Comscore Tracker

FIFA Bakal Perkenalkan Teknologi Baru Setelah VAR?

Wenger bocorkan teknologi pembaca offside otomatis

Jakarta, IDN Times - Federasi sepak bola dunia (FIFA), tengah merancang teknologi anyar guna membantu wasit menentukan offside. Hal itu dilakukan karena teknologi Video Assistant Referee (VAR) dinilai tak efektif membantu menentukan pelanggaran tersebut.

Hal itu diungkapkan mantan manajer Arsenal yang kini bekerja sebagai Kepala Pengembangan Sepak Bola Dunia FIFA, Arsene Wenger. Menurut dia, teknologi itu bakal secara otomatis membaca offside.

“Offside otomatis ini direncanakan siap untuk 2022. Nantinya hakim garus bakal menerima sinyal melalui jam yang digunakan jika ada offside saat laga berlangsung,” kata Wenger dikutip Goal Internasional.

Baca Juga: 13 Kontroversi yang Melibatkan VAR di Premier League Musim 2020/2021

1. Belum ada nama tentang teknologi pembaca offside

FIFA Bakal Perkenalkan Teknologi Baru Setelah VAR?Hakim garis, Octavian Sovre (observatornews.ro).

Sejauh ini, FIFA sendiri masih belum memberi nama terkait teknologi pembaca offside ini. namun dipastikan, teknologi ini bisa membuat kualitas laga berjalan lebih baik dan berkualitas. Sebab, keputusan wasit akan minim kesalahan.

Hal ini pun dinilai bakal menghemat waktu saat wasit memutuskan sesuatu.

“Sejauh ini, kita punya metode melihat para pemain di garis untuk menentukan offside atau tidak. Butuh waktu 70 detik, kadang satu menit lebih, atau harus lebih lama lagi jika kondisinya menyulitkan,” ujar Wenger.

Baca Juga: Ini Teknologi dalam Sepak Bola yang Disebut Lebih Canggih dari VAR

2. Bermanfaat juga untuk pemain dan tim di lapangan

FIFA Bakal Perkenalkan Teknologi Baru Setelah VAR?IDN Times/Galih Persiana

Dengan adanya perangkat yang membantu wasit dan hakim garis, Wenger yakin banyak manfaat yang terasa dalam pertandingan, termasuk meminimalkan pemain merasa kecewa lantaran golnya dianulir karena keputusan keliru.

“Masalah tersebut begitu penting. Sebab, banyak selebrasi gol yang sudah dilakukan pemain, terpaksa terhenti karena kondisi tersebut (offside). Oleh sebab itu kami optimistis hal ini jadi langkah penting,” bebernya.

3. FIFA sudah gunakan VAR

FIFA Bakal Perkenalkan Teknologi Baru Setelah VAR?skysports.com

Sebelumnya, FIFA sudah menggunakan VAR adalah penggunaan teknologi video untuk membantu wasit mengambil keputusan lebih tepat. Hal itu ternyata dinilai masih belum banyak membantu polemik dalam urusan offside.

VAR sendiri dikerjakan oleh beberapa orang, tim ini terdiri dari asisten wasit video (VAR) dan tiga asistennya (AVAR1, AVAR2, dan AVAR3). Semua asisten wasit video anggota resmi FIFA. 

Melihat teknologi yang terus diterapkan, tak bisa dipungkiri bal-balan jauh berkembang, maju dan modern. Namun, apakah hal itu bisa mengurangi esensi dalam drama sepak bola? semuanya dikembalikan kembali pada para pencinta olahraga ini.

Baca Juga: Resmi! UEFA Akan Gunakan VAR di Fase 16 Besar Liga Champions Musim Ini

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya