Comscore Tracker

Gak Cuma Bertahan, Otavio Dutra: Bek Juga Harus Membangun Serangan!  

Dutra tak sabar ingin kembali merumput dengan Persija

Jakarta, IDN Times - Bek naturalisasi Persija, Otavio Dutra, mengungkapkan bagaimana dirinya bertransformasi menjadi bek modern di era sepak bola saat ini. Menurutnya, pola pikir bek yang asal membuang bola tergesa-gesa harus dihilangkan, karena seorang pemain belakang saat ini merupakan kunci terbangunnya serangan.

“Zaman dahulu memang bek harus bermain keras, namun saat ini bukan menjadi hal yang utama. Saat ini kita tidak langsung menendang ke depan, seperti saya memilih main sederhana, tidak kasar dan membangun serangan dari bawah,” kata Dutra dikutip laman resmi klub.

1. Bek juga harus bisa mencetak gol

Gak Cuma Bertahan, Otavio Dutra: Bek Juga Harus Membangun Serangan!  Instagram.com/otaviodutra5_indonesia

Tak hanya itu, pemain belakang di era sepak bola modern juga harus bisa produktif membantu menyerang atau mencetak gol. Mereka harus piawai memanfaatkan momentum untuk bisa mencuri gol untuk timnya.

Dutra pun mengakui selalu berlatih urusan itu, dia terus menempa diri hingga cukup lihai dalam eksekusi bola mati dan memiliki kualitas sundulan yang baik saat sepak pojok.

“Sepak bola itu tentang gol, kalau hasil seri apalagi kalah pasti semua tidak senang. Tapi kalau gol banyak semua orang ingin melihat. Karena gol adalah yang paling penting dalam sepak bola. Sehingga selain kuat dalam bertahan, bek saat ini juga harus bisa mencetak gol saat dibutuhkan. Terlebih mayoritas bek dianugerahi postur yang tinggi,” ujar mantan pemain Persebaya itu.

2. Bek modern harus lihai membangun serangan

Gak Cuma Bertahan, Otavio Dutra: Bek Juga Harus Membangun Serangan!  Otavio Dutra. Instagram.com/otaviodutra5_indonesia

Sebagaimana diketahui, bek merupakan salah satu posisi vital dalam sepak bola. Bek adalah benteng terakhir sebuah tim sebelum pemain lawan berhadapan dengan penjaga gawang. Tidak jarang seorang bek harus bermain keras hingga berisiko berbuah kartu untuk menghindarkan gawang dari kebobolan.

Namun di era sepak bola saat ini, seorang defender tidak hanya harus pandai dalam memutus serangan lawan. Bek juga wajib pandai menguasai si kulit bundar karena saat ini penguasaan bola menjadi salah satu faktor penentu kemenangan sebuah tim, selain tentu saja kualitas penyerangan.

3. Dutra tak sabar untuk kembali tampil untuk Persija

Gak Cuma Bertahan, Otavio Dutra: Bek Juga Harus Membangun Serangan!  Pemain Persija Otavio Dutra. (persija.id).

Di tengah situasi saat ini, Dutra pun mengaku masih terus melakukan latihan mandiri secara teratur. Dia juga terus menjalankan semua program yang diberikan oleh tim pelatih Persija. Hal itu dikatakannya sangat penting untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap fit.

Lebih jauh, dia ingin pandemik corona yang ada di Indonesia ini segera berakhir. Sebab, dirinya sudah tak sabar lagi untuk tampil di lapangan hijau menggunakan seragam klub berjuluk Macan Kemayoran. Dan, ingin memberikan hasil dan prestasi terbaik bagi Persija.

Baca Juga: Pulang Kampung ke Brasil, Sergio Farias Tetap Pantau Penggawa Persija

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya