalves mampu mencuri peluang untuk mencetak gol pada menit ke-16 usai berhadapan langsung dengan kiper UEA menerima umpan terobosan Zulfiandi. Namun, ia kehilangan momentum sehingga bola bisa direbut pemain UEA.

Setelah itu, Timnas Indonesia terus mendapatkan tekanan di sisa babak pertama. Serangan bertubi-tubi dilancarkan tim besutan Bert van Marwijk ke gawang Wawan Hendrawan. Tapi, hingga waktu memasuki menit ke-40 kedudukan masih belum berubah 0-0.

Alih-alih memaksakan hasil imbang, pertahanan Timnas Indonesia pun akhirnya bobol juga. Wawan Hendrawan membuat kesalahan karena umpan silang dari pemain UEA terlepas dari tangkapannya. Bola liar pun langsung dimanfaatkan Khalil Ibrahim. Keunggulan tuan rumah satu gol bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia masih belum lepas dari tekanan. Akibatnya, pada menit ke-50, pemain Timnas Indonesia lagi-lagi melakukan kesalahan dasar. Zulfiandi gagal memberikan back pass sehingga bola berhasil direbut Khalil Ibrahim yang langsung menyodorkan umpan matang ke kotak 12 pas.

Ali Mabkhout yang sudah berdiri bebas pun langsung melepaskan sepakan terukur yang tak bisa dijangkau Wawan. Skor pun berubah untuk keunggulan tuan rumah menjadi 2-0.

Tertinggal dua gol membuat mental Timnas Indonesia sedikit terganggu. Hal itu semakin bertambah usai Timnas kembali kebobolan oleh Ali Mabkhout lewat tendangan penalti usai Hansamu Yama melakukan handball di dalam kotak penalti.

Margin gol yang cukup jauh tak membuat Timnas Indonesia patah arang. Mereka coba bangkit dengan keluar menyerang. Hanya saja hal itu menyisakan celah di lini belakang yang mampu dimanfaatkan pemain UEA. Ali Mabkhout mencetak gol ketiganya dalam laga itu usai mengelabui Wawan. Skor pun berubah untuk keunggulan tuan rumah menjadi 4-0.

Di sisa babak kedua UEA masih saja memberondong jantung pertahanan Timnas Indonesia. Ketika laga akan berakhir, Tariq Ahmed mampu mencetak gol memanfaatkan bola liar. Timnas Indonesia juga tak mampu mengubah keadaan, sehingga laga ini harus berakhir untuk keunggulan tuan rumah 5-0.

 

Susunan pemain:

Uni Emirat Arab (4-3-3): Khalid Bilal; Mohamed Saleh, Walid Abbas, Mohamad Omar, Khalifa Mubarak; Ahmed Barman, Ali Hassan, Khalil Ibrahim/Omar Abdulrahman; Jassim Yaqoob/Ahmed Halil, Ali Saleh, Ali Ahmed.

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Wawan Hendrawan; Hansamu Yama, Yanto Basna, Gavin Kwan Adsit, Ricky Fajrin; Zulfiandi, Hanif Sjahbandi; Dendi Santoso, Irfan Bachdim/Manahati Lesitusen, Andik Vermansah/Saddil Ramdani; Alberto Goncalves/Stefano Lilipaly.

Baca Juga: Timnas Indonesia dan Sejarah Buruknya Kala Melawan Negara-Negara Arab

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You