Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri Bisa Tampil di Piala AFF

Timnas Indonesia bakal TC di Turki sebelum ke Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, memastikan jika Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri bisa bermain di Piala AFF 2020. Makanya, mereka sengaja dibawa oleh Shin untuk yang menjalankan pemusatan latihan (TC) di Turki.

Sebelumnya, mencuat informasi jika kedua pemain tersebut tak bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF kali ini. FK Senica dan Ipswich Town, selaku klub pemilik Egy serta Elkan, tak memberikan lampu hijau, karena ajang tersebut tak terhitung dalam kalender FIFA.

"Sebenarnya mereka dipanggil juga untuk Timnas Indonesia di Piala AFF. Entah, saya juga bingung dapat informasi dari mana (tak dapat izin). Elkan dan Egy sudah dapat izin untuk main di ajang tersebut," kata Shin usai memimpin latihan di Lapangan B Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa malam (9/11/2021).

1. Elkan bakal dapat KTP Indonesia

Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri Bisa Tampil di Piala AFFPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Walau tak masuk dalam kalender FIFA, Piala AFF sebetulnya sudah masuk dalam turnamen kategori A. Walhasil, ajang tersebut sudah masuk hitungan dalam ranking FIFA. Hanya saja, biasanya para pemain sulit mendapatkan izin bermain, karena digelar saat kompetisi berlangsung.

Kedua pemain ini memang belum bisa bergabung dalam latihan Timnas Indonesia yang digelar di Jakarta. Sebab, Egy masih berada di Slovakia dan Elkan masih disibukan untuk isolasi mandiri, sekaligus mengurus administrasi untuk bisa tampil nantinya.

Elkan, pada Selasa ini, telah merampungkan proses pembuatan KTP. Dia sudah melakukan perekaman data di Ditjen Dukcapil Kemendagri, Jakarta Selatan. Dia kini tengah menunggu hasil cetak dari kartu pengenal tersebut.

Baca Juga: Piala AFF: Timnas Cuma Bisa Pakai 2 Pemain Per Klub

2. Egy bakal menyusul Timnas Indonesia ke Turki

Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri Bisa Tampil di Piala AFFInstagram/@egymaulanavikri

Proses yang dilakukan Elkan memang tak sama dengan pemain naturalisasi. Sebab, dia merupakan anak hasil dari pernikahan campuran antara orang Indonesia (ibu) dan Inggris (bapak). Hal itu membuatnya cukup memilih kewarganegaraan yang diinginkan saja saat beranjak dewasa.

Sementara, Egy dipastikan bakal langsung terbang ke Turki dari Slovakia. Dia tak akan ikut rombongan Timnas Indonesia yang dijadwalkan berangkat pada Kamis (11/11/2021). 

Hal itu memastikan keduanya bakal ambil bagian dalam laga uji coba yang digelar di Turki. Pertama, tim besutan Shin Tae Yong bakal berhadapan dengan Afghanistan pada 16 November dan Myanmar pada 25 November 2021.

3. Skuad Garuda berada di grup berat saat mentas di Piala AFF

Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri Bisa Tampil di Piala AFFTimnas U-23 menaklukkan Tajikistan dalam laga uji coba pada Selasa (19/10/2021). (Dok. PSSI).

Usai menjalani TC di Turki, Elkan dan Egy pun bakal dibawa ke Piala AFF yang digelar di Singapura. Timnas Indonesia bakal bertarung bersama Vietnam, Malaysia, Laos, dan Myanmar di penyisihan Grup B.

Timnas Indonesia bakal mengawali kiprahnya di ajang tersebut melawan Kamboja pada 9 Desember 2021. Tiga hari berselang, mereka ditunggu Laos dalam laga kedua fase awal kompetisi paling elite di Asia Tenggara ini.

Usai berhadapan dengan kedua tim itu, Timnas Indonesia bakal bersua klub unggulan secara beruntun, yakni Vietnam (15 Desember) dan Malaysia (19 Desember). Tentu itu jadi tantangan berat yang harus dihadapi Egy dan kolega jika ingin melaju ke fase gugur.

Timnas Indonesia memang belum pernah mencatatkan diri sebagai juara di Piala AFF. Walau sudah lima kali tampil di laga final, tak satupun trofi yang berhasil digondol. Thailand merupakan tim yang paling sukses sepanjang sejarah ajang ini berlangsung.

Baca Juga: Shin Tae Yong Ganti Satu Pemain di Timnas Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya