Gak Ada Jadwal, Shin Tae-yong akan Lakukan Ini untuk Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Senior tak punya agenda hingga akhir 2020

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia dipastikan tak punya agenda hingga akhir 2020 nanti. Walhasil, pemusatan latihan (TC) yang tengah dilakukan oleh Irfan Bachdim dan kolega di Jakarta akhirnya dibubarkan sejak akhir pekan lalu.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya AFC mengumumkan untuk menunda sisa pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang seharusnya digelar dua bulan lagi.

Sejatinya, Timnas Indonesia ini bakal melakoni tiga laga sisa di babak kualifikasi ini. Skuat Garuda semula bakal melawan Thailand 8 Oktober, Uni Emirat Arab 13 Oktober, dan melawan Vietnam 12 November 2020.

Sebelumnya, federasi sepak bola Asia Tenggara juga memastikan gelaran Piala AFF ditunda hingga tahun depan. Sehingga, skuat Garuda dipastikan tanpa agenda kompetisi hingga akhir tahun nanti.

1. Shin Tae-yong bakal kembali kumpulkan Timnas Indonesia November mendatang

Gak Ada Jadwal, Shin Tae-yong akan Lakukan Ini untuk Timnas IndonesiaPelatih asal Korea Selatan saat memimpin latihan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Namun demikian, hal itu tak membuat para pemain bisa berleha-leha. Selain bakal menjalani kompetisi Liga 1 2020, mereka juga dipastikan bakal kembali dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk melaksanakan TC kembali.

Di tengah mundurnya jadwal, pelatih asal Korea Selatan itu mengakui mendapatkan keuntungan. Sebab, dirinya bisa melihat kemampuan pemain secara lebih detail yang diproyeksikan bisa memperkuat Timnas Indonesia ke depan.

"Kami punya waktu untuk dapat melihat lebih banyak pemain setelah ditundanya tiga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022," kata pelatih l berusia 51 tahun tersebut.

Baca Juga: TC Timnas Indonesia dan Timnas U-19 Dimulai 1 Agustus 2020

2. Shin Tae-yong mengamati Timnas Indonesia dalam latihan selama TC di Jakarta

Gak Ada Jadwal, Shin Tae-yong akan Lakukan Ini untuk Timnas Indonesia

Timnas Indonesia sendiri sebelumnya melakukan TC selama seminggu, setelah menunggu dua pekan untuk menjalani prosedur kesehatan yang berlaku di Jakarta. Walau latihan dalam waktu singkat skuat Timnas Indonesia tampil bersemangat. Hal itu terlihat dari semangat anak-anak di lapangan.

"Pada awal latihan di lapangan, kami memberikan materi latihan yang ringan. Setelah itu latihan dengan normal. Mental dan semangat pemain sangat tinggi. Tentu ini sangat bagus untuk perkembangan Timnas Indonesia," tutur Shin Tae-yong.

3. Piala AFF sedianya digelar April 2021

Gak Ada Jadwal, Shin Tae-yong akan Lakukan Ini untuk Timnas IndonesiaTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

November nanti kemungkinan bakal jadi persiapan awal Timnas Indonesia menuju kompetisi di 2021. Sebab, Piala AFF kabarnya akan digelar pada Bulan April 2021.

Sementara, AFC belum bisa memastikan kapan jadwal baru bakal keluar. Sebab, mereka mesti mempertimbangkan segala hal dan terus berkoordinasi dengan FIFA untuk bisa menentukan waktu yang ideal bagi seluruh peserta, yang tampil pada babak kualifikasi.

"Detail selanjutnya mengenai jadwal baru babak kualifikasi lanjutan untuk Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023, bakal diumumkan dalam beberapa waktu ke depan," beber AFC.

Hal itu semakin membuat Timnas Indonesia Senior benar-benar tak punya agenda sampai beberapa waktu ke depan. Sebab, turnamen terdekat yang bakal mereka ikuti, yakni Piala AFF 2020 juga dipastikan mundur ke April 2021, karena punya alasan serupa dengan AFC.

Baca Juga: Kualifikasi PD 2022 Ditunda, Timnas Senior Nganggur Sampai Akhir 2020

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya