Comscore Tracker

FIFA Investigasi Transfer Bruno Fernandes ke Manchester United 

Sampdoria meminta Sporting harus bayar klausul kontrak

Jakarta, IDN Times - Bruno Fernandes resmi menjadi pemain Manchester United pada bursa transfer musim dingin 2020 lalu. Saat itu Bruno dibeli dari Sporting Lisbon dengan harga 47 juta poundsterling atau Rp892 miliar.   

Namun proses transfer tersebut belakangan dipersoalkan Sampdoria, klub Serie A yang pernah dibela Bruno sebelum hijrah ke Sporting Lisbon. Sampdoria mengklaim seharusnya mereka akan mendapatkan sekitar 5-10 persen dari penjualan Fernandes oleh Sporting ke Manchester United.

Jatah 5-10 persen tersebut, menurut Sampdoria, masuk dalam klausul penjualan Bruno Fernandes ke Sporting pada Juni 2017. Saat itu  Bruno dibeli Sporting Lisbon dengan harga €8,5juta atau Rp140 miliar.

Keluhan Sampdoria ini kemudian membuat FIFA menggelar investigasi.

1. Sporting Lisbon seharusnya membayar Rp75 miliar

FIFA Investigasi Transfer Bruno Fernandes ke Manchester United Bruno Fernandes, pemain baru Manchester United. manutd.com

Dikutip dari Manchester Evening News, jika melihat klausul tersebut, Sporting seharusnya membayar Sampdoria sekitar 4 juta pound sterling atau Rp75 miliar dari hasil penjualan Fernandes ke Manchester United. Tetapi sejauh ini uang tersebut belum dibayar, yang membuat klub Italia mengajukan laporan kepada FIFA.

Namun demikian, masalah ini tak akan melibatkan Manchester United. Sebab, saat ini yang memiliki masalah dalam transfer adalah Sporting. Mereka dianggap belum menunjukkan itikad baik dalam penyelesaian pembayaran klausul transfer Fernandes.

2. Sumber FIFA menyebut Sampdoria sudah mengajukan laporan ke FIFA

FIFA Investigasi Transfer Bruno Fernandes ke Manchester United premierleague.com

Seorang juru bicara FIFA yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan bahwa kasus itu tengah diselidiki. Namun, dirinya tak bisa memberikan komentar lebih jauh karena proses penyelidikan sedang dilangsungkan

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa pada tanggal 3 April 2020 klub Italia, UC Sampdoria, mengajukan klaim dengan FIFA terhadap klub Portugal, Sporting Clube de Portugal, terkait dengan kewajiban keuangan yang ditetapkan dalam kontrak sesuai dengan transfer pemain Portugis, Bruno Miguel Borges Fernandes," katanya.

3. Fernandes menunjukkan performa gemilang selama membela MU

FIFA Investigasi Transfer Bruno Fernandes ke Manchester United Bruno Fernandes, pemain baru Manchester United. premierleague.com

Performa Fernandes bersama Manchester United sendiri cukup kinclong. Ia mengoleksi tiga gol dan empat assist dalam sembilan pertandingan sebelum Liga Inggris dihentikan karena meluasnya virus corona.

Bahkan pada Februari 2020 Fernandes dinobatkan sebagai pemain terbaik Premier League. Ia mengalahkan Marcos Alonso, Aubameyang, Calvert-Lewin, Matt Doherty dan Nick Pope.

Selama Februari itu Bruno Fernandes tampil dalam tiga pertandingan, mencatatkan satu gol dan dua assist. Selain itu Fernandes juga membawa United menang dua kali dan imbang satu kali. Penghargaan ini menjadi yang pertama bagi Bruno Fernandes. 

Baca Juga: Bruno Fernandes: Manchester United Harus Datangkan Pemain Haus Gelar 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya