Comscore Tracker

Dicemooh Suporter, Simon McMenemy Pasang Badan untuk Andritany

Pembelaan Simon agar Andritany mendapat respek dari suporter

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, membela kiper sekaligus kapten tim, Andritany Ardhiyasa, setelah mendapatkan cemoohan dari para suporter karena dianggap jadi biang keladi kekalahan skuat Garuda kalah 0-3 dari Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, (10/9).

"Dia bisa melakukan empat sampai lima penyelamatan dalam pertandingan (lawan Thailand), tapi satu kesalahan yang dia buat bisa berbuah gol. Kalau pemain lain selalu ada lapis, kalau dia melakukan kesalahan selalu dibantu oleh teman yang lain," ujar Simon kepada awak media.

1. Simon sebut kiper kadang dianggap pahlawan dan ada kalanya dicaci

Dicemooh Suporter, Simon McMenemy Pasang Badan untuk AndritanyIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Dalam laga tersebut, kiper Persija ini memang harus tiga kali memungut bola dari gawangnya. Hal itu membuat suporter kecewa sehingga meneriakan “boo” yang terdengar di seisi stadion, terlebih saat adik dari Indra Kahfi tersebut sedang memegang si kulit bundar.

"Terus kiper itu kan selalu hidup di ujung tanduk ya, jadi kadang dia pahlawan, kadang dia tiba-tiba langsung dilupakan atau dicaci sama orang lain," kata pelatih berpaspor Skotlandia tersebut yang dengan tegas membela anak asuhnya itu.

Baca Juga: Buat Blunder Berujung Penalti, Andritany Ardhiyasa Dicemooh Suporter

2. Semua pemain pun tertekan

Dicemooh Suporter, Simon McMenemy Pasang Badan untuk AndritanyDok. PSSI/Herka Yanis P

Dalam laga tersebut, Andritany memang mengemban beban berat. Lantaran, dirinya sempat mendapat kritikan tajam dari para pencinta sepabola Tanah Air, khususnya di jagat maya.

Tak sedikit pula orang-orang mengumpatnya akibat kekalahan Timnas Indonesia oleh Malaysia pekan lalu.

Wajar jika kiper berusia 27 tahun tersebut tertekan. Hal itu juga diakui oleh Simon. Bahkan, kata dia, tak cuma Andritany saja yang tertekan, semua pemain pun merasakan tekanan yang berat saat menjalani laga kedua melawan Thailand.

3. Simon jamin Andritany bakal bisa melewati tekanan suporter

Dicemooh Suporter, Simon McMenemy Pasang Badan untuk AndritanyIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Namun, Simon menjamin Andritany mau pun rekan-rekannya di Timnas Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan. Apalagi, ia merupakan kiper utama Persija yang sudah berpengalaman tampil dalam berbagai event mau pun kondisi tim yang sedang anjlok.

"Dan Andritany adalah kiper Persija, dia sudah sering main di keadaan yang sulit, stadion yang full juga. Kiper juga adalah posisi yang paling sulit dalam sepakbola," tukasnya.

Baca Juga: Andritany Ardhiyasa Mulai Menurun, Saatnya Timnas Ganti Kiper Utama?

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You