FIFA Minta Peralatan Piala Dunia 2021 Tak Kena Pajak di Indonesia

Teknologi VAR bakal digunakan dalam Piala Dunia U-21 2021

Jakarta, IDN Times - Sejumlah pengurus teras PSSI, yang dipimpin ketua umum anyar, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, menyambangi Istana Presiden untuk bersua dengan Joko "Jokowi" Widodo pada Senin (16/12).

Banyak hal mereka bicarakan, mulai dari persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, dan kerja sama yang harus dilakukan keduanya untuk menyukseskan ajang besar tersebut.

Baca Juga: PSSI Bertemu Jokowi dan Minta Bantuan dari 3 Kementerian, Apa Saja Ya?

1. FIFA bakal bawa VAR ke Indonesia untuk diterapkan di Piala Dunia U-20 2021

FIFA Minta Peralatan Piala Dunia 2021 Tak Kena Pajak di Indonesiafifa.com

Iwan Bule mengungkapkan, mereka membeberkan sejumlah arahan dari FIFA, federasi tertinggi sepak bola dunia yang membawahi PSSI, dan meminta bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk membantu perizinan saat membawa alat untuk teknologi yang bakal digunakan, yakni video assistant refeeree (VAR), dalam ajang Piala Dunia nanti.

"Mereka masuk ke sini membawa peralatan seperti VAR yang akan dibawa kembali lagi nantinya, jadi inginnya tidak kena pajak untuk official dan lainnya. Mereka juga membawa uang, karena kan FIFA bayar langsung pelatih, wasit, dan sebagainya itu tak mau kena pajak," kata Iwan Bule kepada awak media.

2. FIFA minta pemerintah sediakan internet yang memadai untuk teknologi VAR

FIFA Minta Peralatan Piala Dunia 2021 Tak Kena Pajak di IndonesiaPengurus PSSI di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin 16 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Tak cukup di situ, pemerintah Indonesia juga diminta bantuan untuk menyiapkan infrastruktur yang bisa menunjang teknologi tersebut, salah satunya koneksi internet. FIFA ingin pemerintah Indonesia bisa menyediakan internet yang stabil sehingga pergelaran terbesar di dunia itu bisa berjalan sukses.

"Kami meminta bantuan juga ke pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait masalah telekomunikasi, fiber optik, serta kemudahan lainnya untuk bisa diakses. Dan, Presiden sudah tahu semuanya tentang itu," ujar mantan Kapolda Metro Jaya itu.

3. PSSI juga siapkan skuat Timnas Indonesia yang kuat untuk Piala Dunia U-20 2021

FIFA Minta Peralatan Piala Dunia 2021 Tak Kena Pajak di IndonesiaPemain Timnas U-19 menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum berlaga pada babak kualifikasi Piala AFC U-19.ANTARA/Hafidz Mubarak A/wsj

Selain masalah itu, PSSI juga terus mengebut persiapan Timnas yang bakal diturunkan untuk ajang Piala Dunia U-20 nanti. terlebih, Jokowi ingin semuanya dipersiapkan sejak dini sehingga nantinya bisa bermain baik dalam ajang yang diikuti negara-negara kuat di sepak bola.

Maklum, Jokowi tak hanya ingin Indonesia sukses sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 saja. Ia juga ingin Timnas Indonesia, yang kemungkinan besar bakal diperkuat mayoritas pemain Timnas U-19 itu bisa memberikan prestasi terbaik saat tampil di hadapan publiknya sendiri.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Bebas Hukuman FIFA, Chelsea Bakal Belanja Besar-besaran di Januari

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Sunariyah
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya