Comscore Tracker

Dipanggil Timnas Indonesia, Koko Ari: Saya Mimpi Aja Gak Pernah

Koko Ari belum pernah tampil bersama Persebaya di Liga 1

Jakarta, IDN Times - Pemain muda Persebaya Koko Ari Araya, masih tak percaya dirinya dipanggil Shin Tae-yong untuk bisa masuk skuat Timnas Indonesia dalam pemusatan latihan (TC) yang digelar di Stadion Madya, Jakarta pada 14-22 Februari 2020.

Maklum, dirinya tergolong anak baru dan belum pernah merasakan kompetisi resmi Liga 1.

"Saya belum pernah mimpi (masuk Timnas Indonesia). Yang pasti gak menyangka, ini pengalaman pertama. Baru dua kali main di Piala Gubernur Jatim 2020 dan Shin Tae-yong melihatnya, saya ternyata diminta masuk skuat Timnas Indonesia menjalani TC," kata Koko Ari kepada awak media, Selasa (18/2).

1. Koko Ari dipanggil Timnas Indonesia usai Shin Tae-yong melihatnya tampil di Piala Gubernur Jatim

Dipanggil Timnas Indonesia, Koko Ari: Saya Mimpi Aja Gak PernahLatihan Timnas Indonesia di Stadion Madya, Selasa (18/2) (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Pemanggilan Koko Ari memang bermula dari Piala Gubernur Jatim 2020. Ia mendapatkan kesempatan tampil pada ajang turnamen pramusim tersebut saat Persebaya bersua Bhayangkara FC.

Siapa sangka, Shin Tae-yong yang tengah mengamati pemain untuk masuk skuat Timnas Indonesia mencium bakat pemain berusia 20 tahun itu.

Koko mengakui jika dirinya diberi tahu untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia usai menjalani latihan pagi, sehari usai pertandingan Piala Gubernur. Kala itu, Aji Santoso yang memberi tahunya jika ia diminta bergabung dengan skuat besutan Shin Tae-yong.

Tak pelak, kesempatan yang jarang didapatkan ini bakal dia maksimalkan.

"Saya punya motivasi untuk buktikan diri kepada Shin Tae-yong, walau tak mematok target tinggi," ujar Koko Ari yang sedikit malu-malu saat menghadapi media.

Baca Juga: Shin Tae-yong: Kemampuan U-19 Tak Sehebat Timnas Senior, tapi...

2. Koko Ari masih merasa minder lantaran berlatih dengan pemain senior

Dipanggil Timnas Indonesia, Koko Ari: Saya Mimpi Aja Gak PernahPemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Namun demikian, Koko mengaku masih ada rasa minder yang dirasakan olehnya. Maklum, kali ini ia bersaing dengan pemain senior dan beberapa yang sudah punya pengalaman cukup banyak mentas di ajang nasional maupun internasional.

Tapi hal itu dipastikan tak akan mengganggu performanya dalam setiap latihan. Koko Ari mengaku sudah menyiapkan mental secara baik dan diberi masukan oleh senior-seniornya di Persebaya yang juga masuk dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia  ini.

3. Koko Ari punya kans jalani debut perdana bersama Timnas Indonesia

Dipanggil Timnas Indonesia, Koko Ari: Saya Mimpi Aja Gak PernahPemain muda Persebaya, Koko Ari yang dipanggil pertama kali untuk menjalani training center bersama Timnas Indonesia. persebaya.id

Terkait menu latihan skuat Garuda yang terus digenjot fisiknya oleh Shin Tae-yong, Koko Ari merasa tak masalah. Sebaliknya, ia justru merasa senang lantaran latihan fisik merupakan latihan yang menyenangkan, terutama lari lantaran dirinya sangat menyukai latihan tersebut.

Agenda pemusatan latihan Timnas Indonesia Senior kali ini bakal berlangsung sampai 22 Februari 2020. Kemungkinan di sela-sela waktu tersebut, Shin Tae-yong bakal memberikan kesempatan timnya beruji coba. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari persiapan menuju laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand dan Uni Emirat Arab.

Jika saja Koko Ari Araya mampu menunjukkan performa terbaiknya selama menjalani pemusatan latihan yang dipimpin Shin Tae-yong kali ini, bukan tak mungkin dirinya bakal masuk, bahkan menjalani debut perdana bersama Timnas Indonesia dalam ajang resmi.

Baca Juga: Nadeo Argawinata Nikmati "Siksaan Fisik" ala Shin Tae-yong di Timnas

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya