Comscore Tracker

FIFA Turun Tangan Usut Kasus Brasil Vs Argentina

Empat pemain Premier League terancam sanksi klub

Jakarta, IDN Times - Federasi sepak bola dunia (FIFA) belum mengambil keputusan soal pertandingan Brasil kontra Argentina yang dihentikan pada Senin dini hari (6/9/2021) dalam kualifikasi Piala Dunia 2022, Qatar, Zona Amerika Selatan. Tapi, FIFA memastikan bakal melakukan penyelidikan terlebih dahulu sebelum memberikan keputusan terkait pertandingan tersebut.

Dilansir SportBible, pertandingan seru antara kedua kesebelasan yang digelar di Arena Corinthians, Sao Paulo pada Minggu (5/9/2021), awalnya berjalan normal. Baru berjalan lima menit, tiba-tiba beberapa polisi berpakaian sipil sekonyong-konyong masuk ke dalam lapangan untuk menghentikan laga.

Otoritas kesehatan Brasil (Anvisa), terpaksa mengintervensi laga, karena adanya indikasi pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan empat pemain Argentina. Usut punya usut, empat pemain yang diamankan, Emiliano Martinez, Cristian Romero, Giovani Lo Celso, dan Emiliano Buendia, dianggap sudah melanggar protokol karantina COVID-19 dan memalsukan keterangan.

1. Keempat pemain Argentina melanggar protokol kesehatan soal karantina

FIFA Turun Tangan Usut Kasus Brasil Vs ArgentinaDuel Brasil melawan Argentina terpaksa dihentikan saat laga baru berjalan lima menit, karena empat pemain Tim Tango melanggar protokol kesehatan. (france24.com).

Keempatnya dinilai melanggar protokol kesehatan, karena nekat pergi ke Brasil untuk menghadapi laga itu. Mereka seharusnya tak bisa datang ke Brasil lantaran Inggris masuk dalam zona merah, di mana para pelancong asing dari empat negara terlarang yang tak bisa menginjakkan kakinya.

"Empat pemain Argentina yang memasuki Brasil ini bertentangan dengan peraturan sanitasi negara," tulis pernyataan Anvisa.

"Pasca pertemuan Anvisa dengan Kementerian Kesehatan dan Koordinasi Pengendalian Penyakit dari Departemen Kesehatan Negara Bagian Sao Paulo, mengonfirmasinya melalui revisi paspor pemain, atlet-atlet itu ternyata melanggar aturan, karena tiba dari Inggris, Selatan Afrika, Irlandia Utara, dan India, dalam 14 hari terakhir, hingga akhirnya dilarang ke Brasil," lanjut Anvisa.

Baca Juga: Heboh Satgas COVID-19 Ciduk 4 Bintang Argentina saat Lawan Brasil

2. FIFA kumpulkan bukti

FIFA juga sudah memberikan pernyataan resminya terkait insiden tersebut. Mereka menyesalkan, penundaan laga itu membuat jutaan penonton gagal menikmati pertandingan klasik antara dua musuh bebuyutan di Amerika Selatan itu.

Mereka pun sudah menerima laporan pertandingan tersebut dan terus mengumpulkan informasi dalam administrasinya. Mereka pun langsung melakukan investigasi untuk menentukan sikap terkait masalah dalam pertandingan yang tertunda tesebut.

"Informasi tersebut bakal dianalisis badan disiplin yang kompeten dan demi mengambil keputusan nantinya. Kami sudah melihat di mana ofisial, polisi, dan petugas keamanan, memasuki lapangan untuk mengamankan beberapa pemain setelah beberapa menit laga berlangsung," tulis FIFA dalam pernyataan resminya.

3. Pemain Premier League terancam sanksi klub

FIFA Turun Tangan Usut Kasus Brasil Vs ArgentinaSelebrasi Cristian Romero ketika berhasil menciptakan gol debut bersama Argentina. (goal.com)

Martinez dan Buendia yang merupakan duo Aston Villa, serta dua pemain Tottenham Hotspur, Lo Celso hingga Romero, kini harus menghadapi risiko yang cukup berat. Terlebih, mereka diduga memberikan dokumen palsu untuk bisa datang ke Brasil sebelum laga internasional.

Mereka juga dituding melakukan perjalanan tanpa mengantongi izin klubnya. Hal itu membuat keempatnya berpotensi mendapatkan sanksi dari klub masing-masing.

Baca Juga: Messi Murka Laga Brasil Vs Argentina Batal

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya