Comscore Tracker

Elkan Baggott Diincar Manchester United hingga Everton?

Baggott bisa jadi pemain Indonesia pertama di Premier League

Jakarta, IDN Times - Kabar mengejutkan datang dari Penggawa Timnas U-19, Elkan Baggott yang tengah berkarier di Inggris. Dia kini dilirik tiga klub besar Premier League, yakni Manchester United, Everton, dan West Ham.

Isu tersebut mencuat usai akun Rising Ballers mengunggah ketertarikan ketiga klub itu terhadap pemain Ipswich Town itu.

"Penampilan Elkan Baggott di Ipswich Town telah membuat heboh. Bukan kejutan jika sejumlah klub tertarik merekrutnya. Jika Anda diberi tawaran serupa, Apakah keputusan anda tetap bertahan, bergabung dengan West Ham United, Everton, atau Manchester United?" tulis Rising Ballers.

1. Aturan di Premier League bakal sulitkan penggawa Timnas U-19 itu?

Elkan Baggott Diincar Manchester United hingga Everton?Pemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Kontrak Elkan Baggott sendiri bakal berakhir pada 30 Juni 2021, namun sampai sejauh ini Ipswich Town belum melakukan negosiasi ulang. Jika kabar itu benar, akan jadi keuntungan bagi Baggott bisa menjadi pemain Indonesia pertama di Premier League.

Jika menilik peluangnya tampil bersama klub Premier League, memang cukup berat. Operator kompetisi mewajibkan setiap pemain asing yang tampil di sana, harus berasal dari negara dengan ranking FIFA minimal 70 dalam waktu dua tahun terakhir.

Peringkat FIFA menunjukkan jika Indonesia berada di peringkat ke-173. Jika merunut regulasi itu, Baggott dipastikan tak bisa tampil memperkuat klub-klub Liga Inggris.

Namun tak perlu khawatir, dia masih punya peluang mentas baik bersama Manchester United atau Everton. Dia bisa masuk sebagai pemain berstatus homegrown, yakni pemain yang usianya belum menginjak 21 tahun dan sudah tiga tahun atau lebih dibina oleh klub Inggris.

Hal serupa juga dialami pemain Burnley, Chris Wood. Meski negara asalanya Selandia Baru tak masuk peringkat 70 besar FIFA, dia bisa tampil di Premier League lantaran sejak kecil sudah bermain di Inggris.

2. Elkan Baggott sempat seleksi bersama Timnas U-19

Elkan Baggott Diincar Manchester United hingga Everton?Pemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Elkan Baggott sempat dipanggil Shin Tae-yong untuk menjalani pemusatan latihan (TC) Timnas U-19 di Kroasia dan Jakarta beberapa waktu lalu. Ia punya mimpi membantu Indonesia naik peringkat di FIFA, membawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia, dan meraih banyak trofi.

"Keinginan saya hanya membuat keluarga dan bangsa ini (Indonesia) bangga," kata pemain dengan tinggi 194 cm itu dikutip dari Football Tribe Asia.

Pemain yang memiliki posisi natural sebagai bek tersebut memiliki darah keturunan Indonesia dari ibunya. Ia sendiri sempat tinggal di tanah air, tepatnya di Bintaro, Tangerang Selatan dan menjalani pendidikan formal di British School of Jakarta hingga 2008.

Ia memilih hengkang ke Negeri Ratu Elizabeth bersama keluarganya pada 2011 saat usianya menginjak sembilan tahun. Di sana, ia sempat mendapatkan beasiswa selama dua tahun. Selain itu, ia juga berkesempatan menimba ilmu sepakbola di Tottenham Hotspur dan tampil dalam turnamen The Future U-18 Cup.

Tak lama berselang, Baggot pindah ke Ipswich Town. Ia di sana mampu memberikan kontribusi maksimal dan membawa timnya menaklukkan klub-klub besar macam Manchester United dan Tottenham Hotspur.

Baca Juga: Debut Sempurna Elkan Baggott di Liga Inggris

3. Lahir di Thailand, besar di Inggris, bagaimana Paspor Elkan Baggott?

Elkan Baggott Diincar Manchester United hingga Everton?Pemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Tak banyak yang tahu jika Elkan Baggott sejatinya lahir di Thailand. Ayahnya sendiri adalah pria asli Inggris, sementara sang ibu adalah warga negara Indonesia. Ia sempat diklaim Thailand sebagai warga negaranya yang sah.

Ada aturan yang menyebut jika seorang anak lahir di negeri gajah perang, secara otomatis bakal mendapatkan status sebagai Warga Negara Thailand, atau keadaan tersebut disebut dengan status Ius Soli.

Hal itu ternyata tak memberikan garansi 100 persen sang pemain seutuhnya milik Thailand. Sebab, Baggott punya darah Inggris-Indonesia, kedua negara itu pun sebetulnya punya hak yang sama atas kewarganegaraan Baggott.

Di Inggris, status warga negara seorang anak bakal otomatis bisa diturunkan dari orang tuanya walau pun dia lahir di luar Inggris.

Pun demikian dengan Indonesia, Elkan Baggott bisa langsung mendapatkan paspor Indonesia, karena punya garis keturunan dari sang ibu, dengan catatan dia hanya memilih paspor satu negara saja, sebab Indonesia tak mengenal status kewarganegaraan ganda.

4. Elkan Baggott tunggu tawaran resmi Manchester United hingga Everton

Elkan Baggott Diincar Manchester United hingga Everton?Elkan Baggott. (Timnas U-19).

Pada akhirnya Baggott pun memilih membela Timnas Indonesia. Menurut dia, jiwa Indonesia sudah terpatri karena pertama kali dirinya mengenal dunia bal-balan adalah ketika tinggal di Indonesia. Ia tak mungkin begitu saja mengabaikan negara yang sudah mengenalkan sepak bola yang kini jadi impiannya.

Prospek Elkan Baggott sendiri memang masih sangat terbuka untuk tampil di Premier League beberapa tahun ke depan. Maklum, dirinya tampil menawan bersama Ipswich Town musim lalu, bahkan sempat membawa klubnya menjadi kampiun di ajang Hospital Cup Inggris U-18 setahun sebelumnya.

Elkan Baggott kini tinggal menunggu tawaran resmi dari ketiga klub Premier League itu. Bukan tak mungkin dia bakal jadi pemain Indonesia pertama yang bisa menembus skuat Manchester United, Everton, atau West Ham.

Baca Juga: Lahir di Thailand, Besar di Inggris, Bagaimana Paspor Elkan Baggott?

Topic:

Berita Terkini Lainnya