Comscore Tracker

Elkan Baggott Pastikan Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF

Elkan Baggott sudah kantongi KTP Indonesia

Jakarta, IDN Times - Pemain Ipswich Town, Elkan Baggott memastikan diri bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Selain sudah merampungkan proses pembuatan KTP, pemain berusia 19 tahun ini juga sudah mengantongi izin dari klub untuk membela tanah kelahiran ibunya.

Sebelumnya, Elkan diragukan bisa tampil di Piala AFF yang bakal dihelat pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Sebab, ajang tersebut digelar tak bertepatan dengan FIFA match day. Sehingga, klub (terutama Eropa) yang sedang memasuki periode sibuk di akhir tahun, tak mengizinkan para pemain membela negaranya.

Hal serupa juga dirasakan Egy Maulana Vikri. Ia juga diperbolehkan membela Timnas Indonesia oleh klubnya FK Senica. Hanya saja, ia tak bisa bergabung sejak awal, karena klub masih membutuhkan jasa sang pemain untuk mentas di kompetisi Liga Slovakia.

1. Ipswich Town izinkan Elkan Baggott perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF

Elkan Baggott Pastikan Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFFInstagram/elkanbaggott

Ipswich sendiri dikabarkan sempat tak mau memberi lampu hijau kepada Elkan. Mereka punya kebijakan untuk melepas pemain saat negaranya tampil di jeda internasional saja. Sebab, klub tak melakukan aktivitas apapun saat memasuki FIFA match day.

Namun, Elkan kini membantahnya. Ia yang menyebut bisa mentas di turnamen antarnegara paling elite Asia Tenggara itu. Ia bahkan sudah siap memberikan yang terbaik bagi Timnas Indonesia di ajang tersebut.

“Klub sudah mengizinkan (saya tampil di Piala AFF bersama Timnas Indonesia), kata Elkan usai menjalani latihan di Lapangan Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: Terungkap! Ini Alasan Elkan Baggott Pilih Timnas Indonesia

2. Gugup tampil bersama Timnas Indonesia, Baggott optimistis tetap bisa persembahkan prestasi

Elkan Baggott Pastikan Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFFPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Ia berjanji akan memberikan segalanya untuk Timnas Indonesia dalam setiap kesempatan tampil. Tak ingin sekadar bertanding, ia ingin tim bisa meraih kemenangan dan gelar juara di berbagai ajang, termasuk di Piala AFF yang mulai digelar awal Desember mendatang.

“Kami datang ke turnamen tersebut (Piala AFF) dengan tujuan meraih kemenangan hingga bisa menjadi juara. Jadi kami datang tak sekadar tampil saja,” ujar pemain yang memiliki darah Inggris-Indonesia tersebut.

Hanya saja, Elkan tak memungkiri dirinya merasa gugup jelang turnamen. Hal itu tak lepas dari ekspektasi publik yang begitu besar terhadapnya. Apalagi, dirinya memikul beban berat itu saat usianya belum genap 20 tahun.

“Itu alamiah, tapi saya tak mau itu menjadi beban dan mengganggu pikiran. Saya hanya berusaha tenang dan ingin bermain bagus. Saya opitmistis, saat sudah melangkahkan kaki di atas lapangan, hal itu perlahan akan sirna,” bebernya.

3. Bakal diandalkan di Piala AFF 2020

Elkan Baggott Pastikan Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFFPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Elkan sendiri dipastikan ambil bagian dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia yang digelar di Turki. Ia bahkan disiapkan Shin Tae Yong untuk melakukan debut saat tim beruji coba dengan Afganistan dalam duel bertajuk FIFA match day yang berlangsung pada 16 Oktober 2021.

Ia juga bakal jadi andalan tim besutan Shin Tae Yong untuk merebut trofi di Piala AFF 2020. Elkan bisa jadi kekuatan tambahan saat Timnas Indonesia berada harus berjuang keras sejak babak penyisihan lantaran tergabung dengan tim kuat di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Timnas Indonesia mengusung target tinggi di Piala AFF 2020. Shin Tae Yong diberi tugas berat untuk mempersembahkan gelar perdana untuk Merah Putih. Hanya saja, itu bakal berat, karena mereka belum pernah meraih satupun trofi sejak ajang ini digelar pertama kali pada 1996.

Baca Juga: Dibatasi 2 Pemain Per Klub, Ketum PSSI Yakin Timnas Juara Piala AFF

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya