Egy Maulana Janji Tampil All Out saat Timnas Indonesia Lawan Vietnam

Egy mencetak satu gol saat skuad Garuda imbangi Thailand

Jakarta, IDN Times - Egy Maulana Vikri siap tampil habis-habisan saat Timnas Indonesia tampil dalam laga ketujuh Grup G babak Kulaifikasi Piala Dunia 2022. Bentrok dengan Vietnam  di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6/2021), skuad Garuda ingin melanjutkan tren positif dalam duel nanti.

Sebelumnya, Egy menunjukkan kontribusi maksimal saat Timans Indonesia bermain imbang dengan Thailand 2-2. Ia bahkan mencetak satu gol penyamaan kedudukan di babak pertama. Sayang, pada babak kedua ia ditarik keluar lapangan lantaran menderita cedera.

"Dari saya, para pemain sudah siap untuk laga besok, jadi tidak ada masalah, lalu pemain percaya diri karena hasil saat tim melawan Thailand, dan semua pemain bekerja keras untuk itu, pemain akan memberikan yang terbaik, kami berharap mendapatkan hasil positif besok," kata Egy di jumpa pers jelang laga.

Baca Juga: Masih Jetlag, Egy Maulana Vikri Tancap Gas Bareng Timnas

1. Egy Maulana dan kolega sudah lupakan kekalahan di leg perdana

Egy Maulana Janji Tampil All Out saat Timnas Indonesia Lawan VietnamInstagram/egymaulanavikri

Pemain Lechia Gdansk ini memastikan, timnya sudah melupakan kekalahan menyakitkan dari Vietnam pada laga leg pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Sebaliknya, mereka justru termotivasi bisa memberikan yang terbaik dan mengusung misi balas dendam dalam pertemuan keduanya ini.

“Mengenai kekalahan timnas sebelumnya di kualifikasi ini, bagi pemain masa lalu adalah sejarah, jadi kami harus menatap masa depan, semua orang akan melupakan itu, tapi kita belajar dari situ, kita belajar semuanya saat kalah, kita belajar bagaimana kita bermain, kita belajar dari kesalahan yang kita buat," ujar Egy.

"Jadi laga nanti kami tidak ingin membuat kesalahan yang sama. Lawan Vietnam, kami akan berjuang lebih lagi dari laga sebelumnya. Jadi kami ingin menang di laga esok. Semua pemain akan bekerja keras untuk itu," lanjut pemain berusia 20 tahun itu.

2. Tren kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam menurun

Egy Maulana Janji Tampil All Out saat Timnas Indonesia Lawan VietnamPemain Vietnam Doao Van Hau mencetak gol ke gawang Indonesia pada final SEA Games 2019 (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Duel nanti bakal jadi pertemuan ke-24 bagi Timnas Indonesia melawan Vietnam. Sejauh ini, mereka masih bisa mengungguli Vietnam dengan sembilan kemenangan, sembilan imbang, dan enam kali menderita kekalahan.

Namun, dalam enam laga yang terjadi dalam lima tahun terakhirnya, tren kemenangan Timnas Indonesia terus menurun. Vietnam justru punya catatan lebih baik jika bersua skuad merah putih di beberapa ajang. 

Timnas Indonesia hanya bisa meraih satu kemenangan saja saat melawan Vietnam. Sisanya, mereka hanya bisa mengakhiri laga dengan dua kali imbang dan dua kali mengalami kekalahan atas lawannya itu.

Baca Juga: Shin Tae Yong Waspadai Vietnam yang Bisa Merepotkan Timnas Indonesia

3. Shin Tae Yong waspadai kekuatan lawannya

Egy Maulana Janji Tampil All Out saat Timnas Indonesia Lawan VietnamLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Hal itu menjadi kewaspadaan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. Selain itu, pelatih Korea Selatan itu juga menyoroti penampilan Vietnam yang punya keseimbangan bagus dalam permainan. Mereka dinilai punya kekuatan dalam hal menyerang dan bertahan yang sama bagusnya.

“Daya juang mereka baik, timnya juga baik, sehingga mendapatkan peringkat satu di grup, saya juga menonton pertandingan mereka sebelumnya, mereka seimbang saat menyerang dan bertahan,” ujar Shin.

Timnas Indonesia sendiri dipastikan bakal bisa tampil dengan kekuatan penuh dalam duel melawan Vietnam nanti malam. Hal itu membuat mereka percaya diri bisa tampil maksimal, sehingga berpeluang meraih hasil terbaik saat bentrok nanti.

Baca Juga: Misteri Masa Depan Egy Maulana Vikri di Lechia Gdansk

Topik:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya