Elkan Baggot, Pemuda Indonesia Pertama yang Main di Kompetisi Inggris

Bagaimana kelanjutan karier Elkan Baggott?

Jakarta, IDN Times - Elkan Baggott baru saja mencatatkan sejarah di Inggris. Dia menjadi pemain Indonesia pertama yang tampil di kompetisi Inggris, saat berlaga bersama Ipswich Town sebagai starter dalam duel kontra Roterham United, Sabtu (16/4/2022).

Dalam duel itu, Elkan tampil sebagai starter. Dia main sejak menit awal hingga akhir. Sayangnya, Elkan gagal membawa Ipswich menang. Justru, Ipswich kalah dalam duel tersebut.

Hanya saja, penampilan Elkan menuai pujian dari manajer Kierran McKenna. Menurut McKenna, Elkan tampil solid.

"Bukan keputusan mudah karena menurunkan pemain yang belum berlaga di laga kompetitif. Namun, jadi hal penting buat kami untuk memberikan kesempatan dan menunjukkan ada pemain muda yang punya potensi. Itu yang terjadi terhadap Elkan. Saya rasa, dia bisa berpuas diri atas performanya. Saya berharap dia bisa dulang pengalaman dari sini," ujar McKenna dilansir EADT.

1. Pilih Indonesia ketimbang Thailand atau Inggris

Elkan Baggot, Pemuda Indonesia Pertama yang Main di Kompetisi InggrisPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Pemain yang memiliki posisi natural sebagai bek tersebut memiliki darah keturunan Indonesia dari ibunya. Dia sempat tinggal di Tanah Air, tepatnya kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, dan menjalani pendidikan formal di British School of Jakarta hingga 2008.

Elkan akhirnya memilih hengkang ke Negeri Ratu Elizabeth bersama keluarganya pada 2011, saat usianya menginjak sembilan tahun. Di sana, dia sempat mendapatkan beasiswa selama dua tahun. Selain itu, dia juga berkesempatan menimba ilmu sepakbola di Tottenham Hotspur dan tampil dalam turnamen The Future U-18 Cup.

Ketika beranjak dewasa, Elkan pada akhirnya memilih buat menyandang status warga negara Indonesia (WNI). Dia mendapatkan KTP pada akhir 2021 lalu, ketika Indonesia hendak main di Piala AFF 2020.

"Saya memutuskan menjadi seorang WNI, alasan utamanya adalah keluarga. Saya sangat bangga bisa mewakili keluarga dan negara (saat membela Timnas Indonesia). Alasan berikutnya, ya karena cinta fans yang membuat saya merasa berada di rumah sendiri," kata Elkan saat ditemui IDN Times usai menjalani latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, 10 November 2021 lalu.

Baca Juga: Sinyal Elkan Baggott Tak Bisa Bela Timnas U-23 di SEA Games 2021

2. Elkan Baggot tembus tim utama Ipswich

Elkan Baggot, Pemuda Indonesia Pertama yang Main di Kompetisi Inggrispotret Elkan Baggott (instagram.com/elkanbaggott)

Elkan kini bisa berbangga. Sebab, perjuangannya selama meniti karier di Inggris mulai menemui hasil. Setelah menyandang ban kapten tim U-18 Ipswich, Elkan sudah promosi ke tim utama.

Kemarin, dia tampil di laga melawan Roterham. Memang, bisa dibilang Elkan beruntung bisa main sebagai starter karena bek tengah utama Ipswich, Cameron Burgess, harus absen akibat akumulasi kartu.

Namun, McKenna sejatinya sudah melihat potensi Elkan sejak lama. McKenna bahkan sampai menahan Elkan buat tak gabung Timnas Indonesia U-23 lantaran melihat peran sentralnya di Ipswich.

"Elkan terlibat dalam beberapa kali latihan bersama skuad dan sudah lama gabung. Jadi, penting bagi kami untuk menahannya hingga akhir musim," ujar McKenna pada 7 April 2021 lalu. 

3. Kadung cinta Indonesia

Elkan Baggot, Pemuda Indonesia Pertama yang Main di Kompetisi InggrisInstagram/@elkanbaggott

Elkan membeberkan alasan kuat kenapa memilih untuk membela Timnas Indonesia nantinya. Menurut dia, jiwa Indonesia sudah terpatri karena pertama kali dirinya mengenal dunia bal-balan adalah ketika tinggal di Indonesia. Dia ak mungkin begitu saja mengabaikan negara yang sudah mengenalkan sepakbola yang kini jadi impiannya.

Dengan kemampuan mumpuni dan pengalaman Elkan tampil di kompetisi Inggris, serta usianya yang masih muda, bisa saja menjadi generasi baru Timnas Indonesia. Bukan tak mungkin, Elkan menjadi pionir pemain Indonesia buat tembus ke kompetisi Inggris.

Baca Juga: Elkan Baggott Catat Sejarah di Inggris Bareng Ipswich Town

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya