Gagal ke Piala AFC, Pelatih Korut Ini Salahkan Timnas Indonesia U-19 

Pemain Timnas U-19 dianggap sengaja ulur-ulur waktu

Jakarta, IDN Times - Korea Utara dipastikan gagal melangkah ke putaran final Piala AFC U-19 2020 setelah ditahan imbang Timnas U-19 dengan skor 1-1 dalam babak kualifikasi Grup K di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (10/11) malam.

Hasil itu membuat mereka harus puas menduduki peringkat dua klasemen Grup K dengan torehan lima poin, hasil dari sekali menang dan dua imbang. Mereka terpaut dua poin dari sang pemuncak klasemen, yakni Timnas U-19 dengan poin tujuh dari dua menang dan satu hasil imbang.

1. Korea Utara tak bisa bersaing perebutkan empat runner up terbaik

Gagal ke Piala AFC, Pelatih Korut Ini Salahkan Timnas Indonesia U-19 (Foto hanya ilustrasi) ANTARA/Hafidz Mubarak A/wsj

Korea Utara juga gagal bersaing untuk memperebutkan empat tiket runner-up terbaik yang diperebutkan 16 tim yang berhasil finisdi posisi kedua. Sebab, poin mereka tertinggal dari Laos, Vietnam, Yaman yang masing-masing mengumpulkan 7 poin. Sedangkan satu tiket lainnya diraih Kamboja dengan torehan enam poin.

Tak pelak, mereka harus menerima kenyataan untuk mengubur mimpi tampil di Piala Dunia U-20, satu tahun setelah Piala AFC U-19 selesai, lantaran berdasarkan regulasi yang berlaku di AFC, yang notabene adalah federasi sepak bola tertinggi Asia, hanya empat tim yang berhasil maju sampai semifinal Piala AFC saja yang langsung lolos ke turnamen yang bakal digelar di Tanah Air dua tahun lagi.

2. Pelatih Korea Utara tetap puji penampilan terbaik anak asuhnya

Gagal ke Piala AFC, Pelatih Korut Ini Salahkan Timnas Indonesia U-19 (Foto hanya ilustrasi) ANTARA/Hafidz Mubarak A/wsj

Jelas hasil ini membuat Pelatih Korea Utara, Pak Kyong Bong, kecewa. Menurut dia, permainan bagus yang ditunjukkan pemainnya di lapangan tak menyelamatkan timnya untuk bisa lolos ke turnamen sepak bola antar negara paling populer di Asia untuk kelompok umur yang digelar di Uzbekistan tahun depan.

"Kami mencoba yang terbaik, Seperti yang Anda lihat, tetapi saya tidak puas dengan hasil pertandingannya," kata Pak Kyong Bong dalam sesi konferensi pers dengan raut muka yang menyiratkan kesedihan.

3. Pelatih Korea Utara kritik cara pemain Timnas U-19 ulur-ulur waktu

Gagal ke Piala AFC, Pelatih Korut Ini Salahkan Timnas Indonesia U-19 (Foto hanya ilustrasi) ANTARA/Hafidz Mubarak A/wsj

Ia juga sedikit mengkritisi permainan yang ditunjukkan skuat Garuda Muda usai berhasil menyamakan kedudukan pada babak kedua. Para pemain Timnas U-19 dianggap memanfaatkan kesempatan untuk mengulur-ulur waktu untuk segera menyelesaikan pertandingan dengan skor imbang.

"Setelah tim bermain imbang 1-1, saya pikir pemain Indonesia banyak membuang-buang waktu, kami tahu itu," ujar dia.

Timnas U-19 betul-betul dibuat sulit oleh Korea Utara dalam laga penentuan ini. Bagaimana tidak, mereka harus tertinggal satu gol saat turun minum. Beruntung pada babak kedua Timnas U-19 mendapatkan gol lewat kaki Bagus Kahfi setelah dirinya dijatuhkan oleh pemain lawan di kotak berbahaya.

Baca Juga: Lolos Piala AFC U-19, Fakhri: Timnas U-19 Bermain Layaknya Pahlawan!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya