Comscore Tracker

Dipecat Barcelona, Ini Nilai Kompensasi yang Diterima Ronald Koeman 

Jumlahnya mencapai ratusan miliar!

Jakarta, IDN Times - Barcelona harus membayar kompensasi kepada Ronald Koeman yang baru saja dicopot dari kursi pelatih. Pasalnya, pelatih asal Belanda itu dipaksa mengakhiri kerja sama lebih cepat dari durasi kontrak yang disepakati.

Sebelumnya, Blaugrana resmi mengumumkan pememecatan Koeman pada Kamis dini hari (28/10/2021). Keputusan itu diambil setelah Barcelona kalah dari Rayo Vallecano dengan skor 0-1.  Walhasil, posisinya untuk sementara waktu digantikan Sergi Berjuan dari Barcelona B.

Dilansir El Pais, pelatih berusia 58 tahun itu sebetulnya masih menyisakan kontrak hingga 30 Juni 2022. Sehingga Barcelona harus merogoh kocek sebesar 12 juta euro atau Rp197 miliar, untuk bisa membayar kompensasi kepada eks pelatih Everton tersebut. 

1. Koeman ternyata punya klausul perpanjangan kontrak dengan Barcelona

Dipecat Barcelona, Ini Nilai Kompensasi yang Diterima Ronald Koeman Ronald Koeman (skysports.com)

Sebetulnya, Barcelona berpotensi mengeluarkan dana yang lebih besar usai memecat Koeman. Sebab, laporan El Club de la Mitjanit menyebut, sang pelatih sudah membuat klausul dengan Barcelona. Ia akan mendapatkan bayaran 14 juta euro atau sekitar Rp230 miliar andai tak dapat tawaran bertahan setelah durasi kontrak pertamanya habis.

Masalahnya, kali ini ia dipecat di tengah kompetisi, saat kontraknya belum habis, dan sudah tak mungkin lagi untuk memperpanjang kerja sama di Camp Nou. Hal itu justru membuat Koeman punya peluang mendapat pesangon, sekaligus pembayaran klausul yang tak berjalan semestinya.

Jika dikalkulasikan, Koeman bakal menerima Rp425 miliar jika pesangon dan klausul kontraknya dibayar Barcelona. 

Baca Juga: Ronald Koeman Dipecat Barcelona, Ini 5 Calon Penggantinya

2. Hanya bisa mempersembahkan satu gelar Copa del Rey

Dipecat Barcelona, Ini Nilai Kompensasi yang Diterima Ronald Koeman Pelatih Barcelona, Ronald Koeman. (fifa.com).

Koeman sendiri hanya bertahan setahun lebih di Barcelona. Ia datang menggantikan posisi Quique Setien, yang sebelumnya juga diberhentikan manajemen. Total, ia sudah menghabiskan 67 pertandingan dengan meraih 40 kemenangan, 11 imbang, dan 16 kali kalah.

Pelatih yang sempat menangani Timnas Belanda itu juga sempat mempersembahkan satu gelar bagai para pendukung klub asal Catalan. Ia mampu membawa Lionel Messi cs. Tahun lalu jadi juara Copa del Rey.

Namun demikian, hasil itu tak cukup bagus, karena Barcelona tak bisa berbuat banyak di Liga Champions dan hanya bisa finish di peringkat tiga di Laliga edisi sebelumnya. Catatan di kompetisi domestik itu bahkan jadi rekor terburuk Barca dalam 13 tahun terakhir.

3. Ada 5 nama yang mencuat jadi suksesor Koeman di Barca

Dipecat Barcelona, Ini Nilai Kompensasi yang Diterima Ronald Koeman Xavi Hernandez (90min.com)

Barcelona kini harus bekerja keras mencari pengganti Koeman. Namun, beberapa nama sudah masuk list untuk jadi suksesor pelatih asal Belanda tersebut untuk melanjutkan musim ini.

Nama legenda Barcelona, Xavi Hernandez, masuk dalam bursa suksesor Koeman di Barcelona. Ia saat ini tercatat masih melatih klub Qatar, Al Sadd. Total, sudah enam gelar ia catatkan selama berkarier jadi pelatih profesional di sana.

Selain Xavi, ada juga nama Roberto Martinez, pelatih Ajax Amsterdam yang tengah naik daun Erik Ten Hag, Ralf Rangnick, hingga pelatih River Plate, Marcelo Gallardo.

Hanya saja, sampai saat ini manajemen Barcelona masih bungkam terkait siapa yang bakal jadi pelatih Memphis Depay dan kolega. Tak pelak, dalam beberapa pekan ke depan para pendukung masih harus bersabar dan melihat Barcelona ditangani Sergi Berjuan.

Baca Juga: 5 Kekalahan yang Bikin Ronald Koeman Dipecat Barcelona

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya