Comscore Tracker

Dipermalukan Melbourne Victory, Bali United Gagal Melaju ke LCA 2020

Bali United dicukur Melbourne Victory lima gol tanpa balas!

Jakarta, IDN Times - Bali United gagal melangkah ke babak final AFC Champions League 2020. hal itu dipastikan usai mereka kalah telak dari tuan rumah Melbourne Victory 5-0 dalam laga babak dua kualifikasi ACL yang dihelat di AAMI Park Stadium, Melbourne, Selasa (21/1).

Bertandang ke markas Melbourne Victory tak membuat Bali United gentar. Dimotori oleh Stefano Lilipaly, Melvin Platje, Brwa Nouri, mereka berani keluar menyerang. Hanya saja, hingga laga berjalan tujuh menit, Bali United masih kesulitan untuk menembus pertahanan Melbourne Victory.

Tuan rumah justru mampu unggul lebih dulu lewat gol yang diciptakan Migjen Basha pada menit ke-14. Pemain berpaspor Swiss tersebut mampu memanfaatkan umpan Elvis Kamsoba di dalam kotak penalti sebelum melepaskan tembakan akurat yang tak mampu dijangkau Wawan Hendrawan.

Tertinggal satu gol membuat Bali United keluar menyerang. Maklum mereka tak diberi pilihan lain selain meraih tiga poin guna memperpendek langkah mereka lolos ke babak utama AFC Champions League 2020. Hanya saja, hingga 10 menit waktu berjalan, Yabes Roni dan kolega masih belum bisa mengubah kedudukan.

Bali United sebetulnya mendapatkan peluang emas pada menit ke-30. Melalui aksi individu Ricky Fajrin di sisi kanan pertahanan Melbourne Victory, ia mampu melepaskan umpan silang mendatar ke depan mulut gawang Lawrence Thomas. Sayang, sepakan Platje masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Pasukan Serdadu Tridatu justru harus tertinggal 2-0 dari Melbourne Victory. Robbie Kruse yang mampu menyisir sayap kiri pertahanan Bali United, mampu mengirimkan umpan matang ke depan kotak penalti lawan yang langsung disambar Josh Hope pada menit ke-36.

Pada sisa babak pertama, tim besutan Stefano Cugurra sebetulnya mampu menguasai jalannya pertandingan. Beberapa peluang pun masih bisa diciptakan. Namun, hingga jeda babak pertama Bali United gagal memperkecil kedudukan.

Memasuki babak kedua, Bali United semakin tampil terbuka. Mereka mencoba mengejar ketertinggalan untuk bisa menyambung napas di babak kualifikasi. Namun, tetap saja, kokohnya pertahanan yang digalang James Donachie masih sangat menyulitkan para penyerang Bali United.

Sebaliknya, lini pertahanan Bali United menyisakan cela menganga. Walhasil, Melbourne Victory kembali memperlebar skor menjadi 3-0. Kali ini giliran Robbie Kruse yang mampu membuat gawang Wawan kembali bergetar usai memanfaatkan umpan matang Anthony Lesiotis di dalam kotak penalti.

Tertinggal tiga gol membuat Teco melakukan perubahan. Ia memasukkan Sidik Saimima menggantikan Fadil Sausu dan M. Rahmat mengganti Yabes Rony. Hal itu ternyata membuat lini serang Bali United semakin hidup.

Memasuki menit ke-68, Bali United sebetulnya hampir mencetak gol untuk memperkecil kedudukan. Melalui serangan balik, M. Rahmat dan Platje berhasil melakukan kombinasi yang sangat baik, hanya saja sepakan mantan pemain PSM itu masih meleset ke atas mistar gawang Melbourne Victory.

Tuan rumah juga mampu menciptakan peluang 15 menit sebelum laga berakhir. Kerja sama apik Kamsoba dengan pemain pengganti Ola Toivonen membuat lini pertahanan Bali United kocar-kacir. Beruntung, Kamsoba yang sudah berdiri bebas tak mampu menjangkau umpan matang Toivonen di dalam kotak penalti.

Bali United semakin jadi pesakitan dalam laga ini usai kembali kebobolan pada menit ke-85. Berawal dari kemelut di depan gawang, pemain Bali United mampu membuang bola ke luar kotak penalti. Tapi, bola mengarah ke pemain Melbourne Victory, Ola Toivonen langsung melepaskan sepakan voli cantik yang melesat ke gawang Bali United yang sudah kosong.

Lagi-lagi, Bali United kebobolan untuk kelima lainya semenit jelang laga berakhir. Elvis Kamsoba yang berhasil melewati Pacheco di pertahanan lawan, langsung berhadapan dengan Wawan. Hasilnya, Kamsoba mampu menceploskan bola ke gawang Wawan dengan mudah dan membuat Melbourne Victory unggul 5-0.

Bali United sebetulnya sudah berusaha untuk membuat gol penghibur pada sisa waktu babak kedua. Hanya saja, sampai peluit panjang dibunyikan, Bali United tak mampu mengubah kedudukan. Mereka pun harus puas kalah dari tuan rumah Melbourne Victory 5-0. Hasil tersebut memastikan Bali gagal melaju ke babak utama AFC Champions League 2020.


Susunan pemain:

Melbourne Victory (4-2-3-1): Lawrence Thomas; Storm Roux, James Donachie, Leigh Broxham/Benjamin Carrigan, Adama Traore; Migjen Basha/Jay Barnett, Anthony Lesiotis; Andrew Nabbout, Josh Hope, Elvis Kamsoba; Robbie Kruse/Ola Toivonen.

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan; Ricky Fajrin, Haudi Abdillah, William Pacheco, Dias Angga Putra; Fadhil Sausu/Siddik Saimima, Brwa Nouri, Paulo Sergio; Stefano Lilipaly/Gavin Kwan Adsit, Melvin Platje, Yabes Roni/M. Rahmat.

Baca Juga: Liga Champions Asia 2020: Bali United Siap Kejutkan Melbourne Victory!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya