Comscore Tracker

Elkan Baggot, Pemuda Inggris yang Ingin Bela Timnas Indonesia

Adakah peluang Elkan Baggot untuk membela tim Garuda?

Jakarta, IDN Times - Indonesia otomatis mendapatkan satu tiket lolos ke Piala Dunia U-20 2021 karena dipilih menjadi tuan rumah. Beberapa pemain muda pun berpeluang untuk tampil dalam turnamen akbar tersebut seperti, Bagus Kahfi, Beckham Putra, sampai David Maulana yang tergabung bersama Timnas U-19.

Tapi, di luar itu ada nama lain yang memiliki mimpi besar untuk bisa tampil di Piala Dunia U-20 dua tahun nanti dengan seragam merah putih. Ia adalah pemain asal Inggris bernama Elkan Baggot. Baggot diketahui merupakan pemain berdarah Indonesia yang tengah menimba ilmu di akademi Ipswich Town.

“Saya mau membantu Indonesia naik peringkat di FIFA. Saya juga ingin membawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia, dan meraih trofi. Keinginan saya hanya membuat keluarga dan bangsa ini (Indonesia) bangga,,” kata pemain dengan tinggi 194 cm itu dikutip dari Football Tribe Asia.

Adakah peluang bagi pemain berusia 15 tahun itu nantinya membela Indonesia?

1. Baggot pindah ke Inggris dan memperkuat Ipswich Town

Elkan Baggot, Pemuda Inggris yang Ingin Bela Timnas IndonesiaInstagram/@elkanbaggott

Pemain yang memiliki posisi natural sebagai bek tersebut memiliki darah keturunan Indonesia dari ibunya. Ia sendiri sempat tinggal di Tanah Air, tepatnya di Bintaro, Tangerang Selatan dan menjalani pendidikan formal di British School of Jakarta hingga 2008.

Ia memilih hengkang ke Negeri Ratu Elizabeth bersama keluarganya pada 2011 saat usianya menginjak sembilan tahun. Di sana, ia sempat mendapatkan beasiswa selama dua tahun. Selain itu, ia juga berkesempatan menimba ilmu sepakbola di Tottenham Hotspur dan tampil dalam turnamen The Future U-18 Cup.

Baca Juga: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Apa yang Disiapkan Wishnutama?

2. Elkan Baggot mampu meraih prestasi bersama Ipswich Town

Elkan Baggot, Pemuda Inggris yang Ingin Bela Timnas IndonesiaInstagram/@elkanbaggott

Tak lama berselang, Baggot pindah ke Ipswich Town. Ia di sana mampu memberikan kontribusi maksimal dan membawa timnya  menaklukkan klub-klub besar macam Manchester United dan Tottenham Hotspur. Ia pun berhasil mempersembahkan gelar juara bagi timnya di ajang Hospital Cup Inggris.

Dengan segudang pengalaman tersebut, Baggot ingin dirinya bisa dilirik pelatih Timnas Indonesia agar bisa masuk ke dalam skuat utama. Ia merasa yakin bisa menunjukkan kemampuan terbaik dan mengangkat prestasi Indonesia di kancah dunia ke depan.

3. Indonesia punya andil besar mengenalkan sepakbola pada Baggot

Elkan Baggot, Pemuda Inggris yang Ingin Bela Timnas IndonesiaInstagram/@elkanbaggott

Ia pun membeberkan alasan kuat kenapa memilih untuk membela Timnas Indonesia nantinya. Menurut dia, jiwa Indonesia sudah terpatri karena pertama kali dirinya mengenal dunia bal-balan adalah ketika tinggal di Indonesia. Ia tak mungkin begitu saja mengabaikan negara yang sudah mengenalkan sepakbola yang kini jadi impiannya.

Dengan kemampuan mumpuni dan pengalaman Baggot tampil di kompetisi Inggris, serta usianya yang masih bisa masuk, ia berpeluang masuk untuk membela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 dua tahun nanti. Apalagi, ia bisa menjadi alternatif lain bagi pelatih Timnas Indonesia menjadi bek potensial.

Baca Juga: [FOTO] 10 Stadion yang akan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Santi Dewi

Just For You