Comscore Tracker

Emral Abus Gantikan Teco Pimpin Bali United di Kualifikasi LCA

Teco terganjal masalah administasi

Jakarta, IDN Times - Emral Abus akan memimpin Bali United di ajang kualifikasi Asian Champions League melawan klub Trampines Rovers pada Selasa (14/1). Pelatih berdarah Minang ini untuk sementara menjadi pelatih kepala menggantikan Stefano "Teco" Cugurra?

Lantas ke mana perginya Teco?  

1. Teco tak lolos administrasi jadi pelatih Bali United di ACL

Emral Abus Gantikan Teco Pimpin Bali United di Kualifikasi LCAStefano "Teco" Cugurra berhasil membawa Bali United jadi kampiun di Liga 1 2019. baliutd.com

CEO Bali United, Yabes Tanuri, mengungkapkan alasan kenapa memilih Emral Abus untuk memimpin Ilija Spasojevic dan kolega dalam babak kualifikasi ACL. Menurut diaTeco terganjal masalah administrasi.

"Jadi kami putuskan mendaftarkan Coach Emral Abus sebagai pelatih kepala. Ia sendiri sudah bergabung dengan skuad Bali United di Singapura pada Minggu kemarin. Walaupun begitu secara teknis tim tetap sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Coach Teco," kata Yabes dilansir laman resmi klub.

"Kami rasa juga secara teknis permainan tidak akan mengganggu persiapan yang sudah dilakukan Coach Teco selama ini," kata dia lagi.

2. Persib juga sempat gunakan jasa Emral Abus sebagai pelatih kepala

Emral Abus Gantikan Teco Pimpin Bali United di Kualifikasi LCAEmral Abus saat jadi pelatih kepala Persib di ajang Piala AFC 2015. ANTARA/Agus Bebeng

Hal ini memang bukan kasus baru di Indonesia. Sebelumnya cara serupa pernah diterapkan Persib Bandung saat 2015 silam. Kala itu, Djadjang Nurdjaman yang jadi pelatih Maung Bandung belum mengantongi lisensi A AFC dan terpaksa mendaftarkan Emral Abus untuk mengakal-akali regulasi.

Namun demikian, hal itu tak berjalan lama, karena Persib harus menelan kekalahan dari Hanoi TNT pada babak kualifikasi pertama ACL 2015. Hal itu terus berlanjut hingga Persib tampil di kompetisi AFC 2015.

3. Emral Abus lebih dikenal sebagai instruktur pelatih

Emral Abus Gantikan Teco Pimpin Bali United di Kualifikasi LCAEmral Abus akan pimpin Bali United di kualifikasi di ACL lawan Tampines Rovers pada Selasa (14/1). baliutd.com

Pelatih kelahiran Lubuk Nyiur, Sumatera Barat, 20 Desember 1958 silam itu memang asing di telinga para pencinta sepak bola Tanah Air. Ia jarang, bahkan hampir tak pernah menangani tim-tim di Liga 1. Maklum, ia lebih dikenal sebagai instruktur pelatih dalam kursus kepelatihan.

Emral Abus juga berhasil mengorbitkan banyak pelatih sepak bola muda potensial di Indonesia, seperti Djadjang Nurdjaman, Indra Sjafri, Aji Santoso, Nil Maizar, Jafri Sastra, dan pelatih ternama lainnya. Ia juga merupakan salah satu instruktur AFC di Indonesia.

Baca Juga: BALI-kan! Lerby Eliandry Resmi Bergabung ke Bali United!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya