Elkan Baggott Bisa Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022!

Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh masih belum rampung

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, mendapatkan kabar baik dari pemain andalannya Elkan Baggott. Pemain yang kini dipinjamkan ke Gillingham FC itu, menyatakan siap membela skuad Garuda di Piala AFF 2022.

Baggott memastikan bisa ke Indonesia lantaran jadwal League Two Inggris melandai pada musim dingin. Terlebih, ada Piala Dunia 2022 yang digelar mulai 20 November-18 Desember mendatang. 

"Cuaca bakal dingin dan jadwal kompetisi akan melandai. Apalagi, bakal ada Piala Dunia. Saya bakal mewakili Indonesia, plus melakukan perbaikan mental. Saya bakal ke Indonesia dan kembali [ke Gillingham] dengan eneri baru,” kata Elkan diktuip laman resmi Gillingham.

1. Elkan Baggott pemain kunci Timnas Indonesia

Elkan Baggott Bisa Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022!potret Baggott selebrasi (instagram.com/elkanbaggott)

Kabar ini tentu jadi angin segar bagi Timnas Indonesia. Sebab, mereka butuh pemain-pemain bagus untuk bisa mewujudkan mimpi meraup gelar perdananya di Piala AFF. Baggott sendiri menjelma jadi andalan Timnas Indonesia di lini belakang. 

Perannya tak tergantikan sebagai palang pintu yang kuat menjaga kedalaman skuad Timnas Indonesia. Teranyar, dia mampu membawa Timnas Indonesia menang dua kali atas Curacao dalam laga bertajuk FIFA Matchday pada 24 dan 27 September 2022. 

Baca Juga: Elkan Baggott: Shin Tae Yong Membentuk Saya di Timnas Indonesia

2. Baggott sebelumnya sempat diragukan tampil di Piala AFF 2022

Elkan Baggott Bisa Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022!potret Elkan Baggott (instagram.com/elkanbaggott)

Sebelumnya, Baggott diragukan mentas di Piala AFF. Sebab, dia harus membela klubnya di Inggris. Di sisi lain, dia juga menjadi pemain andalan klub kasta ketiga Liga Inggris tersebut. Alhasil, peluangnya untuk membela Timnas Indonesia menipis.

Bukan apa-apa, Piala AFF sebagaimana diketahui merupakan ajang yang ada di luar kalender FIFA. Sehingga, klubnya kemungkinan besar akan sulit memberikan izin untuk membela Indonesia.

3. Baggott bisa tampil, tapi Sandy Walsh dan Jordi Amat masih abu-abu

Elkan Baggott Bisa Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022!Jordi Amat dan Sandy Walsh. (pssi.org)

Sampai saat ini baru Baggott saja yang dipastikan bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Dua pemain keturunan yang tengah melakukan proses naturalisasi belum bisa menjamin tampil di ajang tersebut. Mereka masih belum bisa apa-apa hingga paspor bisa diterbitkan.

Jordi Amat dan Sandy Walsh tentu bakal membuat skuad Timnas Indonesia di Piala AFF cukup mengerikan. Jika ditampilkan bersama Elkan Baggott, bukan tak mungkin mimpi meraup gelar juara tersebut bakal terbuka lebar.

Baca Juga: Elkan Baggot, Pemuda Indonesia Pertama yang Main di Kompetisi Inggris

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya