Comscore Tracker

Digaji Fantastis, Performa 5 Pemain Ini Justru Miris 

Pemain yang minim kontribusi dibayar lebih dari Rp3 miliar

Jakarta, IDN Times - Sejumlah kompetisi elite di Benua Eropa musim 2019/2020 telah rampung, di antaranya Premier League, LaLiga, dan Bundesliga. Para pemain pun sudah berusaha menunjukkan yang terbaik demi bisa berkontribusi untuk timnya.

Menariknya, tak semua pemain bisa tampil maksimal dalam kompetisi musim ini. Banyak faktor yang memengaruhi performa mereka di lapangan, mulai dari badai cedera sampai sulitnya beradaptasi dengan klub baru.

Permasalahan performa ini berlaku bagi semua pemain, termasuk pemain berlabel bintang yang ditebus dengan harga fantastis. Alih-alih bisa membantu tim, mereka malah sulit bersaing, bahkan dianggap sebagai pembelian gagal karena tampil buruk sepanjang musim.

Hal itu membuktikan jika pemain-pemain yang mendapatkan gaji miliaran setiap pekan ternyata tak memberi jaminan bisa berbuat banyak bagi klub. Walhasil, klub merasa rugi karena sudah merogoh kocek cukup dalam, tapi tak mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut ini pemain bintang dengan harga selangit namun tak bisa memberikan performa maksimal yang berhasil dihimpun IDN Times:

1. Gareth Bale (Real Madrid)

Digaji Fantastis, Performa 5 Pemain Ini Justru Miris Goal.com

Bintang Real Madrid Gareth Bale terus menjadi sasaran kritikan sejak kedatangannya ke Santiago Bernabeu, lantaran tak bisa memberikan kontribusi nyata untuk Los Blancos. Teranyar, andil Bale dinilai paling minim bagi Real Madrid musim ini.

Walau raksasa Liga Spanyol itu berhasil menjadi kampiun LaLiga 2019/2020, pemain asal Wales itu hanya berhasil mencetak dua gol saja di kompetisi domestik. Bahkan, musim ini dia membukukan catatan menit bermain paling sedikit sepanjang enam musim membela Real Madrid.

Terang saja, hal itu membuat fans El Real berang. Maklum, Bale merupakan pemain dengan gaji paling tinggi di Real Madrid. Bayarannya tak kurang dari 600 ribu pound sterling atau setara Rp11,3 miliar per pekan.

2. Alexis Sanchez (Inter Milan)

Digaji Fantastis, Performa 5 Pemain Ini Justru Miris twitter.com/ManUtdInPidgin

Pemain Manchester United yang tengah dipinjamkan ke Inter Milan, Alexis Sanchez, memiliki performanya yang tak istimewa, karena hanya mencatatkan 838 menit bermain dengan mencetak empat gol saja selama tampil di Serie A 2019/2020. Hal itu yang membuat il Nerazzurri tak mau memanenkan pemain berusia 31 tahun tersebut.

Sebelumnya, klub yang 100 persen memiliki Sanchez, Manchester United pun sepertinya sudah tak mau lagi mempertahankan sang pemain. Manajemen Setan Merah sudah gerah dan ingin segera melego dia lantaran permainannya di bawah ekspektasi, tapi punya gaji yang tinggi sekitar 500 ribu pound sterling atau Rp9,4 miliar per pekan.

Alih-alih menjadi kekuatan lini serang Manchester United yang tak memiliki striker berpengalaman, Sanchez lebih banyak jadi pemanis di bangku cadangan. Sejak didatangkan dari Arsenal, dia hanya bisa menorehkan 5 gol saja dalam 45 penampilannya di semua ajang.

3. Mesut Ozil (Arsenal)

Digaji Fantastis, Performa 5 Pemain Ini Justru Miris twitter.com/MesutOzilStats/

Setali tiga uang dengan Sanchez, Mesut Ozil, pun dianggap makan gaji buta di klubnya Arsenal. Sebab, sang pemain tak pernah menunjukkan performa terbaiknya selama membela Meriam London sejak didatangkan beberapa tahun silam, termasuk pada musim ini.

Pemain berpaspor Jerman tersebut sudah tak mentas di Premier League sejak projek restart Premier League digelar setelah kompetisi vakum beberapa bulan, karena pandemi virus corona (COVID-19). Padahal, klub harus mengeluarkan £350 ribu atau Rp6,5 miliar per minggu untuk membayarnya.

4. Ousmane Dembele (Barcelona)

Digaji Fantastis, Performa 5 Pemain Ini Justru Miris twitter.com/barcacentre

Ekspektasi Barcelona cukup tinggi saat mendaratkan Ousmane Dembele ke Camp Nou dari Borussia Dortmund. Dianggap punya potensi mumpuni untuk jadi suksesor Neymar yang dilepas ke PSG, Blaugrana rela mengeluarkan dana sebesar 140 juta euro atau Rp2,4 triliun memboyongnya.

Namun, semuanya tak berjalan mulus. Sang pemain justru tampil mengecewakan, karena tak kunjung menunjukkan penampilan terbaiknya. Bahkan, Dembele terhitung lebih sering bergelut dengan cederanya setiap musim, termasuk pada kompetisi edisi 2019/2020.

Pemain berpaspor Prancis itu tercatat baru tampil lima kali, tiga sebagai starter dengan total durasi 356 menit saja di LaLiga musim ini. Terang saja hal itu membuat Barcelona merugi, karena setiap pekan mereka mesti mengeluarkan biaya 210 ribu pound sterling atau Rp3,9 miliar.

5. Philippe Coutinho (Bayern Munich)

Digaji Fantastis, Performa 5 Pemain Ini Justru Miris chroniclelive.co.uk

Sejak dipinjam Bayern Munich dari Barcelona musim lalu, Philippe Coutinho tak menunjukkan penampilan yang mengesankan. Tak pernah sekalipun dirinya memperlihatkan penampilan ciamik seperti di Liverpool. Sehingga, juara Bundesliga 2019/2020 itu enggan untuk mempermanenkannya.

Selama satu musim ini pemain asal Brasil itu tak bisa mendapat kesempatan untuk meyakinkan Die Roten agar bisa dikontrak. Padahal, klub yang memilikinya saat ini, yakni Barcelona sudah terang-terangan ingin mendepaknya musim depan.

Klub asal Catalan itu memang sudah kadung rugi demi melego Coutinho sejak musim lalu. Barcelona sebetulnya memberikan opsi beli dengan mahar 120 juta euro atau setara Rp2,05 triliun di akhir pinjamkan ke Bayern Munich sampai akhir musim ini, tapi hal itu nampaknya akan sulit, ditambah gaji sang pemain yang mencapai 200 ribu pound sterling atau Rp3,7 miliar per pekan.

Baca Juga: 10 Potret Keren Gareth Bale, Pemain Termahal dalam Sejarah Real Madrid

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya